Sekolah, tempat mencari ilmu yang paling ngebosenin, dari dulu aku emang gak pernah tertarik sama sekolah dan penghuninya sampai aku ketemu dia, Fifi, cewek baik pertama yang mau kenalan dan temenan sama aku, dia banyak bikin perubahan sama hari-hari aku yang hitam putih, dia super baik banget, ya walau dia sering minta bikinin PR ke aku sampe aku agak pusing, gini-gini juga otak aku lumayanlah encer.
Emang bener kita gak boleh mudah percaya sama omongan manis orang-orang, walaupun itu sahabat kita sendiri, bilangnya bakal jadi sahabat selamanya tapi nyatanya bullshit.
Aku inget waktu itu aku gak sengaja denger obrolan Fifi sama Papahnya pas selsai rapat orang tua, mereka ada nyebut nama aku sambil bisik-bisik, tapi aku milih pergi karna gak sopan nguping obrolan orang. Sebenarnya aku penasaran apa yang mereka omongin, apa aku punya salah sama Fifi sampe dia ngadu? Ya aku mungkin gak sadar aku buat kesalahan, harusnya Fifi bilang ke aku bukan ngomongin sama Papahnya. Jujur diomongin temen sama keluarganya itu sakit, apalagi kita nya gak sengaja langsung dengerin.
Hari ini aku masih duduk sendiri di satu meja yang harusnya buat dua orang, tapi ini bagus, aku bisa gerak leluasa, aku gak mau ada orang lain lagi yang pindah ke samping aku, cukup sekali aja aku kena tipuan 'kata-kata manis sahabat', aku coba jadi Nola yang dulu, yang gak gampang kehasut sama orang.
Sekuat apapun aku coba buat fine lagi, tapi susah! Aku udah temenan sama Fifi dari masa pengenalan sekolah di SMA ini sampe kita kelas dua, mungkin menurut orang itu sebentar, tapi buat aku yang pertama kali punya temen sedeket Fifi itu berasa udah kita itu sodara deket dan juga ngelewatin banyak hal.
"Ada Pak Midun! Ada Pak Midun!!!"
"Eh? Aduh! kan mikirin Fifi lagi jadi lupa bikin PR! Waduh, gimana nih?!"
Sumpah ini kayaknya hari apes aku deh! Kenapa bisa lupaa kalo minggu kemaren ada PR dari Pak Midun! Emang dasar aku pelupa! Udahlah aku pasrah aja deh, paling cuma disuruh berdiri depan kelas.
"Pagi anak-anak! Sebelum Bapak lanjut materi minggu kemarin, silahkan kumpulkan dulu PR yang bapak kasih! Cepat!"
Mau tenang tapi gak bisa, ya mana bisa tenang, denger suaranya aja bikin merinding. Jujur, pelajaran Pak Midun itu salah satu hal yang paling aku wanti-wanti, aku gak mau bikin masalah sama guru galak itu, tapi gara-gara masalah sama Fifi malah bikin aku kena masalah yang lain juga!.
"Yang tidak mengumpulkan harap segera keluar dari kelas, pergi ke WC dan bersihin!"
W-C?!
Aiishh! Kenapa WC?! Jijik banget bersihinnya, aku kira cuma berdiri di depan kelas doang sampe pelajaran pak Midun selsai, mana cuma aku doang lagi yang gak ngumpulin PR.
Dari pada ada masalah lagi, aku cepet-cepet keluar kelas buat pergi ke WC dan bersih-bersih, di lapangan basket aku liat banyak anak basket lagi latihan, eh wait, bukanya sekarang waktunya belajar? Mungkin lagi persiapan ikut lomba, bisa aja, orang ada gurunya juga di sana.
Di WC aku mulai bersih-bersih, ngepel, nyikat, sumpah aku gak tahan, anak cewek di sekolah ini emang pada jorok ya! Kecuali aku sih yang jarang pergi ke WC kecuali udah darurat.
Gak lama mulai banyak anak basket cewek yang dateng, kayaknya pada selsai latihan mau ganti baju.
"Wah gila gak sabar besok pertandingan, strategi kita udah mateng banget, kalo gini kita pasti menang nih!" kata salah satu anak basket cewek itu.
"Iya gue juga gak sabar, pasti seru deh!"
Tuhkan udah aku duga, pasti ada lomba makanya jam latihanya di tambah.
Tapi kok dengerin mereka ngomongin basket berasa seru banget, aku belum pernah ikutan lomba-lombaan yang tentang olah raga, aku jadi pengen, apa aku coba ikut eskul olahraga ya, tapi apa? Basket mungkin?.
***
Aku siap, yang daftar basket dari anak kelas 2 bukan aku aja kok, untung aku gak sendiri. Habis jam pulang sekolah aku langsung pergi ke ruangan pelatih basketnya dan berakhir ngisi kertas, biasalah cuma biodata dan sekalian beli baju latihan mumpung aku bawa duit simpenan.
Habis itu? Ya aku pulanglah, eskul basket itu jadwalnya tiap hari sabtu habis pulang sekolah, sekarang masih hari rabu. Jujur aku gugup banget kalo ngomong sama orang, sama Pak pelatih aja aku gugup, apalagi nanti pas mulai latihan eskulnya disuruh perkenalkan diri di depan semua anak basket, bisa pingsan aku.
Tenang La, kamu harus bisa berani, kali-kali coba jadi anak sekolah yang normal dan punya banyak temen!.
Tapi aku kayaknya lebih suka sendiri aja, lebih nyaman sendiri sih dari pada grogi sama orang, itu bisa hindarin aku dari masalah-masalah remaja yang gak penting dan habisin waktu dan pikiran.
Tapi juga aku mau coba gimana rasanya punya banyak temen dan ikut kelompok-kelompok gitu, organisasi di Sekolah kan udah terjamin aman Nolaaa, aku gak bakal terjerumus salah pergaulan kalo ada guru yang ngejaga.
Pliisss ya Nola, kalo nanti temen baru aku itu kayak Fifi gimana? Iya juga sih, aku gak berpengalaman soal ngebedain mana temen yang bener-bener temen sama yang cuma di depan doang status 'temennya' itu.
"Argghh!!!"
"Benci banget aku! Iya tau aku lagi pubertas, tapi jangan gila juga labilnya sampe ngelawan diri sendiri! Kapan masa pubertas ini berakhir?! Udahlah mending aku sholat trus tiduran di kasur"
"Hemm... Baru juga marah-marah, tapi aku udah gak marah lagi, ada baiknya juga ini masa pubertas ngerubah mood dadakan kayak tahu bulat. Udah dong mikirnya Nola, nanti pikiran baiknya keburu hilang!"
Aku langsung cepat mengambil wudhu dan beribadah, juga do'a jangan lupa biar aku gak gampang marah dan untuk kesehatan Mamah dan Bapak juga khusus istimewa do'a nya.
Walau kadang gak semua orang bisa pahamin kita, tapi Tuhan sangat bisa memahami apa yang kita maksud dan inginkan, jangan berharap banyak ke orang-orang yang bahkan tak bisa kasih apa yang kita harapkan, ingat derajat manusia itu sama.
~Kamu tau tidak, jika masa pubertas itu masa dimana kita diuji melatih diri dan fikiran yang saling bertolak belakang untuk menjadi dewasa seutuhnya~
-Ca-
YOU ARE READING
Jessica method
General FictionOrang bilang kita harus bisa berimajinasi setinggi mungkin. Aku mulai berimajinasi tentang visual pacar idamanku, wajahnya yang tampan juga penyayang. Namun rasa tak puasku dengan imajinasi itu membuat diriku mulai mencari seseorang yang mirip deng...