Let's Play Together, Zhan Ge !

707 48 54
                                    


"Zhan Gee, maiiiiin yuuuk !" Bocah 6 tahun menenteng botol susu sambil berteriak mengajak tetangga yang berusia 12 tahun itu bermain.

"Zhan Geeee, Zhan geee..." Suara cemprengnya menggema memenuhi ruang tamu.

"Zhan Ge, main yuuuk !" Sesekali ia menyedot susu dalam dodot yang ia bawa.

"Mana nih Zhan Ge, Bobo mau ajak main."

Bocah itu terus mengelilingi rumah sederhana milik Zhan Ge, ia menuju ke lantai dua dimana kamar milik Zhan berada. Benar saja, orang yang tadi di panggil sedang belajar kelompok dengan teman-temannya.

Tok.. Tok..
Bocah kecil mengetok pintu menggunakan botol susu yang ia tenteng.
"Zhan Ge ?"

"Oh Bobo, Gege di sini." Zhan melambaikan tangan, Zhan bersama tiga teman nya sedang mengerjakan PR.

"Apa dia adik mu ?"

"Ah bukan, dia tetanggaku. Memang sering main kemari."

"Zhan Ge sedang apa ?" Dengan entengnya dia mendaratkan bokong di paha Zhan yang sedang duduk lesehan.

"Gege belajar kelompok."

"Bobo mau main Ge."

"Bobo harusnya tidur siang, nanti sore kita main. Okey ?"

"Bobo boleh tidur di sini saja ya Ge ?"

"Iya sana, tidur di kasur ya."

"Tapi susunya habis Ge." Bobo mengguncang botol susu yang sudah tandas.

"Sebentar gege buatin, kalian tolong lanjutkan saja. Aku membuat susu sebentar."

Zhan meninggalkan Bobo yang langsung di kelilingi temannya.

"Hai, nama mu siapa ?"

"Nama ku Wang Yibo, biasa dipanggil Bobo. Gege siapa namanya ?"

"Nama gege Haikuan, ini Yuchen dan ini Yubin."

"Oh halo gege. Hoaaaam BoBo ngantuk ge." Yibo menggosok matanya yang terasa berat.

"Ya sudah sana bobok di kasur yaa adik kecil. Gege mau lanjutin nugas." Haikuan tersenyum lembut.

Yibo menaiki ranjang milik Xiao Zhan, ia berbaring sambil memeluk boneka kelinci milik Zhan yang sudah bau iler. Tentu saja iler Yibo !

"Bobo, ini susunya." Zhan menyodorkan sebotol susu kepada Yibo yang langsung di sedot rakus.

"Pelan-pelan. Hussttt.... Hussstt... Bobok yaa." Zhan menepuk pantat bocah itu dengan sayang.

Mata Yibo perlahan mulai tertutup dengan sedotan pada botol susunya yang mulai berhenti.

"Pstt, psstt, Xiao Zhan sinii." Yubin memanggil Xiao Zhan dengan berbisik, takut membangunkan bocah itu.

Zhan mengambil botol susu yang sudah terlepas dari mulut Yibo, menaruhnya di nakas. Kemudian kembali bergabung dengan teman-temannya.

"Kenapa Yubin ?"

"Ini, soal nomor 5 bagaimana ?"

Diketahui panjang sisi dan keliling sebuah persegi dengan luas 81 cm². Panjang sisi berturut-turut adalah ?

"Jika begini, kita sudah mengetahui keliling persegi dan mencari panjang setiap sisi." Xiao Zhan mulai mencoret bukunya menjelaskan dengan perlahan.

"Rumus keliling persegi asdalah K = s². Karena yang diketahui keliling jadi kita tulis 81 = s². Sekarang coba balik. s² = 81. Apakah sama ?"

"81 = s², s² = 81. Oke sama." Sahut Yuchen.

"Nah yang kita cari adalah panjang sisi, sisi itu s. Sementara disini masih s kuadrat, untuk menghilangkan kuadrat atau pangkat dua ini, kita pindah ruas kuadrat ke sebelah kanan, maka menjadi akar 81.
s =√81. Jadi hasilnya berapa ?"

One shoot YiZhan ! Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang