PART 14 |Pendapat Tentang Nama Pena|

4 2 0
                                    

Tanggal : 17-11-2020 ✅⬇️

📝 Nama : Adenisa Ramadhani
Nama Ig : @adnisa_21
Nama WP : Brive first
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurut saya , nama pena merupakan suatu ciri khas dari sang penulis untuk memiliki gayanya tersendiri dalam berkarya. Nama pena juga sebenarnya juga dapat di gunakan untuk lebih mudah mengenali seorang novelis,misalnya,dalam mencari karya-karya nya.

📝 Nama : Chilla
Nama Ig : Chll_04
Nama WP : Chll_04
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurut aku sih sah-sah aja Kak. Mungkin ada beberapa penulis yang lebih suka pakai nama pena karena kesannya kayak wah nama ini aku banget atau wah biar bsok kalau terkenal pada kepo sama siapa nama asli aku. :" atau mungkin beberapa org merasa nama dia banyak yang sama dengan orang lain jadi dia buat nama pena yang beda dari yang lain. Kalau menurutku sih gitu Kak, itu menurutku aja dan pasti beda sama pendapat orang yang lain. :)

📝 Nama : Nata de coco (Nama pena)
Nama Ig : Ctr_2108
Nama WP : @Nctaa_ptr
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena :
Pendapat saya tidak banyak karena saya sendiri menggunakan nama pena. Saya mempunyai beberapa alasan mengapa saya memakai nama pena. Kalau menurut saya nama pena itu ada beberapa alasan yang bagi mereka sebagian menggunakan nama pena.
Alasan nya sebagai berikut ini.

❄️Pertama❄️ Mereka menyembunyikan nama asli mereka karena ada sesuatu pribadi seperti data diri mereka yang diharuskan untuk semua orang atau publik tidak boleh tau nama asli seperti nama Marga Keluarga nah ini lebih penting apalagi ketika nama marga keluarga nya ini sudah sangat terkenal bisa-bisa dia tidak bisa melakukan aktivitas yang mereka mau. Ya seperti mereka menggunakan karena dilarang oleh keluarga mereka untuk mengikuti apa yang mereka suka, jadi dengan cara satu-satunya ya menggunakan nama pena.

❄️Kedua❄️ Nama pena itu yang artinya nama samaran ataupun nama untuk sekedar mempunyai nama di suatu hal tertentu seperti komunitas atau hal lainnya, mereka yang memakai nama pena sebagai hanya untuk siapa yang di kenal dari mereka berbeda jadi ya seolah mereka tak ingin semuanya mengetahui identitas asli mereka.

❄Ketiga❄️ Mereka yang menggunakan nama pena berarti mereka yang berjuang dengan sendirinya, mengapa bisa di bilang seperti ini karena menurut Nata gini, mereka berjuang tanpa ada support dari keluarga bahkan yang ada keluarga nya malah mematahkan apa yang ia mau. Jadi ya menurut Nata mereka yang menggunakan nama pena. Hebat karena mereka bertahan dengan nama yang mereka ganti walau mereka ingin sekali mempublikasikan nama asli dari mereka.
Itu aja dari Nata dalam sharing kali ini. ❄️🌚🐧

📝 Nama : Miaaa
Nama Ig : @pinky_cat248
Nama WP : @islmti
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : menurut mia orang yang memakai nama pena itu bisa menjadi diri mereka yang mereka mau, dan itu menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka, mia suka dan setuju bagi mereka yang memakai nama pena, selain untuk merahasiakan indentitas tapi juga kadang membangkitkan karakter yang terpendam dalam diri, dengan memakai nama pena karakter yang terpendam akan terpancing untuk muncul dan membuat si pemakainya lebih mendalami dan menyukainya, seperti halnya sebuah cerita, kadang kita perlu dunia kita sendiri dengan menghadirkan sosok baru dalam diri kita, itulah menurut mia tentang mereka yang memakai nama pena. Dan mia juga punya nama pena jugs sih😁

📝 Nama : Rukmana
Nama Ig : @hadriyanrukmanaharun
Nama WP : @hadriyanrukmana
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Kalau menurut saya pribadi kak, tidak ada masalah. Saya sendiri juga lebih suka menggunakan nama pena saat mengikuti suatu event puisi. Entah itu karena mereka yg menggunakan nama pena itu tidak ingin menjadi sorotan publik atau karena alasan lainnya, bagi saya itu merupakan hak mereka. Saya pribadi menggunakan nama pena itu karena saya memang lebih suka menggunakan nama itu. Saya tidak tahu kenapa, tapi rasanya seperti ada kesan tersendiri aja gitu😁

📝 Nama : Fani Fitriani
Nama Ig : faniif27
Nama WP : ffirtn
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurutku, nama pena itu penting bagi sebagian orang, namun juga tidak begitu penting bagi sebagian orang lainnya.
Kenapa? Karena bagi sebagian orang, mereka tidak ingin untuk mengungkap identitas aslinya ke publik, dan lebih ingin menyembunyikan. Itu tidak masalah, tidak sama sekali. Namun, semua itu kembali tergantung kepada orangnya.
Untuk aku pribadi, aku sempat berpikir untuk memiliki nama pena, namun setelah beberapa pertimbangan, aku lebih memilih nama asli daripada nama pena, tentunya dengan beberapa alasan. Jadi, sebenarnya dengan nama pena ataupun tidak, itu tidak menjadi masalah, dan sah-sah saja, tergantung pada orang yang ingin memakainya atau tidak.

📝 Nama : Nurrisma Yanti
Nama Ig : nurrisma.yanti25
Nama WP : NurrismaYanti
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurut aku orang yang memakai nama pena itu mempunyai kesannya tersendiri. Setiap nama pena pasti ada maknanya. Dengan adanya nama pena lebih menarik untuk dikenali. Tapi bukan bearti yang tidak memiliki nama pena tidak menarik. Semua tergantung dari diri pribadi masing-masing. Jika ingin memiliki nama pena tentu ikuti kata hati, begitu pun sebaliknya.

Aku sendiri pribadi belum ada nama pena. Kenapa? karena saat ini lebih nyaman dengan identitas asli saja. Intinya semua ada pada diri pribadi masing-masing. Tak ada yang salah di antara keduanya semua bagus, menarik serta semua mempunyai makna dan alasan tertentu bagi setiap diri masing-masing.

📝 Nama : Neng Ela Sutariah
Nama Ig : @nengsutariah
Nama WP : nengsutariah
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurut saya, Nama pena merupakan nama ciri khas seorang penulis. Salah satu hal yang menarik penasaran tentang alasan kenapa memakai nama pena tersebut.

📝 Nama : Besse Nurfadhillah
Nama Ig : @beslh_
Nama WP : @Beslah
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Tentang penggunaan nama pena oleh seorang penulis, bagi saya bergantung dari penulis itu sendiri.
Mungkin untuk beberapa orang, nama pena adalah tahta dan ciri khas dari seorang penulis. Nama pena adalah jiwa yang menjadi keunikan tersendiri bagi seorang penulis. Penulis menggunakan nama pena bisa saja bertujuan untuk membangun citranya melalui karya-karya yang ia hasilkan, serta dengan adanya nama pena ini tentu akan memberi kesan tersendiri untuk pembaca.

Namun, di sisi lain bagi mereka yang tetap menggunakan nama asli, bagi saya tidak ada masalah. Mungkin saja mereka lebih enjoy dan puas dengan menggunakan nama asli dalam menghasilkan sebuah karya.

So, menggunakan nama asli atau pun nama pena, bergantung pada pribadi masing-masing penulis itu sendiri.

📝 Nama : Suci Stepani
Nama Ig : @sucistvanni_
Nama WP : @stvanis
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurut aku, orang yang memakai nama pena itu mungkin lebih menjaga identitas sama keprivasian dirinya sendiri dan juga mungkin dia yang memakai nama pena punya alasan.
Itu balik lagi ke dirinya masing-masing, mungkin dengan memiliki nama pena dia bisa lebih leluasa untuk mengekspresikan karya-karyanya, ini loh saya, ini dong karya saya, meskipun jati dirinya yang asli itu di privasikan.
Kita ambil sisi positifnya, yaitu nama keluarga tetap terjaga, kenapa terjaga? Misalnya ada suatu masalah di dunia kepenulisan, karena identitas asli tidak terpublikasikan, orang-orang mungkin hanya mengenal namanya dengan nama samaran aja.

Yang menggunakan nama pena mungkin akan dikenal dengan nama penanya, ya. Bahkan, nama pena selalu memiliki kesan unik dan juga nilai plus-nya tersendiri.

Aku pribadi juga, pernah kepikiran untuk buat nama pena, tapi... nggak jadi. Karena, sesuatu hal.
Mungkin, itu aja yang bisa aku sharekan... Terimakasih

📝 Nama : Shri Githa
Nama Ig : nerdy.vi
Nama WP : Githa_Vi
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : Menurutku orang yg memakai nama pena itu biasanya lebih mudah diingat, karena kebanyakan orang² yg menggunakan nama pena membuat nama pena yg unik dan khas. Selain mudah diingat, biasanya ada juga yang sengaja menyembunyikan identitasnya dibalik nama penanya. Alasannya macam², tapi beberapa yg aku tahu karena mereka ingin karya merekalah yang dikenal, identitas mereka tak perlu. Dan ada juga yg menyembunyikan identitasnya dibalik nama pena karena ingin menjaga privasinya

📝 Nama : Anggariyan
Nama Ig :
Nama WP :
Pendapat tentang orang yang memakai nama pena : menurut aku org yang pakai nama pena adalah org yg nggak pd atau mungkin nggak mau identisnya di ketahui oleh orang banyak

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 18, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

SHARING TIMETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang