+ 1 +

47 10 3
                                    


+

"Lika pelit ah!"

Lika ngerlingin matanya. Udah gedek banget sama Hardin.

Gimana ngga? Dari tadi Hardin cuma ngerengek di sebelah Lika. Minta jawaban Sosiologi.

Maksudnya tuh gini, Lika juga kan nyari jawaban Sosio sendiri. Padahal di buku ada loh, tinggal dibaca aja. Ga susah kan. Tapi kenapa ini temen sebangku nya males banget buat baca doang.

Indonesia emang bener-bener lagi krisis literasi.

Dan Hardin ga cuma sekali-dua kali minta jawaban ke Lika.

"atuh Liiiiiii, gue cuma punya lo"

"hhhhhhhh nih!" Lika nyerah, Hardin senyum lebar.

"tapi lain kali cari sendiri ah Dinnn. belajar sendiri, jangan ketergantungan jawaban dari gue terus"

"iyeeeee bawel"

"iyalah bawel, jawaban gue lu contek mulu"

Hardin sih lanjut nyalin jawaban Lika di buku catetan. Omongan Lika tuh cuma lewat sepintas doang di telinga Hardin. Liat aja ntar, pasti diulang lagi. Lika udah pasrah deh.

"Likaaaaaa! dicariin nih" Anza teriak dari ambang pintu kelas abis itu balik lagi nendang kertas yang di uwel-uwel jadi bola sepak bareng anak cowok yang lain. Bu Tuti, guru Sosio lagi ikut rapat guru di aula.

Lika bangkit terus jalan ke arah pintu kelas. Lika nih udah hapal kalo ada yang manggil kaya gini pasti murid yang disuruh sama guru.

Secara, Lika ini kan anggota OSIS yang sebenernya masa periode nya udah abis bulan lalu. Tapi masih sering aja disuruh ini itu sama guru-guru. Mungkin karna Lika anaknya tulen dan emang ga bisa nolak.

Lika udah nengok kanan kiri tapi orang yang tadi Anza maksud ga ada. Lika mau balik masuk ke kelas tapi taunya ada yang manggil namanya.

"teh Nalika.."

Lika kaget sih. Kaget banget.

Tiba-tiba ada Ega nyamperin dari lapang basket sebrang kelasnya. Masih pake baju olahraga, mukanya masih merah kepanasan.

"ini teh, tadi disuruh Pak Dodi rekap absen Bahasa Inggris dari kelas 11 IPA 1 sampe 5. nanti kalo udah beres langsung simpen di meja nya aja katanya" Kata Ega nyerahin buku absen Bahasa Inggris punya Pak Dodi ke Lika.

Lika mau ngambil tapi gatau kenapa badannya malah diem aja. Otak Lika masih kaget kayanya. Tiba-tiba disamperin sama Ega. Orang yang selama ini dari jauh Lika perhatiin diem-diem.

Dari deket, Ega ternyata malah lebih ganteng. Tingginya juga ga main.

"teh, ini.."

"eh? oh,, iya, makasih" Lika ambil bukunya dari tangan Ega.

Ega senyum sambil ngangguk dikit sebelum akhirnya balik lagi lari ke lapang. Lanjut main basket sama temen-temen kelasnya.

Lika masih kaget, beneran. Jantung nya masih berdegup kenceng. Sumpah Lika juga heran.

Dada kirinya Lika pegang. Kerasa banget masih deg-degan.

"overreact lo Li" Kata Lika ke diri sendiri.

Lika jalan masuk ke ruang guru yang ternyata masih sepi. Kayanya guru-guru masih pada rapat. Semoga aja rapat libur 1 bulan.

Lika otomatis nyamperin meja Pak Dodi yang udah Lika hapal. Karena Pak Dodi itu guru yang paling sering nyuruh-nyuruh Lika. Gatau deh, pasti selalu Lika. Lika lagi Lika lagi.

Beres nyimpen beberapa lembar kertas folio sama buku absen kelas 11, Lika keluar dari ruang guru.

Lika jalan ngadep ke lantai, tadinya mau benerin tali sepatunya yang copot pas udah keluar ruang guru. Taunya pas Lika keluar ruang guru dan langsung belok ke kiri, Lika malah nabrak orang.

Lumayan kenceng. Ga sakit sih, tapi bikin Lika sedikit panik.

Masalahnya, minuman yang dibawa sama orang yang ditabrak malah tumpah hampir setengahnya ke baju seragam Lika bagian dada. Bisa dibayangin segimana panik nya Lika pas liat bajunya jadi lumayan nerawang gara-gara basah sama minuman berwarna merah jambu itu.

"eh! sorry sorry!"

Lika auto narik bajunya ke depan biar ga nempel sama badannya dan bikin makin ngeliatin baju dalem Lika.

Akhirnya Lika dongak. Dan tadaa, ada Ega dengan muka paniknya sambil megang gelas plastik yang hampir separuh isinya udah bermutasi ke baju seragam putih yang Lika pakai.

"eh aduh,, sorry teh! ga liat ke depan..." Ega keliatan makin panik pas tau baju Lika jadi nerawang.

Lika senyum dikit. "gapapa,," Katanya. Padahal sih panik banget. Mana hari ini Lika ga bawa jaket dan jam pulang masih 3 jam lagi.

"ikut gue, teh" Entah apa yang ada di pikiran Ega. Tapi Ega malah narik pelan pergelangan tangan kanan Lika.

Nuntun Lika jalan bareng ke deretan kelas 11 yang sekarang lagi rada rame karena banyak kelas yang jamkos. Tapi Lika diem aja. Nurut ikut jalan bareng Ega yang jaraknya satu langkah di depan Lika.

Lika makin panik. Panik banget banget banget. Itu semua kelas 11 yang lagi nongkrong di depan kelasnya masing-masing merhatiin Lika yang jalan bareng sama Ega sambil lengannya dipegang.

Lika ga biasa di tatap sama orang banyak.

Lika ga biasa dapet spotlight kaya gini.

Lika panik mampus.



veggie, taeyoungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang