AKTIVITAS yang dimulai di depan pintu masuk berlanjut melalui ruang tamu dan akhirnya berakhir di atas tempat tidur. Setelah mandi seadanya, sambil berpelukan dengan Jang Yoonsung serta mengenakan jubah mandi, kami berbaring di tempat tidur. Rasanya aku bisa pingsan kapan saja, tapi setelah menyesap secangkir cokelat panas yang dia berikan, aku bisa tetap terjaga.
Ada begitu banyak hal yang ingin kutanyakan, tapi terlalu banyak sehingga aku tidak tahu harus mulai dari mana. Sekarang, aku sedikit bisa memahami bagaimana perasaan Jang Yoonsung ketika dia berusaha mengingat semuanya. Pasti ada banyak hal yang ingin dia tanyakan. Dengan kepala bersandar di dadanya, aku mengintip ke arahnya, lalu meraih ujung jarinya dan bertanya.
"Kamu sudah tidur?"
Jari-jarinya bergerak perlahan, menyelinap ke dalam telapak tanganku. Diikuti jawaban.
"Belum."
"Sejak kapan kamu tahu kalau aku Han Jiyoung? Saat aku mengambil cincin itu?"
Aku tidak bisa melihat ekspresinya, tetapi aku mendengar tawa kecil di atas kepalaku.
"Bagaimana mungkin aku tidak mengenalimu? Bahkan saat aku kehilangan ingatan, aku masih bisa mengenalimu. Cincin itu hanya untuk memastikan kamu tidak akan terus menyangkal."
Tersinggung oleh kata 'menyangkal', aku tiba-tiba bangkit dengan cepat, tapi segera mengeluarkan suara mengerang dan terjatuh di atas tubuh Jang Yoonsung. Meskipun dia sudah mengingat kembali segalanya, dia masih merasa butuh bukti, yang berarti dia juga tidak berniat memberitahuku semuanya. Jika dia jujur tentang semua yang terjadi selama ini, aku tidak akan bisa menyangkalnya meski tanpa bukti.
Namun, aku bisa memahami mengapa dia ingin menyembunyikan fakta bahwa dia telah mengingat kembali dan apa yang terjadi setelah aku pergi. Sedikit pun dia tidak ingin aku merasa bersalah. Jang Yoonsung adalah orang seperti itu.
"Lalu, kapan ingatanmu kembali?"
"Entahlah…."
Sepertinya dia tidak mengingat semuanya sekaligus. Butuh waktu lama untuk mengingat kembali banyak hal.
"Bagaimana kamu bisa tetap tenang setelah mengingat semua itu? Bagaimana mungkin kamu tidak menyalahkanku sama sekali?"
Aku berharap dia setidaknya menyalahkanku. Jika dia mengucapkan satu kata, mengirim satu pesan, atau bahkan membawa cincin itu sampai akhir, apakah aku akan melakukan hal seperti itu? Tapi Yoonsung berbicara dengan tenang, seolah-olah itu hanya sebuah kejadian yang sudah lama berlalu.
"Aku sudah menduga bahwa itu bukan kecelakaan biasa. Ketika aku membuka mata, aku mendengar nyonya Na (Ibunya Yoonsung) menyalahkan ayahku. Dia berkata, lebih baik bawa dia ke sini, jika terjadi sesuatu pada anakku, kau yang bertanggung jawab."
Sepertinya dia sedang berbicara tentang kejadian setelah kecelakaan kedua. Dengan karakter ibunya, itu mungkin saja terjadi. Ekspresinya yang biasanya dingin akan hilang saat dia berurusan dengan putranya. Dia adalah ibu yang sangat menyayangi anaknya hingga mengirim makanan favorit Jang Yoonsung ke vila.
"Tapi begitu mereka menyadari bahwa aku kehilangan ingatan, mereka semua diam seolah-olah sudah sepakat. Ketika aku bertanya mengapa aku berada di Korea, mereka berkata bahwa aku sudah tinggal di vila sejak musim panas. Mereka bilang aku mengalami kecelakaan saat mengemudi dalam keadaan terguncang karena kematian kakek. Meskipun aku ingin bertanya banyak hal, aku tidak bisa karena tidak ingat apa-apa."
Jang Yoonsung mengangkat bahunya, sedikit tersenyum, seolah menemukan keanehan dalam situasinya.
"Saat itu, semuanya terasa membingungkan. Bayangkan saja, ketika membuka mata, ternyata aku berada di belahan dunia yang lain."