Dodi Jamaludin namanya, bocah calon maba yang masih sibuk nyari kosan buat rumah sementaranya kuliah di Jogja. Dodi orang Jakarta, cuman daftar di kampus daerah Jogja. Katanya sih pengen belajar idup mandiri, gak ngerepotin orang tua.
Tapi nyatanya sekarang dodi udah lemah, letih nan lesu. Daritadi dia nyari kosan trejo, tapi gak nemu-nemu kosnya yang mana. Alhasil dia duduk di trotoar jalan sambil selonjoran bentar.
"Kalo gini caranya, ya capek dijalan." keluhnya kesekian kali di siang yang terik ini.
Dodi ngacak rambutnya frustasi, mana sekarang udah mau magrib lagi. Takutnya itu cuma kost boongan alias gaib. Yodahlah akhirnya dia mampir ke akang bakso yang berenti di pinggir jalan, itung-itung ngisi tenaga buat cari tu kosan lagi.
"Bang, tau kosan trejo gak?"
Si akang yang lagi maen hp seketika noleh. "Bego?"
"Trejo." koreksi Dodi kalem.
Perasaan Dodi mulai gaenak, tapi tetep maksain senyum bahagia.
"Maksutnya apa ngatain saya bego?!"
"Astagfirullah, trejo!"
Brak
Dodi speechless+takut, tapi nanggung baksonya masih 2 biji. Mana enak lagi. "Astagfirullah, istighfar bang."
Tapi si akang gak peduli, malah tambah ngedeket ke Dodi yang udah gemetaran megangin mangkok baksonya. Muka akangnya serem banget, kek mau makan orang.
"Anak jaman sekarang emang gatau sopan santun!"
"Pak beli.."
"Tumbas.."
(Beli...)"Loh kok saya?"
"Beleee..."
Doyoung mo nangis aja, ini si akang dah pasang kuda-kuda mau nyerang dia. "Sini lo maju!"
Brak
"PAK! CONGE APA YA?! DAGANG BAKSO RIBUT MULU, GUE MAU BELI INI. JUALAN KAGA LO?!"
Spontan Ajun noleh ke Jihan pake komuk kagetnya. Kaget, si Jihan temennya dari orok baru aja ngegebrak gerobak bakso akangnya. Emang cuma Jihan doang yang nyawanya 9.
Mana kang baksonya langsung noleh lagi. Ajun tuh takut.
Takut Jihan kesurupan kocheng oyen.
"APA? RIBUT?"
"Lah kok ngamok? dipanggilin gak nyaut sih, kek orang congean."
Ajun melototin Jihan "Ji, jangan. Hehe.. pak, kita tuh mau beli bakso loh. Iyakan ji?"
Si akang nyipitin matanya ngeliatin Jihoon sensi. Pokonya gak bakal dia jualin kalo tuh bocah belagu belom ngeiyain.
"12 porsi. puas lo?"
"Oh... bilang dong."
Jihoon cuma nyenye doang liat akangnya yang sekarang lagi cengar-cengir. Iyalah, belinya banyak. Gak ramah bintang 1.
Dan bimsalabim, bukan sulap bukan sihir si akang baksonya jadi freindly parah. Mana ngomongnya sambil nyengir lagi.
"Lagi acara apa sih? kok tumben beli banyak." tanyanya basa basi dan langsung dijawab oleh Ajun galupa pake senyum pepsodentnya.
"Gapapa pak, tanggal muda."
"Ooo..."
"Lagian ngapain sih pak? dah uzur juga segala maen taekwondo."
Kang baksonya langsung ngelirik Dodi sinis. "Itu bocah, ngatain saya bego." tunjuknya pake dagu.
"Hah?" Ajun nutup mulutnya, ngeliatin Doyoung pake komuk gak percayanya. Masa iya tampang sepolos itu, berani ngatain orang tua? wah emang bocah jaman sekarang gaada yang tau sopan santun.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kosan Babeh Yanto | Treasure ft Ha Yoonbin
FanficTampak depan meyakinkan, tampak dalem ei laa illa hailallah.- Dodi 2k22 warn🔻 ∆ harsh word ∆ bxb