Ini adalah kisah tentang Rahwana, Raja Alengka.
Putra ibu Kaekesi dan Wisrawa/Sumali. Lahir karena ketakutan dewa akan terungkapnya sebuah rahasia.
Memiliki sepuluh muka, sepuluh leher dan sepuluh kerongkongan.
Ia juga memiliki dua puluh tangan yang menunjukan kesombongan dan kemauan yang tak terbatas.Nama lainnya adalah Dasamuka, Dasagriva dan Dasakanta, begitulah ia disebut.
Sang Kejahatan.
Rahwana adalah Raja Alengkadireja, ia dikenal sebagai Raksasa jahat penguasa kegelapan.
Namun nyatanya ia tak sepenuhnya hitam. Pada dasarnya ia seperti manusia biasa yang punya dua sisi, baik dan buruk.“Tak ada yang selamanya baik, tak ada yang selamanya buruk. Setidaknya begitulah yang saya percayai.
Terdengar aneh bukan?.
Penguasa kegelapan,bahkan disebut sebut sebagai lambang kejahatan itu sendiri mempunyai sisi baik. Tapi begitulah kenyataanya.
Ia mempunyai Cinta.Dan itulah yang dewa takutkan.
Ketika para warga wayang mengetahui. Bahwa kebenaran sebenarnya tidaklah ada, bahwa segalanya hanya tentang sudut pandang dan rasa syukur.Tapi bukan itu yang mau kita bahas saat ini, mungkin lain waktu.
Maaf akan banyak menyela. Tapi bagi saya mendongeng adalah percakapan pribadi antara cerita dan diri saya sendiri."
Dewi sukesi, satu satunya penempuan di negeri Alengka. Satu satunya dewi yang tak ingin menikah. Dewi yang tak ingin dimiliki oleh siapapun terkecuali oleh seseorang yang mampu membabarkan aji Sastrajendra hayudiningrat.Pikirnya “jangan jangan di dunia ini tidak ada kebenaran?., karena benar dan salah hanyalah masalah sudut pandang.
Seperti saat kita memerlukan oksigen untuk bernafas dan tetap hidup, tapi pada saat yang sama,. saat kita menghirup oksigen, proses penuaan terjadi.
Dan pada saat itu juga kematian sudah berlangsung perlahan lahan.""Wanita yang cerdas"
Sastrajendra mengatakan. bahwa saat manusia hidup, manusia sudah mati dari awal.
"Jadi, sebenarnya apa?
Perihal derita dan bahagia,
Perihal duka dan rasa, sebenarnya untuk apa?"Singkat cerita, ada yang ingin meminang Sukesi untuk anaknya.Seorang pertapa yang luhur, yang mengetahui isi kitab Sastrajendra. Sumali Namanya.
Sukesi sebenarnya tidak setuju, karna ia dipinang sebagai hadiah dan bukan diperistri. Namun dikalahkan oleh rasa penasaran ia pun bersedia.
Diajaklah Sukesi ke pertapaanya dengan niatan akan menjabarkan isi kitab tersebut.
Namun pada saat sumali ingin membeberkan isi dari Sastrajendra sorga bergoncang.Dewa ketakutan akan terbebernya kebenaran yang tak seharusnya manusia ketahui. Maka menyusuplah dewa dan dewi cinta bernama kamaratih ke sukesi, dan kamajaya kedalam wisrawa.
Lalu terjadilah proses persetubuhan.dan terlahirlah Rahwana..Seorang anak yang kelahiranya atas ketidakinginan Sorga.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Kopi
Historical FictionYang membekas,yang tertancap dalam,berkarat dan melukai.. Namun lucunya. Diperuntukkan dan memiliki tujuan.. Melukai dan merapuhkan Menjadikan sebuah karya menjadi cacat namun diperlukan..