Perihal'Sakit Perut'

5 2 2
                                    

Kemaren,Nek Ida habis dari pasar bareng ama Abing. Beli bahan masakan.

Pulang-pulang Nek Ida langsung manggil Wati. Soalnya,dia lagi leha-leha di ruang tengah. Biar dia kerja dikit. Anak gadis gak boleh males-malesan. Pamali. Padahal Wati baru libur setelah kerja lembur bagai kuda.

"Wati! Sini ke dapur,tolong beresin belanjaan. Nenek mau istirahat dulu,pinggang nenek rasanya mau copot." Sebegitu datangnya Wati,Nek Ida langsung masuk ke kamarnya.

Abing masih ada di dapur. Lagi makan ice cream. Eh,malah dikagetin sama Wati sampe ice cream dia hampir aja jatuh.

"Teteh ih! Gimana kalau ice cream aku jatoh?!" hardik Abing.

"Ya gak gimana-mana. Paling kamu harus bersihin ice cream yang jatoh di lantai."kekeh Wati di akhir kata. Abing mendengus kesal kemudian memilih buat pergi dari dapur. Dia kalau bareng sama Wati bawaannya pengen marah-marah mulu. Jadi,buat mengurangi itu Abing mending ke kamarnya aja.

Di dapur,Wati sedang membereskan belanjaan sembari bershalawat. MasyaAllah.

Tiba-tiba datanglah seekor nyamuk. Hap. Lalu di makan. Eh,salah cuy. Sorry.

Tiba-tiba datanglah Atun. Sambil senyum-senyum gak jelas. Di sampingnya ada Gege yang juga senyum-senyum kayak orang gila yang sering Wati liat di pinggir jalan kalau mau berangkat ke Rumah Sakit.

" Kenapa?"tanya Wati karena 2 bocah itu tak kunjung bicara malah asyik senyum-senyum gak jelas yang bikin Wati merinding. Jangan-jangan bocah-bocah ini kemasukan roh jahat? Ah,gak mungki. Roh jahat itu lebih dulu insecure lihat kelakuan Atun dan Gege yang kadang jauh di luar nalar.

"Hehe... Teh Wati beli titipan kita gak?"tanya Atun sambil cengengesan.

"Titipan apa?" Teh Wati malah balik nanya. Dia lagi masukin sayur kangkung sama kol ke kulkas.

"Titipan itu..." Atun ngelirik ke arah Gege yang lagi ngacungin jari telunjuknya di depan bibir. Ngasih syarat biar Atun diam.

"Kayaknya kita gak ngitip apa-apa deh sama teh Wati." Gege bisik-bisik ke Atun yang langsung mangap sambil ngangguk-ngangguk.

"Bener! Teh Wati kan gak ke pasar." Atun ikut bisik-bisik. Sebenernya,lebih mirip berisik-berisik sih soalnya Wati masih bisa denger omongan dua bocah itu dengan jelas.

Wati masih sibuk masukin sayur ke kulkas. Dia gak nyadar kalau di belakang Atun sama Gege lagi diam-diam ngaduk keresek item. Bisa dibayangkan ya bentuk diam-diam yang seperti apa.

54 detik kemudian,Atun menemukan sesuatu. Titipannya bareng Gege. Atun hampir aja tereak saking senengnya tapi keburu di jitak sama Gege.

Wati udah selesai ngeberesin sayur,sekarang tinggal beresin keresek satu lagi yang tadi di ubrak-abrik sama Atun dan Gege. 2 bocah itu udah ngacir ke luar,pengen cepet-cepet makan titipan mereka. Sosis kenjeler sama cimory skuizi.

Nah,sekarang giliran Wati yang tereak. Mana kenceng banget lagi,sampe Nenek Ida yang ketiduran karena capek kebangun. Wati menemukan sesuatu. Yang jauh lebih sesuatu.

Pete.

Sayur kesukaan Wati yang tadinya Wati mau nitip tapi lupa dan sekarang Wati melihat dengan mata kelapa eh kepalanya sendiri kalau sayur hijau imut dan semerbak itu ada digenggaman tangannya. Sungguh terharu Wati. Nek Ida ingat kesukaannya. Abing tidak mungkin yang beli,dia tidak suka pete. Bikin kamar mandi bau katanya. Huh,manusia macam apakah Abing itu tidak suka pete.

Wati segera menyimpan pete itu di tempat aman. Biarlah dia selesain dulu beberesnya. Nanti dia mau makan sama pete. Huhuy,cuma membayangkannya saja air liur Wati sudah berkumpul.

Akhirnya,selesai juga. Wati mencuci tangannya. Dan mengambil piring. Lalu masukkan 5 centong nasi panas. Kemudian tambah telor dadar sisa dari pagi. Dan yang paling penting,Wati mengupas sepapan pete. Wati duduk di kursi makan. Kemudian,bismillah.

Wati mulai makan. Masih jam 10 tapi Wati sudah lapar. Ada si pete sih,nafsu makan Wati naik sampe 99,99%. Wati makan dengan lahap. Udah kayak orang yang gak makan sebulan. Lagi enak-enaknya,Wati Inget sesuatu. Kalau gak salah di kulkas masih ada sambel goreng buatan Gege.

Wati dengan pikirannya yang tanpa dosa,mengambil sambel itu. Padahal udah jelas-jelas di pintu kulkas ditempel peringatan pake Sticky note sama Gege.

'JANGAN ADA YANG MAKAN SAMBEL GORENG AKU! SIAPA PUN YANG KETAHUAN MEMAKANNYA TANPA PERSETUJUAN DIRIKU,AKAN KENA HUKUM DAN SANKSI!CAMKAN ITU WAHAI PEMUDI PEMUDI DURJANA! SEMOGA KALIAN SAKIT PERUT SETELAH MAKAN SAMBEL ITU HUAHAHAHAHAHA!' #kecuali nenek Ida dan mamihku sayang,kalian boleh makan tapi jangan di abisin.  _Tertanda,Gege Imut.

Aduh,pete sama sambel kalau disatuin bikin perut bergoyang-goyang. Minta nambah nasi. Wati nambah 2 centong. Nambah pete? Wah,jangan ditanya. Udah habis 3 papan. Jagoankan dia? Oh,sudah tentu.

Setengah jam lewat 30 menit Wati akhirnya selesai nyuci piring. Kenyang sekali perut dia. Makan tadi adalah makan ternikmat bagi Wati. Berlebihan dia memang. Setelah semua beres,Wati pun masuk ke kamarnya. Mau tidur. Habis perut kenyang,sekarang mata yang mengantuk.

Jam 2 Wati baru bangun. Dia lagi gak shalat,lagi najis kalau kata Atun. Sebenernya Wati masih ngantuk tapi perutnya yang tiba-tiba bergemuruh kayak geledek bikin dia terpaksa bangun dan langsung ngacir ke kamar mandi.

Sepuluh menit kemudian,Wati keluar. Lega sekali. Dia duduk di samping Gege sama Awah yang lagi nonton Boboiboy. Tapi,baru saja Wati duduk,perutnya sudah bergemuruh bagai geledek. Mulas sekali. Wati segera berlari. Bikin Gege sama Awah kebingungan.

Dan akhirnya,Wati diare. Dia gak berhenti bolak-balik kamar mandi. Udah minum obat dan di ceramahin sama Nenek Ida karena terlalu berlebihan. Alhasil,Wati jadi sakit. Gak masuk kerja seminggu karena habis sembuh diare Wati langsung demam.

Sungguh kasihan dan tidak patut di contoh.

.....

Udah lama gak update. Kangen juga sama cerita ini. Jadi akhirnya aku dikit-dikit coba nulis lagi cerita ini. Semoga suka yaaa❤️

Jangan lupa vomment

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 28 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Keluarga berAnganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang