Kapan malam Lailatul Qadar terjadi?
Ada banyak pendapat tentang kapan malam Lailatul Qadar terjadi.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
diriwayatkan Imam Bukhori dari Aisyah Radhiya Allahu’anha dimana baginda Nabi Muhammad bersabda, “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepeluh malam terakhir di bulan Ramadan”. (HR. Bukhori).
Oleh karena itu, dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.
Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
“Apabila Nabi Muhammad SAW memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya”. (HR. Bukhori)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tidak ada yg tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar tiba.
Namun, sebagin ulama ada yang memiliki kaidah dalam mencari malam Lailatul Qadar.
Hal itu diungkap oleh Imam Abu Hamid al Ghazali dan Imam Hasan as Syadzili.
Menurut Imam al Ghazal, malam Lailatul Qadar ditentukan dari permulaan atau malam pertama Bulan Ramadan:
Jika hari pertama jatuh pada malam Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal 29 Ramadan,
Jika malam pertama jatuh pada Senin , maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 21 Ramadan
Jika malam pertama jatuh pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada tanggal 25 Ramadan.
Jika malam pertama jatuh pada hari malam Sabtu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 23 Ramadan
Jika malam pertama jatuh pada Selasa dan Jum’at, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.
~~~~~~~~~~~~
Tanda-tanda malam Lailatul Qadar :
Hal ini sebagaimana hadis dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “Bahhwa Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, cuaca cerah tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin, pada pagi hari matahari bersinar begitu cerah dan nampak kemerah-merahan. (HR. al Baihaqi).
doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam Lailatul Qadar :
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
Allaahumma innaka ‘afuwwun uhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii
Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.
sumber : google/tribunnews.com
KAMU SEDANG MEMBACA
Kutipan Muslim
PoetryAssalamu'alaikum,mohon izin menyampaikan pesan dibawah ini ya teman² semua😊 Note : Sebelumnya mohon maaf jika terdapat kesalahan disini,baik itu kesalahan pengetikan ataupun kesalahan materi yg saya share di sini dan kalau teman² lebih tau tentang...