Perbedaan kata depan dan imbuhan

66 5 0
                                    

Udah tau perbedaan kata depan dan imbuhan?

Buat penulis pemula, kadang masih nggak bisa bedain yang mana kata depan yang mana kata imbuhan.

Ini yang sering bikin salah paham dan malah bikin bingung pembaca.

Kalau aku nyebutnya bahasa chatting.

Banyak orang kalo di chat atau media sosial ngetiknya disingkat, digabung-gabung, atau malah dipisah-pisah.

Contoh:

"tugas nya di kerjain di rumah."

Padahal seharusnya:

"Tugasnya dikerjain di rumah."

Menurut PUEBI yang dimaksud dengan kata depan atau preposisi adalah kata yang selalu ada di depan kata benda, kata sifat, atau kata kerja.

Kata depan menunjukan berbagai hubungan makna antar kata sebelum dan sesudah preposisi. Fungsi kata depan adalah untuk menyatakan tempat berada, arah asal, arah tujuan, pelaku, alat, perbandingan, hasil atau masalah, akibat, dan tujuan.

Imbuhan dalam bahasa Indonesia adalah bunyi yang ditambahkan di awal, di tengah, atau di akhir sebuah kata, atau gabungan di antara tiga imbuhan itu, untuk membentuk kata baru yang artinya berhubungan dengan kata yang pertama.

Terdapat beberapa jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan gabungan. Fungsi imbuhan adalah untuk membentuk kata benda, membentuk kata kerja, membentuk kata sifat, membentuk kata bilangan, dan membentuk kata keterangan.

Bingung nggak sama penjelasannya?

Materi Kepenulisan Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang