59 || Tips Menulis

1 0 0
                                    

Tips Menulis
Nurbaiti Istikoma

Menulis tanpa hambatan? Em ... Saya rasa setiap orang memiliki hambatan dalam segala hal. Bahkan penulis terkenal pun, pasti memiliki hambatan dan keluhan yang tidak pernah kita ketahui. Nah, kali ini saya akan berbagi cerita dan tips seputar keluhan dan hambatan.

Keluhan dan hambatan dalam menulis bagi saya sendiri adalah ketika saya:
1. Bingung untuk mencari alur cerita yang menarik.
2. Rasa bosan ketika sedang menulis.
3. Hilangnya ide ketika sedang menggarap cerita.
4. Waktu yang kurang.

Em ... Pasti kalian bingung, kan? Bagaimana cara saya mengatasi hambatan-hambatan tersebut, nah ayok kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Ketika bingung mencari alur cerita, saya akan membaca cerita-cerita lain dan juga mengambil ide dari setiap cerita yang saya baca.
2. Rasa bosan pasti selalu menghampiri, sudah tidak bisa diragukan. Namun, bagaimana cara saya menanggapinya? Yaitu dengan cara mencari kesenangan seperti bermain game, mendengarkan musik, dan pergi bermain.
3. Ide tiba-tiba hilang ketika sedang menulis? Pasti kalian pernah mengalaminya, kan? Nah, cara saya untuk mengatasinya yaitu dengan beristirahat dahulu. Karena jika kita terus memaksakan untuk menulis, justru itu akan berakibat malas melanjutkan menulis.
4. Setiap orang pasti memiliki kesibukan tersendiri. Mulai dari belajar, bekerja, bahkan bisa saja mengurus keluarga. Cara untuk menulis diwaktu yang kurang adalah dengan cara memaksimalkan waktu yang tersedia. Tidak perlu memaksa jika memang tidak ada banyak waktu. Namun, kita harus memanfaatkan waktu yang sedikit itu.

Nah, begitulah keluhan dan hambatan saya selama menulis. Intinya kita tidak boleh memaksakan suatu hal, jika tubuh/ kondisi kita tidak memungkinkan. Karena menulis bagi saya adalah Pengungkapan jiwa.

[]

Galeri Karya BagaskaraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang