1: Baju Silau Pembawa Sial

145 19 1
                                    

"Kala ku pandang kerlip bintang nun jauh di sana

Sayup kudengar melodi cinta yang menggema

Terasa kembali gelora jiwa mudaku

Karena tersentuh alunan lagu semerdu kopi dangdut."

Tata sedang pemanasan vokal sebelum berangkat ke audisi pencarian bakat dangdut. Ini tahun ketiga Tata mengikuti audisi setelah dua kali gagal mendapatkan tiket emas. Tentu saja dirinya berharap banyak untuk audisi kali ini. Selain untuk mewujudkan mimpi masa kecilnya, Tata melakukan ini demi membantu perekonomian keluarganya yang sedang tidak baik karena masih terlilit utang.

"Beh, aye pergi dulu!"

"Astaghfirullahaladzim!" babeh terkejut melihat pakaian anaknya.

"Ngape, Beh?"

"Lu mau audisi apa mau jadi LED angkot?  Terang banget baju lu!"

Tata mengenakan sebuah dres bling bling warna-warni yang dipadu-padankan dengan aksesoris yang tak kalah bling-blingnya. 

"Yah kagak gaul si babeh, ini baju bukan sembarang baju tapi ada filosofinya yaitu baju silau sesilau masa depanku!" balas Tata sambil berlenggak-lenggok membuat cahaya dari aksesorisnya terpantul-pantul menusuk bola mata babeh.

"Duh, emangnya kagak ada baju laen apa yang beneran dikit? Babeh yakin masa depan lu masih tetep cerah. Nih ye ntar bukannya lolos malah pada sakit mata jurinya!"

"Ih, si babeh malah ngedoain gak lolos, tega bener."

"Bukan begitu... lu mending ganti dah bajunya sama yang kagak silau, pake baju kondangan gitu."

"Itu kan udah pernah Tata pake pas audisi tahun kemaren. Udah lah babeh gak usah banyak cingcong, tunggu Tata ntar pulang bawa tiket emas, okeh?!"

Tentu saja Babeh selalu mendukung anak semata wayangnya. Doanya terus mengalir mengiringi setiap langkah Tata meskipun kelakuan Tata selalu membuatnya migrain.

"Iye."

Sambil memakai sepatu, Tata berteriak memanggil Sungsang, salah satu pegawai warung Babehnya yang sudah mereka anggap seperti saudara sendiri.

"SUNGSAAAAAAAAAAAANG, DIMANA LO???????????"

"Kalem kali bos, baru juga sampe," jawab Sungsang kelelahan karena berlari.

"Loh, mana motor lu? Etdah, udah jam berapa ini ntar gue telat audisi salah elu ye!!!"

Sungsang menepuk jidatnya. Dia kembali berlari ke belakang untuk mengambil motornya. Tata sudah tidak sabar untuk segera sampai ke tempat audisi yang sudah menjadi tempat sakral baginya setiap tahun.

"ALLAHUAKBAR YA KARIM!" teriak Momon pegawai warung babeh yang lain dan terakhir karena memang cuma ada dua pegawai.

"Apa sih lu?" balas Tata sinis.

"Lu mau audisi apa mau jadi lampu taman? Terang bener!"

"Gak ada bedanya lu sama babeh gue! Dah lah gak usah banyak cingcong lu siapin aja pulsa lu buat vote gue di tipi ntar."

"Jiah, sa ae lampu taman! Iye dah, good luck ye!"

Sungsang kembali dengan motornya. Tanpa banyak cingcong, Tata langsung naik motornya setelah memakai helm. 

"Hati-hati ye, Sang, Tata!"

"Assalamualaikum, Beh!"

"Waalaikumsalam, hati-hati baju lu tuh, Ta, awas keselip motor dah!"

Mereka pun pergi bagaikan angin.

"Ceilah, siap-siap bakal jadi bapaknya artis!" goda Monmon.

"Emang menurut lu dia bakal lolos?" balas Babeh dengan wajah resah.

Kesandung Cinta Pedangdut GagalTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang