Untuk semua orang yang berperan dalam hidupku
Ayah, yah aku harap kamu dapat hidup lebih lama untuk menyaksikan banyak hal dalam hidupku di kemudian hari. Aku masih sama, masih berharap bahwa engkau terlepas dari segala hal-hal yang merugikan dirimu sendiri. Aku masih berharap bahwa aku dapat berlari kembali ke dekapan hangatmu yang kurindukan sejak bberapa tahun belakangan. Aku mengharapkan kebahagiaan untukmu selalu. Walau banyak kekecewaan yang kupunya untukmu, takkan pernah menutupi atau mengurangkan banyaknya rasa sayangku untukmu.
Ibu, walau hanya sakit yang kau tinggalkan, aku masih mengharapkan waktu memberiku kesempatan untuk mempertemukan kita. Aku ingin melihat seorang wanita yang mampu menjagaku selama 9 bulan dengan baik. Walau kekecewaanku padamu lebih besar dari rasa sayangku padamu, setidaknya engkau masih mau mempertahankanku agar dapat hidup. Semoga hidupmu bahagia selalu, walau bahagiamu bukan lagi aku dan kedua kakakku juga ayahku.
Kedua kakakku, aku terlalu beruntung punya kedua sosok yang selalu menjagaku dari jauh, mampu memberi rasa aman dan sayang untukku. Walau jarak memisahkan kita, setidaknya yang kupunya dimasa depan hanya kalian. Terima kasih telah berusaha untuk kehidupanku kelak. Kalian sosok pengganti orang tua bagiku. I love you so much guys <3 Tak sabar untuk menemui kalian 2 tahun mendatang dan mulai berbagi segala keluh kesah bersama.
Untuk "mama dan kakak" Terima kasih telah menjadi tempat perteduhan yang nyaman dan aman bagiku. Terima kasih atas rasa sayang yang diberikan padaku, maaf belum bisa memenuhi banyak ekspetasi kalian sebagai seorang anak. Maaf jika banyak kelakuanku menyakiti hati kalian, maaf atas semua perkataan jahatku. Terima kasih atas semua pengorbanan kalian.
Terakhir untuk diriku sendiri, terima kasih telah bertahan sejauh ini. Aku bangga padamu telah mampu menerima semua luka dan menyembunyikannya dalam senyum manismu. Maaf telah banyak mengecewakanmu. Teruslah hidup. Terima kasih dan maaf.