Kamu pastinya sering mendengar kutipan "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda" bukan? Itu memang benar, terkadang itu sedikit menjengkelkan karena seakan itu menginginkan kita untuk selalu gagal.
Lantas, kapan kamu akan menang? Mari kita berhenti sejenak, lihatlah ke belakang. Seberapa banyak percobaan yang kamu lakukan? Seberapa banyak effort yang kamu ubah? Pastinya jika seseorang ingin berhasil, maka kamu harus memakai cara yang berbeda dari sebelumnya. Seperti kutipan Albert Einstein "Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda." Mengerti toh maksudnya?
Sedih, kecewa, stress bahkan depresi sudah pasti merasakan saat kegagalan menerjang. Semua itu tidak dilarang kok, itu menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan dengan baik lalu berpikiran bahwa kamu harus berhasil. Namun, itu keliru, kamu memang sudah melakukannya dengan sempurna, tetapi hasilnya tidak harus sempurna pula.
Coba lihat seberapa banyak orang yang gagal dan berhasil. Benarkah mereka hanya mencoba 1-10 kali saja? Seperti kutipan "Jika kau gagal 1000×, maka kau harus mencoba 1001×." Sesekali lihatlah mereka yang berhasil, bertanya berapa banyak mereka mencoba? Perubahan apa yang mereka dapat di setiap percobaan itu? Dan terapkan semua pengajaran itu pada dirimu.
Satu lagi : apreasiasi, ini tak kalah penting. Apresiasi setiap percobaan yang kamu lakukan. Tak perlu digempur untuk terus mencoba secara habis-habisan, karena terus mencoba tanpa evaluasi itu hal yang bodoh. kamu bisa menerapkan konsep :
PAUSE, REST, RESET, RESTART.
Pause : berhenti (lakukan dengan memberi apresiasi pada dirimu), Rest : Istirahat (cobalah yang memikirkan kegagalan itu dan jangan menyalahkan diri sendiri), Reset : Mengatur ulang (jernihkan pikiran dan mulai fokus ke percobaan serta perubahan yang baru), dan Restart : Mulai ulang (kembali mencoba).
Keep going, Love!
y
KAMU SEDANG MEMBACA
TERAPI KATA
Poetry𝑷𝒐𝒆𝒕𝒓𝒚-𝒔𝒆𝒍𝒇 𝒉𝒆𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 ⋆˚✿˖° "𝑻𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒋𝒖𝒂𝒏𝒈 𝒉𝒆𝒃𝒂𝒕, 𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉𝒌𝒂𝒉 𝒌𝒂𝒎𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒋𝒖𝒂𝒏𝒈 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒌𝒆𝒅𝒂𝒎𝒂𝒊𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒍𝒂𝒎𝒖?" -------------✿ [FOLLOW SEBELUM BACA]...