Allah SWT memberikan kemuliaan yang diberikan kepada Adam sesudah Dia menyuruh malaikat untuk bersujud kepada Adam. Lalu Allah memerintahkan Adam untuk tinggal di surga, makan dan minum sepuasnya. Abu Dzar Ra bertanya, apakah Adam itu seorang Nabi?” Nabi Saw menjawab, ya, dia seorang Nabi dan Rasul yang berbicara langsung dengan Allah, yaitu ketika Allah berfirman (tinggallah kamu dan istrimu di dalam surga)”
Adam As sudah lebih dulu tinggal di dalam surga, lalu Hawa diciptakan sebagai seorang perempuan pertama untuk menemaninya sesuai perintah Allah SWT, pada suatu masa, iblis berhasil menggoda mereka. Lalu turunlah perintah Allah untuk mengeluarkan Adam dan Hawa untuk keluar dari surga karena melanggar perintah-Nya.
Ibnu Masud dan para sahabat berkata, iblis diusir dari surga, sedangkan Adam ditempatkan di surga, Adam pun berjalan-jalan kesepian di surga, tiba-tiba dia tertidur. Ketika terbangun, Hawa telah berada disampingnya untuk tinggal bersamanya. Lalu Hawa disapa oleh Adam, siapakah engkau?” Hawa menjawab, saya seorang wanita kemudian ditanya lagi untuk apa engkau diciptakan?” Hawa menjawab, untuk tinggal bersamamu di surga”. Malaikat ingin mengetahui ilmu Adam seraya berkata, siapa namanya wahai Adam? Adam menjawab Hawa kemudian ditanya lagi, kenapa Hawa? Adam menjawab lagi, karena dia diciptakan dari benda hidup”.
Manusia dapat meraih kedudukan sebagai malaikat dengan cara menepati janjinya kepada Allah, mengendalikan kehendaknya, tidak tunduk pada syahwatnya, dan mampu mengatasi godaan setan. Terjerumus kedalam kesesatan akan mencelakakan dan menjatuhkan martabat manusia kepada kehinaan melebihi kehinaan binatang. Kisah ini mengingatkan kepada manusia agar selalu waspada diberbagai kesempatan karena setan akan terus mengganggu anak cucu Adam sampai hari kiamat, sesuai janjinya kepada Allah SWT
(Ibnu Katsir, Tafsir AlQuranil Azim, Jilid 1, 1996:82-83).
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Wanita
SpiritualTentang Wanita Sebagai wanita terutama bagi wanita muslimah akhir zaman para perempuan harus paham bagaimana cara menyikapi dan apa sajakah yang sepantasnya kita perbuat di era globalisasi saat ini yang semakin menggila. Para wanita harus terus meng...