Realita Yang Buruk

2 0 0
                                    

Setelah kemarin gue kesel setengah mati karena gua jadian sama Rean cuman mimpi, sekarang gua tambah kesel sama si Alfara Esa Riandra. Sang "kebanggaan keluarga" yang bikin gua naik darah.
Kenapa?

Ketika gua lagi jalan ke rumah, gua mergokin dia lagi nyebat di kafe tongkrongan dia, sembari judi. Iya judi. Jadi, selama ini uang yang dikirimin Papa dia pake buat bermain judi.

Dasar brengsek.

Gua heran, kenapa Papa selalu jadiin Abang gua itu prioritasnya? Sedangkan gua? Dibiayain sekolah aja ngga.

Padahal gua bukan anak yang bodoh. Gua selalu stay 3 besar di sekolah. Ikut lomba OSN, cerdas cermat dan yang lainnya. Terus apa reaksi Papa? Dia cuman bilang gini "Oh, bagus dong kamu pinter kaya Abang kamu."

What the heck?!
Tidak bisa berkata-kata.

Gua selalu berusaha untuk membuktikan bahwa gua lebih baik daripada Abang gua itu. Tapi, kenapa Papa gua lebih merhatiin dia daripada gua? Apa karena dia anak laki-laki? Yang katanya bisa diandelin dan dibanggain? Calon imam buat keluarganya nanti? Shit. Itu omong kosong.

Gua ga pernah ngeliat semua hal itu di Abang gua. Di mata gua, dia hanya berandalan yang berdasi rapi. Semua kenakalannya ga pernah digubris oleh Papa.

Heran kan?

Kalo aja Mamah masih ada, mungkin gua udah hidup bahagia sekarang. Gua ga perlu berjuang mati-matian buat sekolah, gua ga perlu pake ibu kost gua buat jadi wali gua di sekolah, dan gua ga perlu liat Papa gua bahagia sama tante gua sendiri.

Itu hanya harapan gua, sebatas harapan.
Harapan yang hampir tabu.

Gua ga bermaksud menyalahkan kematian Mamah sebagai penyebab semua masalah gua sekarang. Tapi, gua menyalahkan diri gua yang baru bisa mandiri ketika udah ditinggal Mamah. Kenapa ga dari dulu gua kaya gini? Kenapa pas Mamah masih ada, gua masih bergantung kepada Mamah? Dan yang paling gua nyesel, ketika Mamah pergi gua belum jadi apa-apa.

Rencana gua adalah, ketika nanti gua lulus, gua kuliah jurusan Hubungan Internasional, dan gua bisa jadi diplomat. Dan tentu aja, bisa ngebahagiain Mamah gua. Gua pengen nepis stigma bahwa anak perempuan tugasnya hanya mengurus rumah dan keluarga, cuman masak di dapur dan dijadiin "babu" orang rumah.

Patriarki is suck.

Anak laki-laki selalu diagung-agungkan senakal apapun mereka, pasti dimaklumi. Contohnya, ya sekarang Abang gua sendiri. Gua udah coba buat ngomong sama Papa, ngebujuk dia biar ga terus-terusan ngirim uang ke Abang, karena gua tau uangnya bukan buat dia kuliah. Tapi buat dia pake foya-foya. Gua kasian, Papa gua udah kerja tapi hasilnya disia-siain gitu aja. Gua ga marah gua ga dikasih uang, tapi seenggaknya, uang Papa ga dipake buat hal yang haram. Gua lebih ikhlas kalo uang Papa dipake, anaknya tante gua yang jelas-jelas masih TK dan banyak kebutuhannya ketimbang harus dikasih ke Abang gua yang ga tau diri itu.

Lingkungan, stigma masyarakat, keluarga adalah tiga hal penghambat jalan impian gua.
Budaya patriarki disini sudah sangat melebur di setiap jiwa masyarakat. Buktinya, disini ga ada perempuan yang menjadi Sarjana, Master, maupun Doktor. Karena disini rata-rata cuman sampai tingkat SMA. Setiap mereka lulus, mereka kerja dan dua tahun selanjutnya menikah. Itu bukan hal yang aneh seharusnya, itu hal yang biasa dan umum di masyarakat. Tapi, yang menurut gua ga biasa adalah, setiap ada anak perempuan yang ingin lanjut kuliah orangtuanya langsung melarang dengan alasan "kamu ngapain kuliah, kerja aja sana biar dapet uang. Lagian kamu kuliah juga ujung-ujungnya cuman di dapur doang," bangsat emang.

Ada lagi yang komentar kaya gini "kalo kamu kuliah, terus nunggu kelulusannya kan lama. Nanti takut kamu ga laku kalo ketuaan,"

No coment everyone!

Lulus kuliah, ketuaan katanya.
Sakit emang.

Dan sekarang gua ditentang kaya gitu. Ketika gua bilang kalo gua ingin kuliah, keluarga besar Papa, malah bilang "Kuliah segala, kamu tuh ga bisa apa-apa. Tuh sekarang liat, ga ada Mamah. Kamu ga jadi apa-apa. Cuman kerja part time dengan gaji ga seberapa. Ga malu kamu, udah sekolah di sekolah favorit tapi skillnya biasa aja, masalah rangking mah nyogok aja bisa,"

Astagfirullah, tabahkan lah hati ini. Jangan sampe gua berkata mutiara lagi.

Tapi, gapapa. Gua harus buktiin gua bisa. Gua bisa tanpa bantuan siapapun dan tanpa bergantung kepada siapapun.














Kecuali sama Rean, Tentunya. Hehe...












Si Alfa bangsat itu, lagi main domino di tongkrongan sekarang. Gua langsung nyamperin dia dan nyeret dia keluar Kafe.

"Bang, lo bener-bener udah keterlaluan,"

"Apasih lo dek, gua lagi asik gini ganggu aja,"

"Sadar bang sadar, Lo udah mau semester 5 tahun depan. Biaya ga sedikit, lo mau terus-terusan foya-foya atau gimana hah? Lo ga kasian sama Papa yang udah kerja keras cari duit buat lo bang. Bahkan, sekarang dia ga ngasih duit sepeserpun ke gua. Lo harusnya tau diri bang, lo ga kasian sama adik bungsu lo, si Alka yang sekarang tinggal sama Neneknya? HAH? JAWAB BANG!!"

"YA TRUS APA ITU MASALAH BUAT GUA? bodo amat gua, yang penting gua tetep dapet duit. Itu semua derita lo sama si Alka. Suruh siapa lo misahin diri dari keluarga barunya Papa."

"Oh jadi lo nyalahin gua, karena gua ngekost sendiri gitu! Hah? Lo ga akan ngerti perasaan gua bang. Papa udah selingkuh dari Mamah masih ada. Gua ga tega ngeliat Mama terus-terusan ngebohongin kita semua. Mamah terus berpura-pura baik-baik aja, Mamah selalu ngajarin kita buat jadi anak yang berbakti sama Mamah ataupun Papa. Gua tau perasaan Mamah pasti sakit ngeliat suaminya selingkuh, apalagi selingkuh sama adiknya sendiri tapi Mamah terus bertahan karena inget kita semua bang!! Lo lupa hah? Oh iya gua inget lo laki-laki, dan gua perempuan.
Jangan sampe kejadian keluarga kita nimpa anak perempuan lo di kemudian hari."

Gua langsung cabut gitu aja, karena gua rasa ga ada yang bisa gua omongin lagi sama tu orang gila.

Gua ga bakal semarah ini, kalo gua gatau apa penyebab Mamah meninggal.





Tbc.

STORY A DAUGHTER Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang