03 - Mau jadi apa?

102 12 0
                                    

Disuatu pagi yang cerah, di grup 'Acumalaka' berisi Jun, Upi, dan Amu.

UPIL
Pulang sekolah ngebakso, yuk.

JUNCOK
Ayok, baru gajian nih.

ME
Asik tuh, Jajanin dong.

JUNCOK
G.

.

.

"Assalamualaikum~"

"Walaikumsalam." Balas teteh yang jual bakso.

"Teteeehh~"

"Beli baksonya tiga mangkok." Upi memesan dengan wajah manly nya, walau jarinya menunjukkan angka 4.

"Tidak pake saos, tidak pake sambel." Sahut Amu joget. Malah nyanyi.

"Oke siap~. Loh, tumben Juna kesini. Baru gajian, Jun?" Tanya Teteh menotis Jun yang jarang keliatan.

"Iya, Teh. Baru dapet uang tambahan juga. Nikmatin dulu mumpung awal bulan." Balas Jun terkekeh walau hati ingin menangis.

Uang tambahan = chp 2

"Duh, kasiannya. Teteh bonusin baksonya deh."

Mata Jun seketika berbinar, "Teteh teh malaikat?"

"Hehe, nggak atuh. Duduk aja dulu, ntar Teteh anterin."

"Siyap."

.

.

"Nih, neng Amu, neng Upi, neng Juna. Baso enak, spesial buatan Teteh." Ucap Teteh ceria sambil membawa mangkuk baso ke tiga sekawan itu.

"Wiii, mantappp"

"Makasih Teh~"

Sekarang masuk ke Tata cara makan yang baik dan benar

1. Makan pake tangan kanan

"Tiba-tiba aku lupa tangan kanan yang mana tangan kiri yang mana." Ujar Amu kebingungan.

"Ish, dasar pikun. Tangan kanan yang buat nulis, tangan kiri yang buat cebok." Balas Upi menunjukkan mana yang tangan kiri, mana yang tangan kanan.

"Hah?"

"Gini aja deh, tangan Kanan buat Patpat kucing, tangan kiri buat nabok Kiki." Ucap Jun memberitahu. Amu langsung konek dibuatnya.

"Oh!"

2. Jangan meniup makanan atau minuman panas

"Emang kenapa gak boleh ditiup?" Tanya Upi.

"Soalnya kalau ditiup-" Mulut Jun langsung disumpal bakso oleh Amu. "Sst, dyam Jun. Biar aku yang menjelaskan kali ini."

Jun mengangguk dan mengacungkan jempol. Mayan, bakso gratis.

"Ntar makanannya jadi gak sehat. Pas makanan atau minuman kecampur sama nafas kita, bakal muncul reaksi senyawa asam. Kalo keseringan di konsumsi jadi ga bagus buat badan kita." Jelas Amu panjang lebar.

Jun bertepuk tangan. "Woah.."

"Anjay, tumben pinter. Nyontek Jun ya?"

"Mngsud??"

3. Baca doa

"Bismillah." Mereka bertiga mulai menyeruput.

4. Makan dengan tenang, rapih, dan sopan

SLURPPP!!!

Gak bisa, mereka bertiga udah kelaparan.

"Enak banget teh!"

𝙋𝙚𝙧𝙛𝙚𝙘𝙩 / 𝙒𝙚𝙚! 𝙭 𝙧𝙚𝙖𝙙𝙚𝙧𝙊𝙘Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang