Ponakan Tampannya itu Bernama Gazriel

13.6K 346 29
                                    

Sadam Husein Ginanjar tampak bersantai di hari libur kerjanya, setelah lima hari sebelumnya berkutat dengan pekerjaannya menjadi seorang Teller di sebuah perbankan BUMN di kota Bandung. Momen bersantainya itu tiba tiba dirusak dengan telpon dari kakak pertamanya.

"Halo, Dam ..."

"Iya kenapa Ka?"

Nama kakaknya adalah Raka. Dia sudah terbiasa memanggil nama kakaknya langsung dengan sebutan namanya.

"Lagi sibuk ga lu?"

"Seharusnya sih sibuk bersantai. Cuma tiba tiba aja lo nelpon. Ada apa sih?"

"Gue langsung to the point aja ya. Gue mau titip si Gazriel di tempat elo buat sekolah."

"Hah? Kok bisa tiba tiba gitu? Emang dia ga sekolah di sana lagi aja?"

"Dia harus sekolah di Bandung, Dam. Pendidikan di sini kurang begitu baik buat masa depannya. Jadi buat ancang ancang kuliahnya ntar, dia juga harus mendapat pendidikan yang baik di sekolah yang baik. Which is, setelah gue berdiskusi sama istri gue, nyekolahin dia di bandung adalah pilihan yang sangat tepat. Terus kan ... elu juga pinter banget orangnya. Lu bisa jadi om yang baik buat dia. Kalau ada apa apa, nanti lu bisa bantu ngajarin dia juga kan ..."

"Ebuset. Lo maen seenaknya aja dah, Ka! Gue kan juga bakalan sibuk banget sama kerjaan gue di kantor. Gue ga bakalan sempet lah ngurus anak elo entar di sini. Ngurus diri sendiri aja gue masih banyak hal yang ga bisa keurus."

"Ya gapapa. Setidaknya si Gazriel nanti bisa kepantau sama elu. Bisa kelihatan kalau dia di rumah dan ga ngayap kemana mana. Soalnya dia di sini aja udah sering ngayap gitu, pulang malem bareng teman temannya. Gue yakin sih kalau tinggal sama elu dia bakalan berubah."

"Berubah apaan? Emangnya gue guru BK? E ... tapi, si Gazriel bukannya seinget gue anaknya penurut dan diem gitu ya?"

"Elu terakhir kali liat dia kapan? Oh ... waktu SD ya, sebelum lu ngerantau buat kuliah? Ya iyalah, dia dulu masih belum ngerti banyak hal. Eh ... pas udah sekolah SMP di sini, dia malah makin menjadi jadi bareng temen temennya itu. Terlebih kan, gue sama Dela sama sama kerja. Jadi dia kayak kagak keurus gitu. Kalau dia sekolah di Bandung terus dibiarin ngekos sendiri, gue sama Dela takut dia jadi makin kacau. Makanya gue titipin ke elu aja ya."

"Tapi lo ga seenaknya nitipin tanpa rencana kan ya?"

"Tenang aja! Gue sama Dela udah planning juga kok! Masalah duit bulanan, entar gue tf ke elu. Termasuk biaya biaya sekolahnya, lu bantu cek aja entar, terus tinggal gue tf ke elu juga ya. Pokoknya biaya makan, uang jajan, uang transport, biaya sekolah, termasuk nanti biaya kontrakan elu, gue juga kasih! Lu kan jadi bisa jauh lebih hemat. Kerja di bank kan gajinya belum gede gede banget kalau di posisi elu. Gimana? Deal?"

Sadam nampak berhenti berbicara untuk berpikir. Lagipula selama ini dia sendirian di rumah yang ia kontrak dan kalaupun ada Gazriel entar, masih ada satu kamar lagi yang bisa Gazriel isi. Kalau orang lain lebih memilih ngekos untuk bekerja, Sadam memilih kontrakan kosongan karena dia emang ga mau make kasur dan segala benda bekas orang lain. Dan harganya juga cuma beda dua ratus rebu dari harga kosan pada umumnya. Di kontrakan, dia juga bisa jauh lebih leluasa dengan memakai banyak ruangan, dibanding cuma sepetak kosan yang ruangannya sempit.

Dan ... kalau ada Gazriel nanti, setidaknya dia ga bakal merasa terlalu sepi dan sendiri selama di kontrakannya nanti. Setidaknya ada temen ngobrol. Dan lagipula, Gazriel sudah beralih ke kelas sepuluh. Kelas satu SMA. Itu berarti, setidaknya Gazriel seharusnya udah bisa lebih kurang mengurus dirinya sendiri selama nanti tinggal bersamanya. Setidaknya udah bisa berpikir dan bisa diajak untuk kerjasama.

Menjerat KeponakanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang