#4

7 1 0
                                    

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakaatu Semuanya 🤗

Selamat malam, hem sebelumnya perkenalkan saya Emi Meilani dari Bogor Timur, ehehe sebenarnya saya bingung perlu sharing apa ya. Maklum demam panggung di WA Group 🤣🤣

Hem terimakasih semuanya 🙏🏻😊 bismillahirahmanirahim, saya tidak tau harus sharing apa ya 😅 saya mulai cerita ini di waktu masa sekolah..

Awal saya mengenal cerita itu dari SMK, cuman suka menulis di buku diary saja. Belum ada rencana buat novel, walaupun zaman sudah canggih dengan handphone tp saat masa sekolah saya tidak memiliki handphone. Maret 2020 saya memiliki handphone, saat itu saya ingat teman PKL menunjukan Apk. Wattpad, akhirnya saya download apk tersebut, dan tertarik untuk baca. Dengan minat saya terjun di dunia Author Wattpad, awalnya saya bingung mau buat cerita apa, karena dulu saya ada kisah cinta. Saya buat cerita cinta tentang saya tapi sedikit di fiktifkan yg judulnya _"Behind The Rain"_ .

April tanggal 27, saya masuk salah satu grup belajar online yang Foundernya itu Jenny, Jenny itu teman saya juga. Dan disana saya benar belajar tentang dunia kepenulisan, yang saya kira dunia kepenulisan sekedar nulis saja tapi tidak, wkwk.. Lalu saya dapat teman disana, dan saya juga bisa kenal dengan Ka Novian Founder GBM, saat saya masuk grup ini. Saya sangat senang, akhirnya saya bisa mendapatkan ilmu kepenulisan dari siapapun.

Sejujurnya saya itu sedikit canggung akhirnya saya bisa beradaptasi disini, dan perkiraan saya, saya adalah peserta GBM yang paling bawel ke mak Founder. 😁 Setiap tugas selalu PC ka Novian mulu, maklum masih malu 😁

Lanjut aja ya😅 ekhemm copas dari memo🤣 sebab dipersiapkan dlu. Supaya matang🤣

Saya masih ingat, saat itu saya menjadi pemateri seminar dengan tema dunia puitis. Sejujurnya, saya dari SMP-SMK memang menyukai dunia sastra, dan bisa baca puisi dan monolog karena suka serta belajar otodidak.

Sebelum hari H jadi pengisi materi, saya bertanya dulu ke ka Novian, aduh maaf ya ka 🙏 saya begitu bawel, sampai saya dilema memilih materi. Sebab saya benar-benar tidak paham dunia puitis walaupun saya suka baca puisi, saya merasa kenapa saya yang bodoh bisa memberi materi kepada semua orang. Apalagi seminar itu seminar akbar, sungguh pengalaman pertama kali yang membuat diri saya berani membaca dunia kepenulisan apapun itu.

Saya juga pernah ditawari kerja sama oleh orang luar negeri untuk terbitin novel di Wattpad tapi saya tolak karena kemampuan saya dalam mentranslate kan bahasa inggris, memang sayang banget karena itu kesempatan emas. Walaupun sudah ada google translate atau kamus bahasa inggris di zaman ini, tapi saya tidak mau sembarangan saja. Saya juga harus belajar bahasa inggris dulu supaya nanti saat ditawari kontrak ga maluin diri sendiri, wkwk..

Btw dari dunia grup kepenulisan, saya benar-benar belajar mulai dari nol, seperti apa itu blurb, permis, tanda baca, dialog. Dll..

Sebelum terjun di Wattpad, saya dulu pernah bekerja sama dengan kk yayasan untuk terbitin novel, tapi karena kebatasan saya di dunia kepenulisan akhirnya tidak jadi.

Apalagi ya yang perlu saya ceritakan, untuk saat ini memang saya belum mengikuti lomba manapun. Saya pribadi suka membuat quote atau puisi yang kadang saya up di Sosmed, dan kebetulan puisi saya bermajas santire di minati oleh teman saya, dan sebagian kata² dari puisi saya akan disatukan dengan lomba film teman saya. Intinya begini wkwk..

Saya bingung cerita apa lagi😁🤣 maklum lupa😂

Dari pengalaman ini saya benar² belajar tentang dunia kepenulisan, terutama puisi yang cuman suka baca jadi tau ilmu karena waktu itu kasih materi di seminar, dan oh iya sampai sekarang saya pengen belajar pantun

Sejujurnya aku gabisa puisi cinta atau nulis cerita tentang cinta karena aku tau puisi dari sastrawan indonesia (lupa namanya) dan film rompis, aku jadi bisa puisi cinta,

Aku juga merasa kenapa aku ini yg ga paham bener bisa memberi ilmu. Dan benar yg mustahil menurut kita, bisa mungkin terjadi. Kalian paham ga?

Jadi kalian harus banyak bersyukur atas pemberian tuhan, dan oh iya rajin² baca buku, benar sekali buku itu gudang ilmu. Dan jangan jadi anak yg malas hanya bermodalkan rebahann+makan+main gadget saja. Manfaatkan juga gadget kalian, oke 😊

Mungkin cukup segini saja aku sharing. Aku juga belum banyak pengalaman dari teman² GBM, Terimakasih atas waktunya yang sudah mempersilahkan aku sharing disini. Mungkin cukup sekian sharing dari saya, Terimakasih dan mohon maaf ada tutur kata yg tidak nyaman.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakaatu

CelotehankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang