Namanya juga Anak Sulung

60 8 0
                                    

"Ya Allah pingin resign banget jadi adik bang Jihoon". Keluh Jeongwoo.

June yang denger anak bungsunya ngeluh sambil ngulang kata-katanya itu capek sendiri. Jeongwoo udah ulang sampai ke 10 kalinya.

"Ada masalah apa sih Boy?". June akhirnya nyamperin.

"Bang Jihoon pa, Ngeselin". Kata Jeongwoo ngadu.

"Ngeselin gimana?". Tanya June ambil posisi duduk di sebelah Jeongwoo.

"Di marahin mulu".

"Elunya congek kali. Makanya di marahin".

Jeongwoo hela nafas. Niatnya ngadu biar di belain, tapi dia lupa kalo bokapnya tuh June. Kalo gak ngeselin ya pinginnya banting.

Gak lama si Jaehyuk datang, mukanya di tekuk kaya habis di semprot Rose. June nebak-nebak  doang sih. Tapi kayanya gak mungkin, soalnya Rose lagi pergi arisan.

"Ini juga anak satu. Ada apaan sih pada cemberut?". June frtustasi nanya ke Jaehyuk.

Jaehyuk ngelirik sebentar, bibirnya masih ia kerucutin bikin June jadi pingin nampol.

"Bang Jihoon parah anjing. Kacau banget, marah-marah bae". Jaehyuk menggerutu.

"Jihoon lagi?".

"Buku matkul ketinggalan gue yang di marahin". Adu Jaehyuk.

"Kunci motor keselip di kantong celana sendiri gue yang di omelin". Sambung Jeongwoo.

"Wifi ngadat juga gue di misuhin". Jaehyuk lagi.

Jeongwoo nyahut. "Yang paling parah, gue ngomongin cewek malah di gebukin. Kan anjing".

June yang duduk di tengah-tengah meraka dari tadi cuman bolak-balik liatin mereka. Dia gak tau pasti apa yang sebenarnya terjadi di antara ketiga buntutnya. Yang June tangkap, akar permasalahannya ada di si sulung.

"Namanya juga anak sulung. Bebannya lebih berat, makanya dia gitu kali". June ceritanya lagi ademin suasana, buat berfikir positif.

"Heleh prett. Beban berat apaan kalo gue yang di suruh ngalah motornya di bawa ngapel dia mulu". Jeongwoo ngelirik June tajam. Kesel karena June belain Jihoon.

"Iya, gua apa lagi. Justru ceweknya yang di apel dia". Sambung Jaehyuk.

Kedua cowok itu cuman hela nafas aja, sedangkan June balik liatin mereka lagi. Ikut bingung harus apain mereka biar kompak kaya dulu lagi. June sebagai bapak juga ngerasa sedih kalo anak-anaknya pada gak akur gini.

Gak lama Jihoon lewat, baru balik dari dapur. Tapi sebelum ke kamarnya, langsung di panggil June.

"Jihoon!". Teriak June.

Jihoon noleh terus nyamperin. "Apaan?". Tanyanya gak basa basi.

"Sensi bener di panggil orang tua". Tegur June liat wajah Jihoon yang gak ada kedamaian. Jeongwoo sama Jaehyuk sekarang malah bisik-bisik.

Jihoon gak peduliin, dia cuman memutar bola matanya malas.

"Ji, lu kan anak sulung. Harusnya kasih contoh yang baik buat adik-adiknya. Bukan marah-marah gak jelas gini. Emang ada masalah apaan dah lu jadi begini?. Kagak biasanya". Nasehat June ke Jihoon.

Jihoon ngelirik Jeongwoo dan Jaehyuk bergantian. Terus dia berdecak pelan. "Napa lu berdua?. Kagak terima?". Jihoon dengan nada ketus. "Bilang".

"Terus aja bang lu caci maki kita berdua". Sahut Jaehyuk. "Salah kagak salah tetep aja lo omel-omelin. Lawak bener idup lo".

June menengahi.

"Spesies orang gila juga kagak terima ji lo caci maki padahal gak salah". Kata June yang masih belum ngerti alasan sikap Jihoon tempramen kaya gini.

"Ngapa papa ikut campur?". Jihoon makin-makin.

Bapaknya aja udah di anggap kaya orang lain.

June mau gaplok tapi kayaknya bukan tandingannya kalo Jihoon udah mode kaya gini. Dia seketika jadi kangen Rose. Istrinya itu yang cuman bisa lumpuhin Jihoon.

"Jangan mentang-mentang lu anak sulung, terus bisa marah-marah seenak jidat lu bang". Jeongwoo jadi greget. "Lu pikir lo keren ha?".

"Terus urusannya sama lu apaan?".

"Lah kocak". Jeongwoo udah gak bisa nahan kesabaran. Abangnya udah di level kerasukan setan maung tingkat tinggi. Moodnya bener-bener di luar nurul.

"Ya lu mikir lah anjing". Sambung Jaehyuk. Dia juga udah abis kesabaran.

Jihoon senyum smirk doang nanggapin dua adiknya yang lagi natap dia gak suka.

"Aturan mah kalo lo berdua kagak terima ngomong langsung bangsat!". Kata Jihoon. "Bukannya malah ngadu-ngadu ke bokap. Lo pikir lo masih pada bocah yang bisanya ngadu doang? Inget umur!".

"Lo yang inget umur!. Justru lu yang pemikirannya kaya bocah. Sensinya juga persis anak perawan PMS".

June jadi tambah frustasi. Suasananya makin memanas. Niatnya mau akurin anak-anaknya lagi tapi malah tambah kacau. Dia bener-bener butuh Rose sekarang, biar gak menyaksikan perang dunia sendirian.

Doa June pun terkabul. Rose datang di waktu yang tepat. Liat pemandangan Jihoon, Jaehyuk dan Jeongwoo lagi adu mulut bikin dia agak syok. Tapi syoknya sangat aesthetic. Belum aja munculin dua tanduk buat melerai pertengkaran ini.

"Ada apa?". Tanya Rose ke June. Belum ada keinginan buat nimbrung lerai adu mulutnya.

June mengendikkan bahunya. Dia sebenarnya gak tau apa yang terjadi diantara ketiga anaknya bisa sampai terjadi perang dingin kaya gini.

"Udah lah gue males. Mending gue pergi ngaji". Ujar Jeongwoo milih buat nyerah menghadapi Jihoon.

"Kelarin dulu urusannya tolol!". Jaehyuk narik kerah belakang baju Jeongwoo yang baru aja melangkah mau pergi.

"Gak ada yang perlu di kelarin".

"EH.. EHH.. Lo pada ngapa sih?". Akhirnya Rose turun tangan juga. Dia udah gak bisa biarin anak-anaknya makin panas.

Ketiganya langsung noleh ke sumber suara. Di lihatnya Rose udah kacak pinggang. Terus berdiri di tengah-tengah mereka.

"Jelasin ada apa?". Titah Rose liatin mereka satu-satu.

"Apaan?". Kata Jeongwoo balik nanya.

"Ya lu bertiga kenapa pada marah-marahan ha?. Cepetan jelasin! Duit jajan kurang?".

"Gue udah bilang ma. Gak ada yang perlu di jelasin".

Rose bingung. Padahal jelas-jelas dia melihat ketiganya sedang beradu mulut. Gimana ceritanya Jeongwoo jawab gk ada yang perlu di jelasin.

"Yang bener napa sih kalo di tanya orang tua!". Rose naik pitam. "Jaehyuk jawab!".

"Ya Allah ini cuman prank doang sumpah". Kata Jaehyuk. "Noh liat ada kamera kan?". Tunjuknya ke almari hias yang memang terdapat sebuah kamera dengan lampu menyala yang menandakan tengah merekam mereka.

"Bang Jaehyuk bikin Channel YouTube baru".

Rose hela napas panjang. Stok kesabarannya udah habis hadapin mereka. Dia pun ancang-ancang langsung ambil kemoceng buat gebukin mereka satu persatu.

Sedangkan June gak ambil pusing dia duduk sambil tumpang kaki. Mau marah juga percuma emang bentukan anaknya udah begitu. Gobloknya dia aja juga ikut tertipu dengan akting-akting mereka.

Jadi balik lagi, yang salah ya pasti June.

-Tbc-

Gak jelas ya? 😁😋

Wkwk ceritanya Jihoon sebenarnya emang lagi sensi beneran ya ke adik-adiknya. Kalo mau tau alasannya kalian bisa baca di book "perfect girl" ya.

KampretTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang