Prolog

18 9 3
                                    

"Ramadhan tiba~"

"Ramadhan tiba~"

"Ramadhan tiba~"

"Hahh gak kerasa besok udah Ramadhan lagi,"

keluhan itu mengalihkan atensi Shalla yang tengah menonton iklan Ramadhan di televisi beralih pada Mamahnya.

Shalla menatap Mamah nya heran. "Ya alhamdulillah dong Mah," celetuknya seraya mencomot gorengan yang baru saja di hidangkan Mamahnya ke atas meja.

Decakan dari Mamahnya terdengar membalas ucapan Shalla.

Loh apa yang salah?

"Iya alhamdulillah kita masih di beri kesempatan untuk menjalani puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Tapi, Ya Allah Gustiii..! kirain Ramadhan kali ini udah bakal punya mantu! Eh taunya, jangan kan mantu, calon nya aja belum terlihat. Malah udah keduluan lagi sama hilal Ramadhan!"

Shalla mengusap telinganya yang terasa berdengung mendengar pidato membahana yang tidak pernah absen di ucapkan Mamah nya setiap Ramadhan datang dari tiga tahun yang lalu.

Kadang ia suka heran sendiri. Heran aja gitu sama Mamah nya yang kalo tiap Ramadhan datang ke-ngebetan nya pengen punya mantu itu bertambah berkali-kali lipat dari bulan-bulan lainnya.

Emangnya kalo Ramadhan udah punya mantu tuh mau di apain sih?

Heran deh.

"Mau gimana lagi Mah. Hilal jodoh belum terlihat. Calon nya belum ketemu." Jawabnya yang langsung di balas delikan setajam silet. Salah lagi.

"Gimana mau ketemu, kamu nya juga jarang keluar! Ngedekem terus di kamar! Soksoan bikin Novel yang judul nya husband-husband! Padahal mah jomblo lumutan!"

Jleb banget!

Berasa di tembak induk panah tepat di jantung.

Emak-emak kalo ngomong cabe nya berapa kilo sih? Pedes amat.

Lagian ya, dikira nyari jodoh itu semudah makan kerupuk apa!Kalo udah ada jodoh nya dia juga pasti kawin kok.

Eh, nikah maksudnya.

"Kalo udah waktunya, ya pasti datang sendiri Mah. Lagian kenapa sih Mamah tuh ngebet banget pengen punya mantu?" Gerutunya yang lagi-lagi di balas delikan Mamahnya.

"Gimana Mamah gak ngebet kalo anak gadis nya ini udah jadi perbincangan tetangga. Umur kamu itu udah dua puluh tiga tahun loh La, harusnya sekarang tuh Mamah udah gendong cucu!"

Perbincangan tetangga.

Itu sudah biasa bagi Shalla. Memiliki wajah yang bisa di kategorikan babby face ternyata tidak bisa membebaskan nya dari ocehan para makhluk bernama 'tetangga'. Sebenarnya tetangga nya itu pada baik semua kok. Tapi ya gitu. Ia terbiasa di kenal dengan. Si Shalla anak nya Haji Arifin yang belum nikah di umurnya yang kini menginjak dua puluh tiga tahun.

Shalla menghela nafas lesu.

Emang nya kenapa sih kalo umur segini belum nikah. Padahal kan mereka tau jodoh itu di tangan Allah, tapi kenapa sih orang-orang selalu banyak omong.

Kenapa belum nikah lah.
Kapan nikah lah.

Lah mana ia tahu.

Kan mereka tau sendiri jodoh itu sudah di atur oleh Allah. Jadi saat kini ia belum nikah, jangan tanya kenapa lah. Itu kan udah di atur dari sana nya sama gusti Allah.

"Mamah tau jodoh itu udah di atur sama Gusti Allah," kata Mamah nya seakan bisa membaca pikiran Shalla. "Tapi kamu nya juga usaha dong La. Coba kamu cobain dulu kenalan sama beberapa anak temennya Mamah. Siapa tau kan ada yang nyantol. "

Kernyitan tampak timbul di dahi mulus Shalla. "Ya kan mereka nya belum tentu mau sama Shalla mah."

"Lah kan nama nya juga nyoba dulu La. Lagian ya, anak Mamah cantik gini, pasti pada mau lah. Sebenernya banyak loh La, anak nya temen Mamah yang bilang tertarik sama kamu. Tapi kamu nya itu loh, Susaahh.. banget mau di deketin. Terlalu sibuk nge-halu kamu tuh!"

Dan ya, Shalla itu memang seorang penulis. Walau bukan penulis terkenal tapi ada beberapa Novel nya yang sudah menjadi best seller.

Helaan nafas lesu kembali terdengar dari Shalla.

Shalla tau ia tak akan pernah menang kalo berdebat tentang masalah ini dengan mamah nya. Ia yakin kalo di teruskan perdebatan ini mungkin akan sampai pada Ramadhan tahun depan.

"Iya Mah, iya. Doain aja semoga Ramadhan kali ini membawa jodoh untuk anak gadis mamah ini."

Yah, siapa yang tau kalau ucapan nyeleneh nya itu malah terkabul.


Tbc.

Jodoh Ketemu RamadhanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang