Setiap orang pasti punya impian, kan?
Haha, sama. Gue juga.
Oh iya, sebelumnya kenalin, nama gue Moon Byulyi, boleh dipanggil Moonbyul, Byul, Byulyi, atau Sayang juga boleh, hehe. Biar gak bingung, nih, gue kasih foto gue.
Nah, ini gue. Cakep, kan? Cakep lah, hehe. Eh, balik lagi ke topik tadi.
Sedari kecil, gue selalu ingin buka toko kue – mungkin efek karena bunda gue suka bikin cake sedari gue kecil. Sayangnya, gue sadar kalo gue gak punya bakat di dapur. Ya bayangin aja, gue selalu gak bisa bedain tepung sama gula sekalipun kedua benda itu jelas-jelas beda. Bego? Oh, jelas. Banget.
Oleh karena itu, gue yang awalnya mau masuk jurusan Culinary Arts pun nekat masuk jurusan Dance. Pertama masuk sih, gue sreg karena gue suka nari, tapi ternyata gue juga harus belajar balet... Oke, gue langsung keluar karena badan gue kaku semua, gue GAK BISA BALET!!!
Habis dari situ, apakah gue nyerah? Jelas enggak. Seorang Moon Byulyi gak akan menyerah – tidak sampai dia bisa meraih impiannya. Ya tapi karena mimpi pertama gue udah gak mungkin terwujud, gue carilah mimpi-mimpi gue yang lainnya, siapa tahu selama ini kependem di dalam diri gue kan.
Selama setahun gak kuliah (karena gue keluar dari jurusan Dance), gue berusaha mencari-cari – apa sih, impian gue sebenarnya? Kalo misalnya gue emang bermimpi banget punya toko kue, harusnya gue gak nyerah, dong? Kalo gue sangat suka nari, kenapa waktu ada balet gue langsung keluar?
Akhirnya, gue menggunakan waktu satu tahun itu untuk menggali hal apa yang benar-benar gue inginkan. Gue jadi model sekalipun gak lama karena tinggi badan gue gak semampai (foto yang gue tunjukin itu pas gue jadi model majalah, btw). Gak cuman itu, gue juga pernah jadi scriptwriter – dan gue STRESS. Gimana enggak?! Setiap hari, gue diteror sama pihak production house karena dalam satu hari, satu script harus udah jadi. Ujung-ujungnya gue kerja 24/7, anjir! Dapet uang sih iya, banyak juga – but the workloads are just too much for me, so I decided to quit.
Setelahnya, gue coba jadi song lyricist and composer. Jujur, dibanding pekerjaan-pekerjaan sebelumnya, gue paling sreg sama kerjaan gue yang ini. Sampe sekarang, gue masih jadi lyricist dan composer, kok, tapi itu cuma pekerjaan sampingan gue.
Karena gue merasa gue gak bisa bertahan hidup hanya dengan dua kerjaan itu, gue coba cari kerjaan lain. Mulai dari jadi waitress, dance trainer, DJ radio, fotografer, sampe jadi MC pun gue udah coba! Dari kelima kerjaan itu, gue cocoknya cuma jadi fotografer. Nah, akhirnya fotografer ini gue jadikan pekerjaan sampingan lainnya selain dua yang udah gue sebutin tadi itu.
Terus, pekerjaan utama gue apa?
Florist.
Iya, kalian gak salah baca. Florist itu pekerjaan utama gue.
Pasti sebagian dari kalian yang baca ini, atau gak semua – pasti kalian mikir kayak gini: "Udah jadi lyricist, composer, sama fotografer, loh. Kenapa malah florist yang dijadiin kerjaan utama? Byulyi, lo bego apa bego banget, sih?"
Gak apa. Gue udah biasa dikatain begitu. Tapi, kalo dipikir-pikir... Gue emang bego, sih. Sayangnya, gue gak bisa gak menjadikan florist ini sebagai pekerjaan, karena gue sesayang itu sama bunga.
Penasaran gak sih, kenapa gue tiba-tiba pengen jadi florist?
Oke, gini ceritanya.
Waktu itu, gue dapet job sebagai MC di salah satu toko bunga yang baru buka di kota sebelah. Gue lupa namanya – udahlah, gak penting juga. Karena waktu itu emang jadwal gue banyak kosongnya, gue mengiyakan tawaran itu dan pergi ke toko bunga itu di hari pembukaan.
Gue mulai kerja. Gue ngasih kata sambutan, ucapan selamat ke si pemilik toko, banyak lah pokoknya!
Selesai acara, si pemilik toko bunga yang gue lupa siapa namanya datengin gue dan kasih gue bayaran sekaligus tip. Gue ngucapin terima kasih, abis gitu ngobrol dikit sama dia.
Gue penasaran – apa sih, yang bikin dia kepikiran untuk buka toko bunga? Si pemilik yang usianya udah 30-an itu jawab,
"Haha, gimana ya... Saya suka banget sama bunga, Nak. Bunga itu punya banyak makna... Ada yang melambangkan bahagia, sedih, cinta, persahabatan, kekecewaan, banyak sekali! Sedari kecil, saya selalu suka bunga, makanya saya senang sekali ketika bisa membuka toko ini. Mungkin tadi Nak Byulyi bingung ya, kenapa bunga yang ada di depan itu mawar merah muda dan tulip oranye? Itu karena mawar merah muda melambangkan kebahagiaan dan rasa syukur, sedangkan tulip oranye... Selain juga melambangkan kebahagiaan, tulip oranye mempunyai arti kehangatan, keberuntungan, serta optimisme. Gak hanya itu, saya juga memasang beberapa hydrangea ungu yang berarti kekayaan dan hasrat ingin memahami seseorang. Kalau kekayaan, jelas saya ingin hidup saya tercukupi Nak, hahaha! Hasrat untuk memahami seseorang... Tentu saya ingin belajar memahami para pelanggan saya dari bunga yang mereka beli di sini. Misalnya, ada pelanggan yang mau beli mawar kuning untuk teman perempuannya, saya akan tanya dulu – ini hanya teman, atau teman, nih? Haha. Mawar kuning punya arti persahabatan. Di sisi lain, bunga itu juga berarti kecemburuan dan perselingkuhan. Kalau dia kasih mawar kuning ke pacarnya, bisa salah sangka, dong? Makanya, saya berusaha memahami maksud dari para pelanggan sebelum benar-benar menjual bunga ke mereka. Bunga itu ada banyak macamnya, Nak. The language of flowers adalah suatu hal yang menarik, dan saya jatuh cinta akan hal itu."
Panjang, kan? Haha. Pertama kali denger cerita si pemilik, gue agak bingung dan baru sadar kalo bunga tuh punya banyak makna. Hal itu bikin gue sangat penasaran dan berujung mencari-cari di internet – bunga A itu artinya apa, sih? Kalo bunga B, apa ya? Bunga C? D, E? Dan seterusnya. Hal ini berujung ke gue yang akhirnya dengan spontan bilang ke bunda kalau gue mau masuk jurusan Floristry.
Jujur, bunda sempet kaget dan ngira anak satu-satunya ini kesambet. Syukurnya, setelah gue jelasin panjang kali lebar kali tinggi sama dengan rumus volume balok, bunda setuju dan sangat mendukung keputusan gue ambil jurusan itu. Aduh, jadi terharu, huhu.
Tiga setengah tahun kuliah, gue akhirnya lulus. Berbekal duit yang gue kumpulin selama setahun kerja selama gap year dan tiga setengah tahun kuliah sambil kerja, gue akhirnya bisa beli toko kecil di pinggiran kota untuk membuka toko bunga gue. Gak di pinggiran kota banget sih, tapi juga gak di tengah kota. Jujur, gue seneng banget. Mungkin ini emang mimpi gue yang sebenarnya? Entahlah.
Anyways, welcome to Blue Azalea, a place full of happiness, a tad bit of sadness, and a bunch of stories you might never met in another place!
KAMU SEDANG MEMBACA
blue azalea
FanfictionWelcome to Blue Azalea, a place full of happiness, a tad bit of sadness, and a bunch of stories you might never met in another place.