Sarah paling tidak suka pelajaran yang tidak terlihat. Menurutnya itu terasa aneh, abstrak, dan yang sangat penting, ia tidak bisa memahaminya.
Di saat yang lain benci pelajaran matematika, Sarah merasa itu cukup mudah baginya. Tidak seperti pelajaran bahasa atau seni yang harus membayangkan sesuatu yang tidak dia pahami, angka-angka itu terasa jelas baginya.
Apa yang dicari, jalan keluar masalahnya, dan hasil yang ditentukan. Semuanya jelas, pasti, serta tidak subjektif.
Hidup dengan pola pikir seperti itu, membuat Sarah kadang sukar menghadapi masalahnya sendiri. Bukan masalah pelajaran. Karena jika itu, terkadang Sarah masih bisa mencari polanya.
Seperti dalam pelajaran Agama dan PKN, Sarah akan selalu memilih pilihan yang 'baik' atau 'buruk' dari semua pilihan tergantung konteks pertanyaan menggunakan logikanya. Beberapa bisa dijawab, sebagian besar tentu tidak.
Namun, dalam kehidupan tak ada yang benar-benar baik atau buruk. Semua mempunyai sisi baik dan buruknya masing-masing. Ibaratnya, Sarah harus memilih pilihan terbaik---yang memiliki sedikit risiko---dibanding pilihan baik lainnya. Atau Sarah terpaksa memilih pilihan buruk yang setidaknya memiliki pengaruh baik untuknya.
Ini mengingatkan Sarah pada pelajaran Sosiologi saat ia SMA. Semuanya terlihat sama, buram. Tidak terlihat jawaban pasti yang dicari. Semuanya mungkin saja untuk dilakukan. Itu tergantung risiko mana yang siap diambil.
Sarah yang penakut, memutuskan untuk tidak memilih apapun. Sayangnya, dari pilihan 'tidak memilih apapun' pun memiliki risiko yang sama besarnya. Rasa penyesalan.
*****
Topiknya lompat-lompat banget ya. Dari A ke B, terus ke C. Sampe gak nyangka ternyata dari topik A bisa nyambung ke Z.
Ini emang gak ada plot nya sih. Cuma nulis karena kangen dan agak pusing. Tadi sempat gambar juga.
Mayan lah. Kalo gak sambil mikir, nulis dan gambar rasanya cukup seru. Tapi kalo bersamaan dengan ekspektasi (dari dalam maupun luar) dan tuntutan, rasanya jadi tekanan.
Sekian, semoga hidup baik-baik aja, malam.
1 Juli 2023
KAMU SEDANG MEMBACA
idk, but I feel bad
Short StoryThis is not the story that can make you cry. But I hope it will validate our feelings.