4

2 1 0
                                    

Sore ini Bapak udah di rumah ya ges ya, tadi Bapak pulang bawa banyak ikan terus di jual ke toke ikannya sebagian lagi ada di kulkas mau di masak sama Ibuk buat nanti malam. Aku lagi duduk duduk manja sama Lawan di teras sambil sesekali gangguin cewek cewek yang kebetulan lewat. Hahahah....ganjen banget ya aku? Biarlah kan aku normal kalau diem aja pas ada cewek lewat itu baru namanya gak normal. Gak lah canda, aku cuma main main doang lagian yang lewat juga bocah bocah SMP aku gak selera, embatan Pamung itu mah.

"Wan, sarung abang yang tadi zuhur kamu pake, mana?" Tanya Pamung yang sudah terlihat rapi dengan setelan koko berwarna coklat muda.

"Kamu nanya? Kamu bertanya tanya? Kamu nanya sarung kamu dimana" Jawab Lawan dengan wajah tengilnya sambil menirukan nada bicara Dylan Cepmek.

"Anjir"desis Pamung lalu kembali masuk ke rumah.

"Bang Anglim belum pulang, Ndar" Tanya Ibuk sambil menjinjing bakul berisi sayur yang baru di petik nya dari samping rumah kami.

"Tadi nganter Surya dulu Buk makanya lama pulang nya"

"Kalian kok masih disini, masuk udah Maghrib! Bukannya siap siap mau sholat malah masih duduk duduk disini. Mau Ibuk libas?" Amuk Ibuk dengan wajah melotot. Gak serem sih, malah kayak nengok anak anjing eh astaghfirullah maksudnya kucing. Soalnya mata Ibuk itu besar guys gak sipit.

"Lawan udah mandi, Bang Andar yang belum"

"BUUUUUUK LIHAT SARUNG PAMUNG NGGAAAAK" teriak Pamung dari dalam rumah. Geble banget sih dek, tinggal ambil yang baru di lemari apa susah nya sih. Ih lama lama gemes deh punya adek  kayak Pamung.

"Itu loh bang di tempet tidur, tadi di taruh Lawan di atas bantal. Di cari dulu kenapa sih, ngapain juga teriak teriak udah tau maghrib hiiih" Ibuk ngedumel manja sambil beranjak masuk.

Aku dan Lawan pun menyusul masuk, gak enak juga guys maghrib maghrib di luar, banyak nyamuk. Aku melirik sekilas ke arah kamar Pamung, dia lagi pakai sarung ges tapi muka nya kayak sebel gitu. Hihihi.....eh kalian tau nggak, di antara kami berempat Pamung itu paling sensian lho. Parah sih dia, kalau udah bad mood kayak cewek sumpah.

"Udah dapet sarung nya dek ku?" Tanya ku dengan nada tengil. Enak lho guys gangguin dia.

"Udah!" Sentak nya dengan wajah semakin di tekuk. Ya Allah....gak kuat malah pingin makin di ganggu.

"Dapet di mana"

" Atas bantal. Gila adek mu bang, sarung sholat di taruh di atas bantal. Dikira sarung tidur apa" semburnya lagi tapi kali ini dengan menatap tajam ke arah Lawan yang sedang berdiri bak manekin di daun pintu.

"Udah, ayok ke surau kamu mau Adzan juga kan"

"Huh....ayolah" ucap Pamung sambil menyambar sajadah di samping meja belajar. Aku dan Lawan pun menyusul di belakang.

"Hooooo.....adzan baru pulang" ucap ku dengan sedikit keras, niat nya sih mau nyindir Bang Anglim. Dia pulang pas azan guys, untung lagi gak ada Bapak, kalau ada Bapak pasti kena sembur Bapak.

"Si Surya tadi minta temenin ke rumah cewek nya, makanya lama" jawab Bang Anglim.

" Alasan teroooooos" teriak Pamung sambil melangkah keluar rumah. Eits...tunggu, kok Lawan sama Pamung udah rangkul rangkulan? Sudah baikan  kah?

🏝️🏝️🏝️

Setelah selesai mengajar mengaji aku sama yang lain pun keluar dari surau, enak guys kalau audah sholat rasanya kayak gak ada beban gitu. Eh guys aku bener bener minta doa kalian ya, dari kemaren sampai hari ini aku sama sekali gak lihat Lintang. Padahal kan aku sekalian mau minta maaf gara gara kemarin jadiin nenek nya bahan becandaan. Tenang guys, Lintang gak bakal marah, lah dia aja sering kok jadiin nenek nya bahan candaan. Santai santai... Lintang nggak baperan kok.

"Bang nanti bantuin Lawan buat karangan ya"

"Kok abang, sama Bang Andar aja sana" tolak Pamung mentah mentah.

"Kata Bang Andar abang jago ngarang"

"Nggak Wan, si Andar mana bisa ngarang. Bisa sih, ngarang cerita pas masuk BK tapi" celetuk Bang Anglim sambil terkekeh melirikku. Anjir kamu bang, iya aku tahu adek mu ini emang sering masuk BK. Jangan marah dong guys, kalau nggak ngarang bebas bisa menumpuk masalahku di BK.

"Nggak, abang gak bisa. Kamu minta tolong yang lain lah! Yang punya tugas siapa, yang repot siapa. Huh...bikin sibuk aja" sembur Pamung.

" Emang kamu bisa ngarang, Mung?" Tanya Bang Anglim dengan raut menyerngit bingung.

"Nggak"

"Bisa! Kamu sering bikin karangan ya, Mung. Jangan kira abang nggak tahu, kamu sering nulis karangan kan di buku. Bukunya big boss warna merah" sanggah ku cepat. Omaygot guys, aku di berengin Pamung. Serem.

"Tau dari mana" tanyanya dengan wajah datar. Roman romannya mulai nggak enak guys.

"Nah bang, itu kata bang Andar abang sering ngarang. Ayolah bantuin" potong Lawan dengan wajah memelas.

"Bantuin dong Mung, nggak kasihan kamu sama Lawan? Dia nya udah mohon mohon gitu" nasihat Bang Anglim. Setelah itu Pamung yang mulai sensi pun berjalan mendahului kami. Ya Allah pengen di sabet pantat nya pake sarung.

"Bantuin dong bang"

"Ck, buat sendiri kenapa sih, males banget mikir"

"Bantuin aja apa susahnya sih"

"Karangannya tentang apa emang nya?"

"Lingkungan"

"Duit jajan mu setengah nanti kasi abang ya, ntar abang bantuin"

Nah loh, kan ketauan belang nya lu bocah berak. Dari tadi tuh aku udah pasang kuping baik baik, aku udah feeling pasti si Pamung mau melancarkan aksi pemerasannya. Hahahahah....kamu belum pro dek, sok sok ngejauh, dikira aku nggak tahu apa kamu mau ngapain. Aku menyikut lengan Bang Anglim sambil memberi kode agar dia memperhatikan Pamung dan Lawan. Sejenak Bang Anglim memperhatikan mereka lekat lekat tak lama dia tersenyum sambil menggeleng lalu menatap ke arah ku. Aku pun sama tersenyum sambil mengangguk membalas senyum Bang Anglim. Eh kita senyum senyum bukan karena gila ya guys, kita lagi wisata masa lalu sambil mengingat kenangan waktu si Pamung kita peras juga duit jajannya.

Melarang Pamung juga agak segan guys. Kenapa? Iyalah segan, kalian pikir dia dapet ilmu meras duit jajan ini dari mana kalau nggak dari aku sama Bang Anglim juga. Sebenarnya pemerasan duit jajan ini bukan sepenuhnya salah pamung lho guys, jadi dulu tuh ya aku sama Bang Anglim sering minta uang jajan Pamung kalau Pamung minta ajarin tugas dan bego nya si Pamung malah ngasih. Until one day, Pamung udah tobat guys, gak minta ajarin lagi. Iyalah tobat, uang jajan dia aja waktu SD cuma tiga ribu, terus di bagi dua buat aku sama Bang Anglim dan karena kita kakak yang budiman uang jajan dia kita ambil dua ribu akhirnya dia cuma jajan seribu deh. Hihihi....jadi wajar aja lah kalau dia meras uang Lawan juga, malah lebih parah loh Pamung soalnya uang jajan dia di bagi dua kalau Lawan kan cuma di ambil Pamung doang.

Oh iya aku belum kasi tahu aku kelas berapa kan? Aku ini udah tua, udah kelas dua belas. Aku ambil kelas apa? Hm...berhubung aku pintar aku ambil kelas IPS. Ih kok tanyain Pamung sama Lawan sih, iya aku tahu kalian suka nya yang muda muda kayak mereka. Pamung itu masih SMP ya ges ya, masih kelas sembilan kalau Lawan dia lebih bocil lagi, dia masih kelas enam SD. Eitss....jangan salah, kelas boleh rendah tapi badan mana boleh rendahan. Asal kalian tahu ya, biar cuma makan ikan asin sama nasi, gini gini aku sama saudaraku bukan cuma ganteng tapi juga pintar dan tinggi tinggi lho ya. Gak percaya? Nih aku kasi tahu, aku aja tinggi nya 175cm, Bang Anglim lebih tinggi lagi, tingginya 178cm, kalau Pamung aku gak tahu persis tinggi nya berapa tapi kalau pamung berdiri di sebelah ku, tinggi dia seleher aku, si Lawan mah pendek cuma sekuping Pamung hahah...pendek gak tuh.

Eh tapi biar masih bocil Lawan itu udah bisa bawa motor lho, jadi guys disini itu anak kelas lima SD pun udah ada yang bisa bawa motor, anak SMP udah pada ngerokok. Aku pernah sesekali lihat Pamung nyebat tapi ya sudahlah memang masa nya dia begitu. Jangan heran, anak SMA nyabu aja ada lho disini. Rusak? Iya rusak kayak hati kamu rusak di porak porandain doi.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 11 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Tulisan tinta pangandaranTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang