01. tentang keluarga Raja

17 3 0
                                    

"kita itu keluarga berencana apa keluarga bencana sih bang?"

"Keluarga bencana, soalnya tiap ada hajatan kedatengan kita hajatannya bangkrut."

⟨♤•♤⟩

Kalau di tanya pilih musim panas atau pilih musim hujan, pasti Raja akan memilih musim panas. Karena di musim panas ia bisa bermain di luar rumah sepuasnya dengan Arka, bahkan bunda pernah sampai marah-marah karena Raja dan Arka belum pulang padahal sudah mau Maghrib. Memang pada dasarnya Raja Adikta Mahendra itu orangnya tidak suka dengan air, hari Minggu saja ia hanya mandi satu kali dan itupun waktu sore hari. Bunda saja sampai terheran-heran dengan anak bujang-nya yang satu ini.

Raja itu sembilan bersaudara, katanya Abah itu penganut sistem banyak anak banyak rejeki. Jadi tidak heran lagi kenapa raja itu mempunyai banyak saudara, Raja itu aneh dan prik tapi saudaranya juga tak kalah aneh dengan Raja yang jarang mandi. Bahkan diantaranya ada yang selalu gagal dalam percintaan, dan ya... mari kita berkenalan dengan saudara Raja yang mungkin akan membuat kalian tertawa mendengar kisahnya.

Abang Raja namanya Aditama Dwi Mahendra, biasanya di panggil Tama sama orang-orang. Bang Tama itu anak sulung dari Abah Hermanto dan bunda Tia, tapi banyak orang mengira bang Tama itu anak bungsu bukan anak sulung karena bang tama itu kecil sendiri diantara saudaranya yang lain. Tapi walaupun kecil-kecil begitu bang Tama bisa menjadi sandaran para adik-adiknya, bang Tama itu pundaknya kuat seperti Abah bahkan senyumnya saja sama seperti Abah, sama-sama teduh. Senyum Abah itu salah satu alasan mengapa bunda lebih memilih Abah ketimbang pria lain, bahkan sikap Abah yang halus dan lembut itu juga nurun ke bang tama. Walaupun proporsi tubuh bang Tama itu paling bantet sendiri di antara saudaranya yang lain, tapi tak apa bang Tama kan lucu kalau bantet.

Anak kedua Abah sama bunda itu bang Julio Wira Mahendra, nama panggilannya bang jul. Bang Jul itu walaupun badannya kekar, tapi hatinya hello Kitty. Bang Jul sayang sekali dengan keluarganya, bahkan apa pun bakal ia lakukan selama itu untuk kebahagiaan keluarganya, hal yang sederhana tapi sangat bermakna bagi keluarganya. Terutama bagi para adik-adiknya, bang Jul itu partner gelud-nya Raja kalau sudah menyangkut tentang arka. Bahkan tentang hal kecil saja bisa menjadi bahan untuk ribut, bunda saja sampai heran dengan Raja dan bang Jul yang hampir setiap hari ribut, apa-apa selalu di ributkan. Tapi slogan Raja dan bang Jul itu tetap sama yaitu, "apapun yang terjadi kita selalu ribut, kalau gak ribut pasti ada apa-apanya." Kalau sudah seperti itu bunda bisa apa? Bahkan Abah saja hanya senyum-senyum sambil menggelengkan kepala melihat kelakuan Raja dan bang Jul. Oh iya, kebiasaan bang Jul itu suka sekali memakai celana yang ada gambar hello Kitty-nya, katanya unyu gitu bahkan kolor-nya saja ada yang bergambar hello Kitty.

Geser sedikit, kita akan berkenalan dengan mas Theo Arkata Mahendra, tapi adik-adiknya yang kurang akhlak selalu memanggil mas Theo dengan nama Tatang. Katanya nama Theo terlalu bagus untuk modelan begajul seperti mas Theo, awalnya ia menolak tapi lama kelamaan mas Theo nyaman juga di panggil mas Tatang sama orang-orang ketimbang nama Theo, mas Tatang ini anak ketiga dari Abah dan bunda. Kalau sudah bersama Raja, mas Tatang akan berevolusi menjadi tom and Jerry, kesana-kemari berlari-lari. Melihat itu saja Arka sudah encok dibuatnya, tapi kata mas Tatang tom and Jerry itu love language-nya dengan Raja. Mas Tatang itu orangnya manis, apa-apa selalu orang lain yang terlebih dahulu lalu ia bisa di belakang, katanya tak apa di belakang asal semua yang ia sayang sudah ada di depannya. Mas Tatang itu punya gebetan dari fakultas sebelah, setiap hari mas Tatang gak pernah bolos absen buat ngapelin si gebetan yang sebentar lagi merangkap menjadi ayang.

Anak keempat Abah dan bunda itu bang Yaleano Ebrillio Mahendra, panggil saja bang yalen. Bang Yalen ini sering di juluki playboy kelas kakap, padahal kenyataannya bang Yalen itu orangnya setia. Bang Yalen itu tampilannya bad boy tapi kalau sudah kenal jauh dengan bang Yalen, pasti akan menemukan sisi imut dan lucu dari bang Yalen. Hampir semua saudara Raja itu sedikit takut dengan bang Yalen, pasalnya wajah bang Yalen itu sedikit ada unsur garang dan menakutkan, bahkan bang Yalen pernah membuat tetangga bunda bergidik ngeri melihat bang Yalen. Tapi wajah bang Yalen yang menakutkan itu tak berlaku bagi bang Jul dan Arka, malahan bang Yalen itu takut dengan bang Jul ketimbang setan. Di balik wajah bang Yalen yang galak terlihat bang Yalen yang lemah lembut, baik dan ramah. Bang Yalen itu partner ngopi dan nyantuy Abah di teras setiap pagi dan sore, karena bang Yalen itu jarang ada kerjaan jadi bang Yalen berinisiatif menjadi partner ngopi Abah.

ANUMERTA || DoyoungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang