1. AZURA

139 53 55
                                    

****

Siang itu kedaan masih seperti biasa

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Siang itu kedaan masih seperti biasa. Tidak ada perubahan yang terjadi, bahkan selama masa penobatan Piper Pilar yang baru.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Azura adalah sumbu paling tertinggal dari pada sumbu lain di semua pilar Eldora. Jadi tidak mengherankan, apabila kemeriahan penobatan Piper Pilar yang barupun tidak terlihat mempengaruhi  aktifitas mereka disana.

Semua masih serba biasa. Jalan setapak yang terlihat lenggang dengan banyak menyisakan lubang genangan air hujan semalam. Rumah kumuh dengan banyak tambalan pada setiap sisi bangunan, serta  anak-anak kecil yang berkeliaran di jalan sembari berlari kesana kemari menghampiri setiap rumah ataupun para pejalan kaki hanya untuk sekedar meminta mereka memberi makan.

Banyak dari mereka yang sengaja di tinggalkan disini oleh orang tuanya karena mereka sudah tidak sanggup lagi merawat dan memberi  makan. Adapun juga dari mereka yang memilih tinggal disini karena mereka adalah anak korban perang yang terjadi sepuluh tahun yang lalu.

Atran mempercepat langkahnya disaat ada segerombolan remaja berpakaian lusuh dengan wajah menyeringai meneriakinya dari seberang jalan. Ia menggenggam lebih erat barang yang di bawanya dan mendekapnya di dada seraya berjalan lebih cepat lagi. Langit terlihat berwarna merah gelap, menandakan sebentar lagi akan hujan.

Rintik pertamapun turun. Disaat Atran memutuskan untuk mulai berlari ia tahu bahwa itu sudah terlambat. Ia akan sampai di penampungan dengan basah kuyup.

Jauh di ujung jalan, samar-samar Atran melihat sosok pria paruh baya dengan mengenakan baju warna hitam berdiri di depan bangunan tiga lantai berdinding kayu lapuk dan beton berkikis bersama seorang gadis kecil berusia sepuluh tahunan yang sedang menangis sambil membawa selimut bulu di tangannya.

"Tetua Hans, aku membawakanmu sebuah surat !," teriak Atran dari kejauhan.

*Tetua adalah sebutan untuk pria dan wanita lebih tua yang di hormati. Sedangkan Morus adalah nama pemimpin tertinggi di Eldora. Kemudian Piper adalah sebutan pangkat dalam pemerintahan.

Piper Armor adalah pangkat tertinggi setelah Morus. Dia yang bertugas dalam tatanan Allium dan mengetuai para Piper Pilar dan juga Para pejuang Armor. Sedangkan Dizos adalah sebutan untuk penanggung jawab setiap Sumbu.

Setelah perang besar yang terjadi sepuluh tahun yang lalu. Eldora kemudian terbagi menjadi tujuh bagian. Bagian-bagian tersebut di sebut dengan Pilar. Setiap Pilar mempunyai dua sampai tiga sumbu di dalamnya. Sedangkan Allium adalah pusat pemerintahan yang memerintah semua pilar dan juga sumbu yang ada di Eldora.

Di Pilar ke-lima awalnya mempunyai dua sumbu tetapi lima tahun yang lalu satu sumbu lainnya membelot dan kini hanya menyisakan satu sumbu saja yang bernama Cordia. Tidak di ketahui dengan jelas bagaimana keberadaan para pembelot Pilar kelima.

Azura terletak di Pilar ke-tujuh berbatasan dengan dua sumbu lainnya yaitu Phomea dan Naragaz.

Eldora mempunyai tiga matahari yang berpendar pada siklus putaran masing-masing.  Matahari tersebut berputar secara horizontal dari kiri ke kanan dan kemudian kembali seperti sebaliknya. Pergerakan setiap matahari tidaklah sama, mereka memiliki kecepatan yang berbeda.

Karena itu, setiap dua ribu kali perjalanan atau satu tahun sekali, ke-tiga matahari tersebut baru dapat bertemu pada satu garis lurus yang sama. 

Mereka biasa menyebutnya dengan fenomena Blood Sun. Yang artinya ketiga matahari bertemu dalam satu garis dengan memancarkan sinar paling terang tepat di atas Allium.

Pada saat itu terjadi, Azura yang merupakan sumbu terluar Eldora akan menjadi gelap gulita selama 1 hari penuh, dan fenomena di Azura ini di sebut Black Sun. Karena fenomena ini lah yang membuat banyak tanaman dan hewan mati dalam satu malam saja di Azura.

Berbeda dengan tanaman dan juga hewan, para penduduk Azura lebih dapat bertahan dari efek samping Black Sun ini. Hanya saja, pada saat hal itu terjadi mereka menjadi lebih lemah dan kekutan mereka terkuras habis. Banyak dari mereka yang mencoba pindah ke sumbu lain, tetapi para Dizos menolak mereka karena di anggap akan menyebarkan penyakit Black Sun tersebut kepada para penduduk Sumbu yang lain.

Karena itulah penduduk Azura menjadi semakin terkucil dan juga di hindari oleh sebagian besar Sumbu lainnya. Bahkan, Dizos Azura pun tidak mau tinggal disana dan memilih tinggal di perbatasa Phomea untuk mengurusi segala urusan Azura.

Azura adalah tempat dimana Atran berada dan tinggal sekarang. Tempat paling tertinggal dan termiskin dari semua sumbu yang ada di Eldora.



****

𝐁𝐀𝐓𝐓𝐋𝐄 𝐈𝐍 𝐀𝐙𝐔𝐑𝐀 - 𝚃𝚑𝚎 𝙲𝚒𝚝𝚢 𝙾𝚏 𝙻𝚒𝚐𝚑𝚝Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang