Mayu Ikeda

14 1 0
                                    

Kali ini saya akan membahas tentang Mayu Ikeda, gadis berusia sepuluh tahun yang meninggal dalam kebakaran karena ulahnya sendiri, bahkan ketika diingatkan oleh adiknya yang tengah sakit agar tidak meletakkan syal di atas teko, ia justru abai dan memilih bersembunyi di dalam almari, berharap sang ibu akan mencarinya. Ia berpikir sang ibu pilih kasih dan hanya fokus kepada adiknya saja. Ringkasnya dia telah menjadi hantu/spirit yang belum bisa melanjutkan perjalanannya di alam setelah kematian, terbelenggu oleh dendam dan saya melihatnya dia menginginkan membawa sang adik menuju kematian.

Seperti bab sebelumnya, saya ingin membahas ini setelah diskusi beberapa waktu lalu dengan @Anna-Winter, mungkin karena kita berdua bisa dibilang orang yang cukup realistis jadi obrolan kecil dan sepele (jarang diperhatikan oleh orang lain) akan terbatas oleh kita. Maka saya mulai mempertanyakan bagaimana seorang Miko bisa melihat hantu/spirit di dalam Inuyasha universe?

Dari situ saya mulai mencari tentang Miko secara umum pun yang ada di dalam Inuyasha universe (Wiki fandom), dalam Wiki fandom ketika saya mencari tahu soal hantu/spirit dikatakan bahwa mereka bisa dilihat oleh Miko atau pendeta. Menuliskan ulang dari laman tersebut, berikut penjabaran singkatnya.

Pendeta: Pendeta Shinto seringkali adalah penjaga kuil dan mungkin memiliki kekuatan spiritual yang sama atau lebih besar seperti yang dimiliki Miko. Banyak Miko tampaknya berada di bawah pengawasan Pendeta Shinto. Sulit untuk memastikan kekuatan Pendeta Shintō di Inuyasha, karena banyak yang belum terlihat, tapi salah satunya di era modern adalah Kakek Higurashi.

Miko: Miko, atau pendeta perempuan, adalah gadis kuil yang membimbing orang dengan kekuatan spiritual mereka dan membantu Pendeta Shinto dalam tugas mereka. 

Seorang Miko/Pendeta memiliki kekuatan seperti,  pemurnian, sutra (kertas berisikan mantra yang sering digunakan oleh Miroki),  penghalang spiritual, shikigami, penyegelan, pertarungan bersenjata, penyembuhan spiritual, daya tahan terhadap miasma, sihir kutukan, kewaspadaan spiritual (mirip dengan sixth sense), penciptaan dan pemberdayaan objek mistik. Tidak ada pembahasan yang menyinggung bagaimana mereka menangani hantu/spirit. Dalam kasus pemurnian hanya bisa digunakan pada siluman.

Dari situ saya mulai mencari tahu apakah seorang Miko bisa melihat hantu/spirit di google dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Miko bisa melihat mereka dengan adanya medium. Lantas saya bertanya-tanya dalam chapter yang membahas Mayu Ikeda, Kagoke bisa melihat langsung spirit gadis itu tanpa medium dan seperti yang kita ketahui bahwa Kagome bersama rombongan lebih fokus terhadap siluman, sedangkan Mayu bukanlah siluman, beda dengan tatarimokke yang mendalanginya. Saya berpikir bahwa tugas Kagome yang memberantas siluman itu seharusnya dia hanya melihat tatarimokke, tidak dengan Mayu yang bisa menampilkan spiritnya tanpa adanya medium. Untuk sesaat saya menganggap ini salah satu plot hole dalam Inuyasha.


Bagaimana pendapat kalian perihal ini?

remonstrate.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang