Antara Mesir dan Turki

8 1 0
                                    

*Spoiler*

Kenapa Turki? Ada apa disana? Apakah dengan tempat wisata religius nya yang indah? Atau keindahan Cappadocia yang dikenal sebagai "Fairy Chimneys" atau cerobong peri.

Pada awalnya Turki merupakan wilayah yang dikuasai oleh kekaisaran Romawi Timur, sebuah kerajaan ada masa awal Masehi. Kerajaan ini dinamai Bizantium, kurang lebih empat abad lamanya kerajaan Romawi menguasainya.

Pada tahun 395 M Kekuasaan Romawi pecah menjadi dua bagian, barat dan timur. Kemudian kerajaan Romawi Timur yaitu Bizantium berubah namanya menjadi konstantinopel yang dijadikan ibu kota pada masa itu. Adapun sisi Romawi barat jatuh ke kuasa Barbar (goth).

Yah, mungkin itu sejarah singkat tentang Turki. Mutiara yang hilang setelah sekian lama menjadi perjuangan baru Ziah dan sahabatnya.

Namun, takdir berkata lain. Penantian Ziah yang begitu lama terpisahkan kembali antara Mesir dan turki, kini Ziah memulai petualangan baru nya di negri kinanah yaitu Mesir, mampukah Ziah menemukan mutiara yang hilang itu?.
_________________________

Mesir merupakan negara tertua di dunia yang usianya sudah lebih dari 5000 tahun. Secara historis pendidikan di Mesir berawal dari pengenalan kemajuan ilmu dan teknologi Napoleon Bonaparte pada saat penaklukan Mesir.

Salah satu keistimewaan Mesir adalah Universitas Al-Azhar Cairo Mesir yang merupakan universitas tertua di dunia yang berdiri pada tahun 970-972 M. Lebih dari 1000 tahun universitas ini melahirkan para cendekiawan dan ilmuwan kelas dunia di berbagai bidang terutama keislaman.

Mungkin ini sekilas tentang Mesir dan keindahan di dalamnya, yang merupakan negara tertua di dunia dan memiliki salah satu kampus islami terbaik yaitu Al-Azhar tempat Ziah dan sahabatnya belajar.
______________________

Ziah yang fokus dengan pendidikan nya di Mesir. Amri, yang sebentar lagi lulus dari perkuliahan nya di Turki kini sedang di goda asmara oleh salah satu temannya. Dengan penuh keyakinan Amri mengatakan.

"Tidak untuk saat ini Aisyah, aku sedang menunggu mutiara ku sampai ke negeri ini."

Aisyah pun bingung, siapa mutiara indah yang Amri maksud? Sedangkan Aisyah sendiri merupakan anak kyai yang memiliki pondok pesantren terbesar didaerahnya.

Amri yang sebentar lagi lulus, tak ingin buru-buru melanjutkan perkuliahan nya ke jenjang magister, karena Amri meyakinkan bahwa apa yang engkau cari, sedang mencarimu. Amri yakin Ziah sudah berjuang keras sejauh ini untuk mencapai ke titik ini, dan Amri akan membalas perjuangan nya itu dengan Cinta.
_________________________

Maulana adalah julukan yang diberikan untuk gelar sufisme dan ilmuan terkemuka, sementara Rumi berasal dari kata Rum yang mengacu pada negeri Roma atau Byzantium.

Maulana Jalaluddin Rumi, atau sering disebut Rumi seorang ulama yang lahir sekitar, 30 September 1207-17 Desember 1273. Seorang penyair puisi yang lahir di Balkh, Afghanistan. Dan wafat di Konya Turki.

Ayah Rumi merupakan keturunan Abu bakar yang bernama Bahauddin walad, sedangkan ibunya berasal dari keluarga khawarzm, bernama Mu'minah Kahtun. Dahulu Rumi kecil merupakan anak dari seorang ayah yang merupakan cendekia yang shaleh dan seorang guru yang sangat terkenal di Balkh, dari garis keturunan Ibu nya, Rumi adalah keturunan dari sahabat dan menantu Nabi Muhammad SAW, yaitu Ali bin Abi Thalib.

Saat usia Rumi beranjak tiga tahun, ribuan Mogol dateng ke Balkh untuk menyerbu kota itu, karena keadaan yang terancam oleh serbuan Mogol, akhirnya Rumi kecil dan keluarganya meninggalkan Balkh melalui perlintasan Khurasan dan Suriah, sampai mereka tiba di salah satu provinsi Anatolia Tengah, Rum. Yang merupakan bagian dari Turki sekarang. Mereka menetap dikota Konya yang dimana Konya merupakan ibu kota Rum.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 30 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Roman's Negeri RumiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang