07. Perihal Ujian

101 13 0
                                    

Akhirnya minggu UAS dimulai. Jia kayak kesurupan setan pinter soalnya dia giat banget belajar. Leana jadi ketularan rajinnya, soalnya dia gak mau tinggal kelas dan pisah sama Jia. Besok adalah hari terakhir ujian dan semangat Jia masih berapi-api.

Mama pun kagum sama kegigihan anak perempuannya ini. Biasanya sih belajar, tapi gak segiat itu juga. Sedangkan Azka yang tau alasan dibalik rajinnya Jia, dia juga cukup bangga, karena berkat syarat yang dia kasih, adiknya ini jadi peduli soal nilai.

"Gimana hari pertama?" tanya Azka ketika Jia pulang masuk ke rumah.

"So far so good," jawab Jia seadanya, cewek itu langsung berjalan menuju kamar.

"Mau ikut belajar di rumah Zahwan gak?" tawar Azka.

Jia yang udah di lantai atas teriak. "Enggak Bang, aku ngantuk banget," bisa keliatan sih soalnya Jia lemes banget tadi.

"Abang, kamu jangan maksain Jia terus," celetuk mama tiba-tiba dari arah dapur.

"Aku gak ada maksa, Ma??"

"Masa? Itu anak jadi rajin banget, sampe semalem ketemu Mama di dapur, taunya lagi bikin cemilan buat nemenin belajar,"

"Ya bagus dong dia berarti mau memperbaiki nilai,"

"Tapi gak sampe begadang juga kali. Kasian Mama sama anak bontot Mama," omel mama. Padahal Azka sendiri gak pernah nyuruh berlebihan juga belajarnya. Emang Jia nya aja yang suka rela supaya direstuin pacaran. Asal mama tau...

"Yaudah entar aku bilangin biar gak over belajarnya,"

"Nah gitu, jadi abang harus care sama adeknya!"

Azka cuma gelengin kepala males nanggepin. Padahal selama ini mana pernah Azka gak care sama Jia? Emang agak keras aja sih, soalnya kan Azka mau yang terbaik buat adiknya itu.

"Oh ya, kamu kapan ngajar di Zahwan?"

"Nanti dua jam lagi,"

"Sekalian ini ya kasiin buat bundanya Zahwan," mama menunjuk loyang berisi brownies di atas pantry.

"Iya,"

"Oh iya Ma.." panggil Azka. Mama yang lagi melepas apron mendongak.

"Menurut Mama, Zahwan tuh anaknya gimana?"

"Kok tanya Mama? Kan kamu guru lesnya, harusnya lebih tau dong," Azka bingung. Soalnya mana bisa dia tau sifat asli Azka cuma dari ngajar.

"Menurut pandangan Mama aja,"

"Sopan banget dia mah, terus penyayang juga. Anaknya manis, suka ngasih surat kalo abis berantem sama bundanya haha"

Soal sopan Azka juga tau. Zahwan sopan banget, dia bisa berkali-kali ucapin terimakasih kalau dibantu dan maaf kalau buat salah. Soal hubungan Zahwan dengan bundanya Azka juga tau sih, dia kan sering ke rumah anak itu, jadi bisa ngeliat sendiri gimana hubungannya.

Tapi Azka masih gak rela Jia pacaran sama Zahwan. Kayak ada perasaan mengganjal.

"Kenapa kamu tiba-tiba tanya gitu?" tanya mama.

Azka buru-buru gelengin kepala dan tersenyum. Mama natap anak laki-lakinya itu curiga tapi gak berniat nanya lebih jauh.

Hari-hari berlaru, gak kerasa sekarang udah gelap. Jia tidur dari pulang sekolah tadi. Makan belum, mandi apalagi. Kemungkin Azka juga udah selesai ngajar secara sekarang jam enam sore. Jia heran juga kenapa mama gak bangunin dia.

Akhirnya Jia mutusin buat mandi, setelahnya keluar untuk makan. Tapi begitu dia lewatin ruang tamu, ternyata ada suara rame-rame. Jia pikir tante dan sepupunya berkunjung, tapi begitu disamperin ternyata Zahwan dan bundanya.

𝐲𝐨𝐮𝐧𝐠 𝐢𝐧 𝐥𝐨𝐯𝐞 ⨾ junghwan soTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang