"YANG SEKARANG ADA, DULU SUDAH ADA, DAN YANG AKAN ADA, SUDAH LAMA ADA, ALLAH MENCARI YANG SUDAH LALU"
(Pengkhotbah,3:14)
Kutipan ini berasal dari Alkitab milik Kristen dn Katolik, dalam kitab Pengkhotbah. Kutipan ini terdapat pada Kitab Perjanjian Lama Pengkhotbah, tepatntya Bab 3, yang berjudul "Untuk segala sesuatu ada waktunya".
Dalam bacaan Bab ini, kita (mohon maaf bagi saudara-saudaraku yang bukan Kristen), diberikan pencerahan bahwa Tuhan akan senantiasa memberikan segalanya pada waktunya.
Menarik sekali, pada kutipan ayat yang terakhir, yang cukup sulit untuk dicerna, berbunyi seperti kutipan di atas.
Mari kita cerna kalimat per kalimat.1. "Yang sekarang ada dulu sudah ada", kalimat ini memang agak gampang dicerna, karena apa yang ada saat ini, telah ada sejak dahulu. Kehidupan, Alam semesta bersama isinya.
2. "Yang akan ada, sudah lama ada",
Kalimat ini menggambarkan bahwa segala sesuatu yang ada di masa depan, sudah lama ada, dan itu semua adalah karya tangan Tuhan yang tak kita pahami. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, sudah lama Tuhan rencanakan, tinggal menunggu waktu saja, untuk dirasakan.3. "Allah mencari yang sudah lalu", kalimat ini bersiratkan bagaimana Tuhan akan merangkai segala sesuatu yang telah terjadi di dalam kehidupan kita. Tuhan ingin melihat seberapa besar rasa syukur atas segala penyelenggaraannya. Tuhan ingin melihat seberapa besar kesetiaan hamba-hambanya setelah penyelenggaraannya dalam kehidupan.
Jadi, tetaplah bersyukur atas apapun yang terjadi dalam kehidupan. Semua manusia di dunia percaya bahwa ada satu kekuatan besar yang mengatur segala bentuk kehidupan di dunia ini, yang disebut TUHAN. Hanya berbeda dari cara memuji dan menyembahnya saja.
Dengan demikian, kita percaya bahwa Tuhan telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Syukuri apa yang terjadi kemarin dan hari ini. Karena entah itu suka maupun duka, keberhasilan maupun kegagalan, bahagia atau sedih, akan bermakna bagi hari-hari selanjutnya.
-Angelho Johannes-
KAMU SEDANG MEMBACA
PUISI SENJA
PoetryBagi sebagian orang, senja adalah sebuah momen, dimana mereka dapat merefleksikan kembali hari yg tlah lalu. Sejuta inspirasi akan muncul mengiringi tenggelamnya matahari. Dalam buku ini adalah puisi-puisi yang diciptakan di kala senja tiba. Tidak h...