12

481 65 11
                                    

Ga kerasa, hampir setahun berlalu dan banyak banget yang terjadi di KOBAWAN, seneng, sedih, pait, asem semuanya dirasain sama penghuni kos itu.

Semua orang berubah, jelas, tapi yang bakal di highlight kali ini adalah Yoda.

Anak SMA Jurusan Marketing itu makin hari makin tertutup, padahal, setahun yang lalu masih haha hihi haha hihi, digemes gemesin abang-abang kosannya karena tingkahnya. Kalo ditanya kenapa, Yuda yang notabenenya sahabat dia dari cimit aja ga paham. Setau dia, Yoda mulai gini dari terakhir dia balik ke rumah. Iya, udah selama itu juga Yoda ga pulang ke rumah. Kalo Yuda ajak pulang bareng, ada aja alesannya, ada project lah, part time lah, mau rombak kamar kosan lah—yang beneran dilakuin sampe Yuda aja melongo liat suasana baru kamar mereka—, atau alesan lain.

Awalnya diem aja, dia jadi jarang ngumpul kalo yang lain pada nongkrong di gazebo, bahkan babeh sampe turun tangan nyediain trampolin sama mainan-mainan lain aja ga ada yang pernah Yoda sentuh.

Sempet Yuda marahan juga sama dia karena Yoda sempet niat ngekos satu kamar lain, Yuda paham Yoda butuh privasi lebih, cuma dia ngerasa sebagai sahabat malah kesannya dihindarin padahal harusnya kalo ada masalah Yoda bisa share sama dia, entah buat jadi pendengar doang atau ngasih semangat dan support nantinya. Berakhir damai setelah Yoda minta maaf dan ga jadi ngekos kamar sebelah soalnya Yuda mogok makan sampe sakit.

Yang lain udah clueless dan hopeless banget, ya mungkin emang lagi masa puber yakan? Cuma setelah pagi ini Yunan, Sean, sama Wildan liat Yoda keluar kamar sama mata sembabnya, mereka udah ga bisa diem lagi. Kasian, anak sekecil Yoda malah nyembunyiin semua masalahnya sendiri, pasti anaknya juga udah gatau harus ngapain sampe nangis gitu.

Dan setelah didiskusiin, Yunan yang emang jobdesknya menghibur orang dan paling lowong ditugasin buat bawa Yoda main dan ngobrol-ngobrol. Seperti biasa, Melvin bertugas sebagai driver🙏.

"Mcd aja gimana? Pengin dapet merch JinsAnyar nih.." Ini Melvin, tadi Yunan kebingungan mau ngajak jalan kemana, Yoda juga terserah-terserah aja, yaudah Melvin ngusul, sekalian mengambil kesempatan. Sambil menyelam keselek juga🙏

"Harusnya nggak ku kenalin Bang Melvin sama JinsAnyar nih. Udah 2 minggu ke mcd buat dapetin merchnya aja masih niat ngumpulin yang lain.." Celetuk Yunan. Iya, Yunan yang ngenalin JinsAnyar ke Melvin. Ya gimana ya, gemes-gemes banget kan, Yunan tuh paling ga bisa sama yang gemes-gemes, bawaannya pengin ngestan. Lama-lama Melvin keseret tuh ikutan nge stan. Buset, kalo Yunan masih di tahap "duh adekku si Hanna lucu bangettt!" Melvin udah di "Anak gadisku si Melia lah paling gemes," Buset buset...

"Makasih Yunan, udah mengenalkan abang ke JinsAnyar. Nanti abang bales pake Mcd paket JinsAnyar yang udah disiram cinta abang😘"

Yoda dibelakang ngeliatin keduanya datar, absurd banget. Tapi gapapa, kehibur sedikit sih dia.

Sampe di Mcd, mereka mutusin buat drive thru aja, makannya nanti di taman kota, mumpung lagi adem, ga terik terik banget lah.

"Kak, mau yang paket JinsAnyar 3 ya, kalo bisa merchnya Melia semua :)" Tau lah siapa yang ngomong, Melvin. Yunan udah melototin dia dari samping.

"Kok gitu!? Hannanya juga ya kak, makasiiih!" Samber Yunan, Melvin ketawa puas sehabis ngejailin Yunan. Terus nengok ke Yoda.

"Yoda mau yang siapa? Kakaknya udah bestian kok, pasti dikasih yang kita minta kalo ada," Tanya Melvin, Yoda diem.

"Hah? Yoda ga paham.." Jawab Yoda yang bikin Melvin sama Yunan melongo.

"SEBULANAN INI KOBAWAN FULL LAGU JINSANYAR KAMU GA TAUUU????" heboh si kakak sama bapaknya JinsAnyar itu.
.
.
.
____________________
.
.
.
"Segerrr, gini nih, ni kota kalo lagi ga terik kan enak mau nongki nongki di taman kota,"

Melvin ngangguk setuju, langsung gelar tikar yang selalu ada di bagasi mobilnya buat alas duduk mereka. Yoda mah ngekor aja.

Setelah makan-makan dan ngeributin JinsAnyar, Yunan mulai buka topik yang emang sebenernya tujuan awal dia bawa Yoda main.

"Gini ya, kaya cuaca aja, kadang terik, kadang redup. Kalo di refleksiin sama kehidupan ada aja samanya. Kamu sendiri gimana, Yod? Kenapa nangis semalem? Mau cerita?" Kata Yunan, Yoda yang lagi nyedot es tehnya diem, matanya panas lagi, kerongkongannya kering, tapi juga ga bisa buat nelen cairan yang menggantung di pangkal lidahnya.

"Masalah di sekolah? Atau privasi?" Tanya Yunan lagi. Yoda ga bisa jawab, tapi tangisnya pecah lagi. Dia pengin cerita, tapi mulutnya ga bisa keluarin sepatah katapun.

"Nangis dulu, tenangin dulu, kalo udah oke, mau cerita ya cerita. Abang sama kakak tungguin." Kata Melvin sambil usap pelan punggung yang paling muda.

Yoda beneran keluarin semua gundahnya lewat tangisan, sampe akhirnya tenang lagi dan dia bisa cerita. Dia bilang kalo dia cape, satu fakta yang baru orang-orang KOBAWAN tau adalah kalau ayahnya ternyata baru aja berpulang pas setahun yang lalu, pas terakhie kali Yoda pulsng ke rumah. Yang bikin capenya adalah gimana orang rumah terus ngelampiasin emosi mereka ke Yoda. Padahal, Yoda juga lagi berkabung saat itu. Bahkan setelah Yoda balik ke kosan pun, dia masih sering ditelpon, dikirimi pesan yang isinya makian, dibilang ga berguna, ngerepotin, banyak mau, dan lain lain. Padahal, Yoda bahkan untuk uang saku dan bayar kos kerja sendiri, untungnya sekolah juga dia ada dapet beasiswa.

Dia cape, harusnya setelah ayahnya ga ada, keluargany bisa saling merangkul, tapi nyatanya? Mereka ninggalin Yoda jauh dibelakang. Dia ngerasa harusnya mungkin dia aja yang mati bukan ayahnya, mungkin keadaannya bakal beda.

Melvin sama Yunan mencelos hatinya, Yoda simpen masalah seberat itu buat anak seumurannya sendirian, mereka bahkan ga bisa langsung ngehi ur anaknya karena baru banget tau fakta kepulangan ayah anak itu.

Yunan sama Melvin yang sama-sama besar di keluarga yang baik emang ga bisa relate, tapi mereka kebayang rasanya pasti sesakit itu jadi Yoda.

"Sekarang masih? Yoda masih suka ditelpon sama dikirim pesan?" Tanya Yunan yang suaranya parau, anak itu nahan nangis.

"Udah 3 bulanan sih ga ada kontak lagi, udah lupa kali sama Yoda. Gatau lah," Jawab anak itu acuh.

"Dengerin abang, kami semua yang ada di kosan, keluargamu juga. Jangan pernah ngerasa kamu sendirian, apalagi nyimpen gundah hati sendirian juga kaya gini yang bikin kamu juga lama-lama nyalahin diri sendiri padahal kamu ga ada salah apapun." Ujar Melvin,

"Minggu depan katanya mulai PKL? Biasanya ga dapet fee, uang jajan, minta ke abang aja. Jangan dipaksain nyambi part time. Kamu masih harus nyusun laporan sekolah kan? Kalo butuh di anter-anter juga bilang ke abang sama yang lain, pasti ada yang bisa anter. Oke?"

TBC

Halo, maaf ya baru sempat update. Semoga menghibur💕

KOBAWAN - ATEEZ & XIKERSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang