Jam pulang sekolah itu jamnya para murid impikan, jam yang dimana semua pelajaran sekolah dihentikan dan membebaskan semua murid dari lelahnya proses belajar.
Kali ini, aku gak bisa seperti murid-murid lain yang bersyukur untuk pulang ke Rumah mereka, aku dengan baju latihanku berdiri kaku di pinggir Lapangan basket, aku gak berani bergerak sampai Pak Pelatih mengajakku ke tengah Lapangan di depan seluruh anak basket.
"Oke anak-anak perhatian! di sini sekarang kita punya anggota basket cewek baru!"
"Ayok perkenalan kamu dulu baru kamu, Nola"
Aku yakin sekarang kondisi muka aku udah gak jelas, padahal baru perkenalan doang tapi keringet aku udah sampe bikin baju latihan aku mulai basah.
Aku gak bisa ngomong di depan orang kayak gini, aku mohon siapa aja tolong ada gak yang bisa ambilin kupluk punya mas maling yang ada bolongnya itu buat tutup muka aku?!.
"Ya sekarang giliran kamu perkenalan, Nola," ucap Pak Pelatih.
O-oghey santay Nola
"Ha... Halo... Na... Nama aku No-la."
Udahlah ngapain sih aku hah?! Rasanya pengen langsung mundur aja aku dari eskul ini, udah gak pa-pa aku belum dapet ilmu juga, udah cukup aku dapet pengalaman ngomong gagap di depan satu eskul ditambah kakel sama guru.
"Yasudah dari pada lama lagi kita langsung mulai aja pemanasan ayok!." Pak pelatih langsung bubarin anak-anak basket yang kayaknya lagi nungguin omongan gagapku ini lanjutin perkenalan yang cuma nyebutin nama doang.
"Tenang Nola, jangan gugup, coba lebih rileks lagi lain kali, belajar bersosialisasi, Bapak tau kamu nanti bakal terbiasa."
Eh, kok? Apa waktu pendaftaran ke Pak pelatih aku keliatan banget kayak anak cupu dan nolep yang gak punya temen? Emang sejelas itu ya kehidupan aku?.
"I-ya pak pelatih." Belum bisa tenang aku.
"Kamu coba jangan sebut saya 'Pak Pelatih', nama saya Reska, kamu bisa panggil saya Pak Eka."
Bingung. Salah satu kelemahan aku, aku gak tau cara ngomong yang bener dan sopan sama orang, aku jawab Pak Eka cuma dengan ngangguk-ngangguk aja, cara ngomong aku bener gak sih? Atau aku terlalu baku dan kaku?.
Pemanasan mulai, semua anak basket bikin 2 lingkaran dan satu pemandu di tengahnya, aku belum pernah ngerasain ikut eskul olahraga, bahkan aku gak inget kapan terakhir kali aku olahraga.
Aku gak bisa fokus pemanasan, karna formasi pemanasannya bentuk lingkaran, jadi aku bisa liat semua muka anak basket yang satu lingkaran sama aku, dan mereka juga bisa liat muka aku dengan jelas. Aku beneran gak bisa rileks apalagi anak basket cowok yang liatin muka aku, mungkin harapan mereka anak basket yang baru itu cantik, tapi yang ada malah aku cewek cupu, dan gagap juga tadi sih.
Aku heran kenapa gerakan-gerakan ini disebut 'pemanasan'?, kenapa gak sebut aja olahraga biasa? Perasaan aku dari mulai gerakan-gerakan pemanasan sampai selesai badan aku gak panas, kalo mau panas ya berjemur di bawah matahari.
Selsai pemanasan Pak Eka nyuruh semua anak bikin 2 baris panjang ke belakang, satu barisan cowok satunya lagi barisan cewek.
"Oke hari ini kita latihan nge-shoot bola ke dalam ring, minggu lalu saya sudah jelaskan teknik-tekniknya, yang bisa masukin bolanya 3 kali dengan berbagai teknik langsung ke pinggir lapangan bikin 2 team perempuan juga 2 team laki-laki!." Nge-shoot bola itu artinya apa sih? Masukin bola basket ke ring basket? Kayaknya gak terlalu susah ini mah.
Iya seperti biasa aku cuma bisa malu-maluin diri sendiri, buktinya tadi giliran aku lempar bola basket bukanya masuk ring malah kena keram leher aku sampe miring begini kepala aku, ya sekarang aku cuma duduk di pinggir lapangan ngeliat yang lain tanding basket.
"Masih sakit lehernya?."
"Aduh!." Leher aku yang awalnya udah mendingan tiba-tiba sakit lagi karna kaget denger suara Pak Eka dari samping, sumpah ini leher sakit kalo keram gini.
"Coba sini saya bantu." Pak Eka ngeluarin botol obat cair gatau namanya apa, terus dia balurin isinya ke bagian leher aku yang keram sambil agak dipijit sedikit. Baunya kayak minyak urut, aku gak terlalu suka baunya, tapi ini lumayan bikin anget sih, leher aku udah mendingan lagi cuman masih agak sakit sedikit.
"Makanya, kalo pemanasan itu yang bener, Nola. Pemanasan itu fungsinya untuk melenturkan dan memanaskan tubuh, kalo badan kamu gak panas pas selsai pemanasan, itu artinya kamu belum bener ngelakuinnya."
Pak Eka selsai ceramahin aku langsung jalan ke dekat lapangan basket lagi sambil mantau semuanya.
By the way, ini ada lumayan banyak anak basket liatin aku, what's wrong with me? Atau mereka pikir aku cuma cari perhatian ke Pak Eka karena dia salah satu jajaran guru ganteng di sekolah ini? Belum tau aja mereka sakitnya keram leher, hih.
***
"Hai, lu anak basket baru kan? Kenalin gue Geno."
Huff... Perasaan aku baru aja udah bebas mau pulang, tiba-tiba ini ada cowok ngajak kenalan? Gak, gue harus coba bersosialisasi biar kayak anak normal.
"Halo, aku Nola." aku bales jabatan tangan dia sambil senyum dikit, untung aja aku gak gagap.
"Ha? A-aku?."
Aku gak tau kenapa ekspresi muka dia yang tiba-tiba kayak yang gugup gitu, apa aku ada salah kata ya? Atau senyuman aku yang kaku ini?.
"Ke-Kenapa ya?."
"Eh? Enggak kok hehe"
Please, ini kenapa jadi saling gagap-gagapan sih?! Aku kenapa gagap? Dia kenapa gagap juga?!.
"Ohh... Yaudah aku mau pulang dulu ya." aku langsung cepet-cepet pergi sebelum ada obrolan lagi, udah cukup aku gagapnya hari ini, udah malu juga lagi baru hari pertama latihan udah kena keram leher, sial banget sih!.
Aku jalan pulang sambil melihat sepatuku yang menginjak trotoar, sepatu aku bagus juga, aku baru sadar, Mamah kan beliin sepatu ini khusus buat aku waktu aku mulai masuk SMA. Oh iya, sekarang Mamah pasti masih kerja, Mamah ada temen ga ya di sana? Eh, tapi kan atasanya pada baik, buktinya atasan Mamah ngirim kado waktu aku ulang tahun, yaa semoga aja Mamah seneng kerjanya.
Aku sekarang lagi coba berubah, Mah. Aku gak bakal sendirian lagi, tadi aja ada yang ajak kenala tadi si... Eh! Aku lupa nama dia tadi siap ya? Aduh dasar pelupa! Mukanya aja aku gak terlalu inget, emang dasar aku!.
~Memulai sesuatu terkadang memanglah sulit, tapi memulai sesuatu bisa memberikan hal baru dalam hidup~
-N-
YOU ARE READING
Jessica method
General FictionOrang bilang kita harus bisa berimajinasi setinggi mungkin. Aku mulai berimajinasi tentang visual pacar idamanku, wajahnya yang tampan juga penyayang. Namun rasa tak puasku dengan imajinasi itu membuat diriku mulai mencari seseorang yang mirip deng...