PROLOG

71 13 0
                                    

Waktu tahu pacarnya selingkuh sama sahabatnya sendiri, Ale nggak pikir panjang langsung resign dari kantor dan kabur ke Jogja buat tinggal sama eyangnya. Sangat tidak bertanggung jawab memang, tapi kalo dia harus bertahan di kantor dan ketemu sama Fabian dan Belinda dalam suasana hatinya yang berantakan bakal bikin Ale makin tersiksa. Jadi tanpa izin lebih dahulu ke mami nya, Ale langsung pesen tiket ke Jogja setelah surat resignya di setujuin atasannya. Ale baru izin ke orang tuanya bener-bener pas dia udah di dalem kereta dan itu pun nggak ngasih tahu alasan yang sejujurnya ke mami dan papi nya. "Gapapa mi Ale cuma pengen tinggal sama eyang aja, kasihan eyang sendirian." Bohongnya.

Meskipun mami dan papinya nggak percaya tapi ya mau gimana lagi, anaknya udah pergi aja nggak ada omongan apa-apa sebelumnya. Mereka yakin Ale punya alasan buat nggak cerita ke mereka dan mau nggak mau mami dan papi nggak bisa ngelarang keputusan anaknya itu.

Begitu sampai di Jogja tepatnya di depan rumah eyangnya, Ale merasa cukup asing dengan lingkungan tempat neneknya tinggal. Rumah neneknya juga berbeda dari terakhir dia datang. Yah memang sih Ale udah lama banget nggak nengokin neneknya apalagi setelah dia lulus kuliah dan mulai sibuk bekerja.

Tapi ada hal yang bikin Ale makin sangsi dengan kediaman eyangnya itu... kenapa di depan rumah neneknya banyak kendaraan?

Seolah menambah tanda tanya di kepala Ale, sosok cowok tinggi berambut acak-acakan dengan tampang beler khas orang baru bangun tidur muncul dari dalam rumah eyangnya.

Menyadari kebaradaan Ale yang berdiri di depan pagar sambil menatap heran ke arahnya, cowok tinggi itu balik menatap Ale, "Cari siapa?" Tanya cowok itu dengan suara agak serak.

Ale jadi sangsi, jangan-jangan eyangnya pindah rumah apa gimana kok bisa ada cowok nggak dia kenal di rumah eyangnya itu.

"Lo siapa?" Tanya Ale balik. "Ini rumahnya Bu Retno kan?"

Cowok itu ngangguk, "kalo mau cari kosan cari tempat lain, ini kosan cowok." Jawab cowok itu terus mau ngacir ke dalem setelah buang kantong sampah yang sejak tadi di bawanya.

"Gue bukan mau ngekos. Gue cucu yang punya rumah ini." Kata Ale lagi. Ini masalahnya Ale masih di pager dan pagernya masih di gembok.

Cowok itu diem cukup lama sampe akhirnya malah ngacir ke dalem rumah tanpa ngomong apa-apa. Ale sampe bingung dan teriak-teriak buat minta bukain pager.

Sampe akhirnya nggak lama cowok itu keluar lagi sambil bawa kunci gembok dan bukain pager rumah. Ale jadi ngerasa malu sendiri karena tadi sempet sumpah serapahin cowok itu.

"Nenek lo lagi ke pasar." Kata cowok itu lalu menutup gerbang dan ninggalin Ale gitu aja.

Ale masih bengong di tempatnya. Menatap punggung cowok itu sambil mencerna apa yang baru aja terjadi.

Sejak kapan rumah eyang di jadiin kosan?

⛱️⛱️⛱️

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 24 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

A Glimpse of What Could've BeenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang