Mari kita membahas aturan dalam debat. Namun sebelum itu mungkin dari kita ada yang bertanya apa hubungannya debat dengan belajar bahasa inggris?
Oke, mari kita cari tahu apa itu debat dulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian debat adalah pertukaran dan pembahasan pendapat terkait suatu hal dengan saling menyampaikan argumentasi atau alasan dengan tujuan mempertahankan pendapat bahkan memenangkan pendapat.
Sementara itu fungsi debat sendiri diantaranya seperti menumbuhkan keterampilan berbicara dalam berpendapat, membangun daya analitis, merangsang keterampilan dalam berpikir kritis, melatih berbicara secara runtut juga lancar dan masih banyak lagi.
Dengan belajar debat secara tidak langsung kita juga akan bisa meningkatkan kemampuan publik speaking atau berkomunikasi kita. Maka tak heran jika banyak kursusan di Kampung Inggris yang memasukan materi Debate kedalam mata pelajaran mereka.
Oke langsung saja kita belajar aturan dalam debat.
THE RULES OF DEBATE
1.) We must have topic of problems.
Kita harus punya topik permasalahan, atau topik yang akan kita angkat.
2.) You must be divided into to sides.
Kamu harus dibagi kedalam dua sisi atau kelompok:
-Advantage/Dissadvantage (untung/rugi)
-Positive/Negative
-Agree/Dissagre (setuju/tidak setuju)
3.) Don't Bring Religion.
Jangan bawa agama, karena ini issue yang sensitive.
4.) Use your etic for speaking.
Gunakan etika saat berbicara.
5.) Don't Scream.
Jangan berteriak.
6.) Speak up
Ngomong atau berpendapat.Beberapa kata yang biasa digunakan dalam debat.
0} Agreements (ketika kamu dalam pihak setuju)
1. I think so
Contoh:
Moderator: Indomie is the most delicious noodle in the world.
You: I thinks so, and there are many reasons to agree. Indomie has a lot of flavors and ....
2. I agree....
You: I agree if Indomie is the most delicious noodle.
3. Acording to....
4. Based on....
5. In my opinion....0} Dissagrement (ketika kamu dalam pihak tidak setuju).
1. I don't think so....
Contoh: I don't think so, There are many kinds of instant noodle in Indonesia, and has better taste than Indomie....
2. I don't Agree....
3. I disagree....
4. Deny....
5. I want to Deny your opinion....Segini saja dulu. Kapan-kapan kita belajar cara masuk debat.
Semoga ilmunya bermanfaat....
KAMU SEDANG MEMBACA
Fun [Basic English]
NonfiksiKamus saku bahasa Inggris yang memudahkan untuk ngomong Inggris. Merupakan rangkuman materi speaking yang Penulis pelajari di kampung inggris, Pare, Kediri. Dilengkapi Vocabulari dan Phonetic Symbol pokoknya nambah ilmu dan pastinya FUN FUN FUN.