Di pagi hari jumat yang penuh barokah, saking barokahnya tumben-tumbenan Emak gue bikin semur daging buat sarapan. Kayanya Emak abis dapet bonus dari Bapak gue. Waktunya gue bagi jatah.
"Pak, kaki Uma pegel nih kebanyakan jalan kaki ke sekolah, kayanya butuh pijet."
Kode gue ke Bapak gue yang lagi asik ngegerogotin daging semur Emak gue yang alot."Kalo gitu kamu ngegelinding aja ke sekolah, biar gak pegel."
Eh buset di kira gue trenggiling apa ngegelinding. Lagian Bapak gue kenapa gak peka sama kode gue yang kepengen duit berlebih."Bapak emang gak peka."
Kata gue."Bapak kan cowok, jelas lah Bapak gak peka. Kan di mana-mana cowok gak peka, iya kan Mak?"
Jawab Bapak gue minta persetujuan ke Emak gue. Lah di kira gue bukan cowok kali. Lagian bukan cuma cowok yang gak peka, cewek juga gak peka. Noh buktinya Emak gue yang gak pernah peka bahkan gak pernah perduli sama sekelilingnya kalo lagi nonton sinetron rantang topeni."Betul. Bapak kamu suka gak peka kalo Emak butuh tambahan duit buat beli skin care."
Jawab Emak gue yang malah curhat colongan."Bukannya Bapak gak peka Mak, soalnya Emak gak pake skin care aja udah cantik pol."
Gombal Bapak gue. Elah pagi-pagi gue udah di suguhi gombalan receh Bapak gue."Gak usah gombal."
Kata Emak gue sambil tersipu malu. Dih Emak gue udah kaya perawan aja yang lagi dogodain sama kang ojeg."Bapak gak gombal. Emak itu emang cantik banget kaya bidadari yang turun dari sumur ketujuh."
Buset dah bidadari dari sumur, Emak gue nyemplung ke sumur dong kalo gitu. Bapak gue kalo ngegombal tuh romantisan dikit kek. Ya kali bidadari dari sumur ketujuh. Kalo dari sumur mah si sodako bukannya bidadari."Uma mau berangkat sekolah. Minta uang jajan."
Dari pada gue lama-lama dengerin gombalan Bapak gue tentang bidadari dan sumur, mending gue pergi sekolah aja. Biar hidup gue tentrem. Paling yang ngegerecokin gue di sekolah cuma si Ucok doang yang selalu ngebahas layangan."Nih."
Kata Emak gue sambil ngasih gue duit jajan buat sekolah."Kok 12 rebu Mak?"
Tanya gue yang liat duit jajan gue berkurang. Udah gitu duitnya receh lagi, dua rebuan sama gopean semua."Emak cuma punya recehnya segitu. Yang lainnya duitnya masih gede-gede belom di potongin."
Di kira ayam apa di potongin. Lagian kenapa gue di kasihnya recehan, padahal kalo di kasih duit gede juga gue mah ikhlas-ikhlas aja."Gak akan muat Mak."
Perotes gue. Duit 12 rebu kagak akan muat. Walaupun gue ke sekolah jalan kaki tapi kan gue tergolong dalam manusia hobi jajan, belom lagi nih duit harus di potong buat bayar jatah peremannya gengan si Laskar. Jatah duit jajan gue makin berkurang."Muat, hari ini kan sekolahnya cuma setengah hari."
Emak gue pelit banget dah. Mau sekolah cuma setengah hari atau enggak, tetep aja yang namanya istirahat mah ada, gak ngaruh sama jumlah jajanan yang di konsumsi."Pak, tambahin."
Pinta gue ke Bapak gue."Dompet Bapak lagi di cuci sama Emak kamu, jadi Bapak gak punya duit."
Bapak gue juga samanya pelit. Jumat barokahnya jadi kagak jadi, soalnya kantong gue kagak barokah.Gue jalan ke sekolah dengan lunglai, dan makin lunglai waktu liat Bang Abdi yang lagi malakin anak-anak di depan gerbang. Ah elah. Sehari aja kek mereka gak malakin orang. Rugi bandar gue kalo tiap hari di palakin terus.
"Jatah."
Pinta Bang Abdi, gue langsung ngodok duit dari saku baju gue dan ngasihin goceng ke Bang Abdi."Goceng doang?"
Tanya Bang Abdi. Elah Bang goceng juga duit. Tuh goceng masih bisa buat jajan batagor. Lagian lo kagak bersyukur banget gue kasih goceng."Goceng juga duit Bang. Hari ini gue gak di kasih duit jajan banyak sama Emak gue."
Jawab gue."Yaudah sana lo pergi!"
Usir Bang Abdi. Tanpa lo usir juga gue emang mau pegi kok Bang.Tapi sebelum gue pergi ke kelas gue sempetin buat ngelirik si Laskar yang nangkring di atas motor kaya biasanya, tapi kali ini dia bukan nongkrong di atas motor dia tapi di motor otang. Gue lega tuh bocah ternyata masih hidup dan baik-baiknya, selamet dah gue gak di gentayangin sama tuh bocah.
"Apa lo liat-liat?"
Tanya si Laskar galak."Gue liatin monyet."
Jawab gue sambil ngacir kabur sebelum di gebugin sama si Laskar.Nyampe du kelas gue ngos-ngosan, sampe gue di liatin sama anak-anak sekelas yang lagi pada nyontek PR. ANJIR PR, GUE LUPA KALO ADA PR.
"GUE LIAAAAAAAT!!!!!!!!"
Teriak gue langsung ikut nimbrung buat nyontek PR ke sumber yang paling terpercaya. Tapi baru juga gue mau adu sikut sama temen-temen gue, tiba-tiba kerah baju gue dari belakang ada yang narik. Anjir siapa nih manusia laknat yang berani narik kerah baju gue."ANJING MAU GUE TONJOK LO!"
Amuk gue."Berani lo nonjok gue?"
Anjir! Gue apal nih suara siapa. Mampus gue, si Laskar ternyata masih dendam gue katain monyet."Eh ada babang Akar."
Kata gue dengan nada suara yang di baik-baikin. Tapi temen-temen sekelas gue malah muntah berjamaah, emang kampret lo pada."Ikut gue!"
Kata si Laskar sambil narik kerah belakang baju gue."Kar gue belom ngerjain PR!"
Gue menatap temen-temen sekelas gue yang malah melambaikan tangan. Tai dah lo pada!"Itu bukan urusan gue."
Itu emang bukan urusan lo, tapi gue bakal berususan sama itu PR kalo gue belom ngerjain."Kar."
Emang tai lo Kar, doyan banget bikin anak orang susah. Kemaren lo bikin gue susah nyariin taperwer Emak gue, terus sekarang lo gak ngebiarin gue buat ngerjain PR. Tai lah lo Kar.Si Laskar ngebawa gue ke kantin yang lumayan sepi. Maklum masih pagi, masih belom banyak yang jajan, paling cuma ada beberapa orang aja yang lagi nyarap.
"Gue lapar."
Kata si Laskar. Terus apa hubungannya lo lapar sama gue. Perut-perut lo bukan perut gue. Mau lo lapar kek, busung lapar kek, cacingan kek, itu bukan urusan gue."Ya tinggal makan lah."
Jawab gue."Tangan gue sakit."
Gue ngeliat ke tangan si Laskar yang ketutupan jaket. Perasaan tangan dia yang luka cuma satu gak dua-duanya."Kan masih ada tangan yang satunya lagi."
Kata gue."Gue gak kidal, jadi susah makan pake tangan kiri."
"Terus lo mau gue ngapain?"
Tanya gue."Beliin gue makan sama suapin gue."
Jawab si Laskar yang bikin gue nganga. What? Nyuapin nih bocah? Heh lo itu udah gede, lo udah bangkotan, lo bukan anak kecil yang harus di suapin lagi. Cuma perkara tangan kanan lo luka doang lo sampe nyuruh gue buat nyuapin lo."Ogah, lo minta aja suapin ke temen geng lo."
Tolak gue."Gue ogah di suapin sama cowok."
Heh bocah, terus lo nganggep gue apaan? Gue juga kan cowok. Kelamin gue dari lahir sampe sekarang belom berubah, belom gue ganti."Gue juga kan cowok Kar."
"Lo gak termasuk hitungan."
Si anjir gue gak termasuk kaum cowok. Terus gue termasuk kaum apaan anjir!"Lo....."
"Inget, gue udah nolongin lo kemaren."
Anjir! Untung lo udah nganterin gue balik, coba kalo belom udah gue jejelin mulut lo pake mangkok mie ayam yang ada cap ayam jagonya."Lo mau makan apa?"
Dan akhirnya gue pasrah, soalnya ternyat nih bocah perhitungan banget. Dan gue gak mau punya hutang budi ke dia."Nasi kuning, sama es teh."
Jawab si Laskar."Duitnya."
Pinta gue. Si Laskar ngodok saku seragamnya terus ngasihin duit 20 rebu yang udah lecek ke gue. Buset dah nih duit abis di jadiin keset kali ya, lecek banget sumpah."Kar."
Panggil gue."Apa?"
"Duitnya gak ada yang bagusan dikit?"
.
.
.
.Tbc
Biarpun lecek itu tetep duit Ma, masih laku buat di jajanin.
KUY DI VOTE!
KAMU SEDANG MEMBACA
Gara-gara emak gue [PDF]
Romantikpokoknya ini gara-gara emak gue. [Cerita komplitnya ada di aplikasi karyakarsa]