Catatan: Yang udah baca duluan versi pdf dan baca lagi di sini, feel free to comment but without spoiler ya. Jangan lupa vote or leave some comment. DO NOT BE THE SILENT READER. Thank you.
Anak laki-laki berusia 5 tahun itu meringkuk dipojok ruangan. Sebuah kaki pria dewasa menendangnya berulang kali. Tidak berhenti sampai tubuh anak itu memar. Atau sampai bibirnya bengkak dan berdarah.
Ibu anak laki-laki itu, melindungi dengan memeluknya. Tendangan tadi pun akhirnya berpindah padanya.
"Kau tahu kenapa ibumu tidak berguna?" pria itu bertanya setelah berhenti menendang mereka.
Anak laki-laki itu menangis sambil mendongak pada pria yang berdiri dihadapannya. Pria yang dia panggil ayah sejak pertama kali bisa berbicara.
Pria itu menarik kerah bajunya hingga membuat anak laki-laki itu terangkat. Lalu dia menjawab pertanyaannya sendiri, "Karena dia melahirkanmu! Dia tidak berguna karena melahirkan beban sepertimu!" dan dia melempar anak laki-laki itu kembali ke lantai.
Anak laki-laki itu terkadang mendapat perlakukan buruk dari teman-temannya di sekolah. Karena dia pendiam dan dianggap aneh. Sering berangkat ke sekolah dengan beberapa luka. Entah siapa juga yang memulai, ibu dari anak laki-laki itu mulai disebut-sebut juga. Bahwa ibunya pasti wanita yang buruk, karena itu dia melahirkan anak laki-laki yang sama buruknya.
Namun, saat anak laki-laki itu sudah berusia 10 tahun. Dia tidak pernah diperlakukan seperti itu lagi. Karena mereka menganggapnya anak yang buruk, dia akhirnya harus memakai ejekan itu untuk melindungi dirinya sendiri. Melindungi ibunya. Anak laki-laki itu membalas siapa pun yang mulai membuat masalah dengannya. Dia akhirnya harus beberapa kali dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. Karena dia masih di bawah umur, jadi polisi selalu membebaskannya. Keributan apa pun yang dia buat, dianggap sebagai perkelahian anak-anak remaja pada umumnya.
Di usia itu juga, dia sudah tidak pernah menangis lagi meski ditendang dan ditinju berkali-kali oleh pria yang dia panggil ayah. Dia sudah terbiasa. Perasaannya mati. Dia hanya menerima semua pukulan demi pukulan dan bertahan. Anak laki-laki itu sudah tidak lagi melihatnya sebagai ayah. Tetapi monster yang mengambil wujud seorang ayah.
Kemudian dia mulai berani bertanya lagi pada ibunya. Kenapa mereka harus tinggal bersama monster. Kenapa mereka tidak pergi saja. Kenapa ibunya mencintai seorang monster. Kenapa ibunya tidak meninggalkan monster itu demi dirinya. Berapa lama lagi mereka harus tinggal dengan monster itu.
Jawaban ibunya tidak pernah berubah sejak anak-laki itu mempertanyakan hal tersebut pertama kali di usianya yang masih 5 tahun.
"Dia satu-satunya yang mau menerima ibu. Memberikan tempat tinggal. Memberikan kehidupan yang layak. Dia hanya sedikit berubah karena ibu belum memberinya anak perempuan. Tetapi dia akan berubah, ibu yakin. Dia akan kembali menjadi dirinya yang dulu."
KAMU SEDANG MEMBACA
Begin Again [COMPLETED]
FanfictionXiao Zhan harus kehilangan Wang Yibo hanya satu hari sebelum upacara pernikahan mereka. Di tengah rasa putus asa yang membuatnya ingin mati. Xiao Zhan tiba-tiba-tiba terbangun di sebuah tempat yang tidak asing. Sebuah tempat di mana dia dan Wang Yib...