part II

25 4 2
                                    

"Nazwa, bisa kemari dulu", ucap bu guru lembut.

Aku pun melangkahkan kakiku menuju bu guru.

"Ada apa bu?" Ucapku

"Nilai Matematikamu selalu bagus nak, bahkan soal yang sulit pun mampu kamu kerjakan, di saat teman-temanmu tidak tau isi jawabannya", jelas bu guru.

"Terimakasih bu", ucapku tulus.

"Kamu mau ikut lomba Matematikakan, mewakili sekolah kita tingkat Nasional?", ucap ibu guru  mengejutkanku.

"Serius bu" ucapku kegirangan.

"Iya, saya serius kamu mau kan?" Ucapnya.

"Saya mau bu" ucapku yakin.

"Baiklah, untuk latihannya saya serahkan pada Azam kaka kelas kamu"

Deg

Ucapan ibu guru membuatku memantung.

"Nazwa"

Ucap bu guru namun aku tak mendengarkannya.

Bayangkan saja latihan setiap hari bersama orang yang engkau cintai, mungkin orang lain akan bahagia, namun tidak denganku, aku takut syaiton membisikanku untuk berharap pada Azam dan melupakan Allah.

"Nazwa" panggil bu guru lebih keras

Aku pun tersadar dan melebarkan mataku ke arah bu guru.

"Sekarang kamu boleh duduk", ucap bu guru.

###

Ada beberapa pengertian tentang cinta yang disebutkan dalam berbagai sumber. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata cinta diartikan sebagai perasaan kasih dan sayang terhadap sesuatu atau orang lain. Secara istilah maka cinta dapat dimaknai sebagai suatu perasaan yang dialami manusia dan perasaan tersebut menimbulkan kasih sayang bagi yang merasakannya. Cinta dalam pandangan islam sendiri adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan.

Adapun cinta yang sebenarnya atau cinta yang hakiki adalah hanya milik Allah SWT karena hanya Allah lah yang maha sempurna dan maha pemilik cinta. Dalam pengertian lain, islam juga memandang cinta sebagai dasar persaudaraan antar manusia dan perasaan yang melandasi hubungannya dengan makhluk lain seperti pada hewan dan tumbuhan. Ibnu Hazm sendiri menyebutkan bahwa cinta adalah suatu naluri atau insting yang menggelayuti perasaan seseorang terhadap orang yang dicintainya.

Dalil Cinta Dalam Alqur’an

Cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Alqur’an kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Adapun ayat-ayat yang menyebutkan perihal cinta adalah sebagai berikut

Al Imran ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ‎

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). 

Al Imran ayat 92

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ‎

🍃Melepasmu karena Allah🌹(onGoing)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang