Behind melokal adalah sesi khusus intip-intip proses dibalik headcanon atau prompt yang ada di work ini. Iya, headcanon yang ada di work ini sebisa mungkin dibikin mirip dengan canon alias work aslinya. Kali ini, aku mau bahas tentang daerah asal anak-anak Haikyuu.
Untuk pemilihan latar tempat yang jadi daerah asal para karakter, aku riset kecil-kecilan soal demografi, geografi, sampe gaya hidup beberapa prefektur yang ada di Haikyuu, yaitu Prefektur Miyagi, Prefektur Hyogo, Prefektur Nagano dan Tokyo.
JAWA BARAT (MIYAGI)
Aku memilih Jawa Barat sebagai Miyagi karena secara geografis emang cukup mirip. Prefektur Miyagi dikenal dengan alamnya, juga gaya hidup yang cenderung lebih santai dibanding ibukota, Prefektur Miyagi juga berlokasi ga jauh-jauh banget dari ibukota. Selain itu, Sendai (Ibukota Prefektur Miyagi) juga terkenal sebagai salah satu kota besar yang menjadi destinasi favorit di Jepang, Jadi rasanya cocok aja kalau dibandingkan dengan Provinsi Jawa Barat di Indonesia.
JAKARTA (TOKYO)
Kalo ini mah udah jelas kali ya, ga perlu terlalu dijabarin. Dua-duanya sama-sama ibukota, dua-duanya sama-sama padat dan sibuk, dua-duanya juga paling dikenal di luar negaranya. Jadi, rasanya ga ada alasan buat menyandingkan Jakarta sebagai Tokyo di work ini.
SUMATERA UTARA (HYOGO)
Kobe, Ibukota Prefektur Hyogo, adalah salah satu kota besar di bagian barat Jepang. Hyogo juga terkenal sebagai pusat industri dan perdagangan dengan adanya pelabuhan internasional. Sementara di Indonesia, ada Sumatera utara yang juga menjadi rumah dari salah satu pelabuhan internasional di Indonesia. Medan, ibukotanya, juga salah satu kota besar di bagian barat Indonesia. Bonusnya, baik Hyogo maupun Sumatera Utara sama-sama punya logat yang khas.
MALANG (NAGANO)
Aku cuma bisa menemukan sedikit informasi tentang prefektur ini, jadi mungkin agak sedikit meleset kalo dibandingkan sama 3 latar sebelumnya. Prefektur Nagano dikenal dengan cuacanya yang cenderung lebih dingin karena berlokasi di daerah pegunungan. Selain itu, biaya hidup disana jauh lebih murah dibanding sama Tokyo. Sementara di Indonesia, kalo kita bicara soal daerah dingin dengan biaya hidup murah, Malang mungkin jadi salah satu nama yang langsung terpikir.
Sekian Behind Melokal kali ini, semoga penjelasan tadi ngebantu kamu buat memvisualisasikan versi lokalan dari karakter Haikyuu. Perlu diingat bahwa aku sama sekali ga punya latar belakang geografi, antropologi , dan lainnya. Ini cuma cocoklogi didukung riset sepuluh-menitan, jadi kalo ternyata ada fakta yang perlu dikoreksi, jangan segan-segan komentar atau message aku ya!^^
KAMU SEDANG MEMBACA
Haikyuu!! - Melokal
General FictionHaikyuu headcanon, but make it✨kearifan lokal✨