02

25 0 0
                                    

Mobil sedan hitam yang di kendarai oleh Olla kini sedang melaju di jalanan tol. Di dalamnya ada Olla, Feni dan Shani. Mereka bertiga sudah terbiasa dengan hal seperti ini. Suasana hening membuat Shani kurang nyaman sehingga akhirnya ia memilih untuk memulai obrolan.

" eumm, pada ngerasa ada yang aneh ga sih sama Grelia? " tanya Shani yang cepat membuat Feni yang berada di depan langsung menatap kearah Shani yang duduk di belakang sekilas.

" kenapa nanya gitu? Bukannya dia emang kayak gitu ya? " jawab Feni. Olla mengangguk ketika mendengar ucapan Feni. Shani menghela nafasnya lalu memijit pelipisnya.

" kan tadi pagi dia itu marah dan ga suka sama Ajisya, tapi kok tadi dia malah keliatan akrab banget sama Ajisya. Kan aneh banget, " ucapan Shani itu benar tapi sepertinya Shani masih tidak mengerti akan perubahan sifat Grelia, " elo lupa Shan? "

Kali ini bukan Feni yang bersuara, melainkan Olla. Hal itu membuat Shani berhenti memijit pelipisnya, " lupa apa? "

" si Grelia kan berkepribadian ganda, Shan. Jadi kita mah ga heran lagi, karna itu juga secara ga sadar bukan Grelia yang asli. Tapi itu pribadi yang lain, " jelas Olla yang membuat Feni mengkerut kan keningnya. Feni merasa aneh, sepertinya Grelia itu bukan berkepribadian ganda.

" kok berkepribadian ganda? Bukannya alter ego ya? " ucap Feni. Olla menggeleng kan kepalanya ketika mendengar ucapan Feni.

" jadi gini Fen. Alter ego itu adalah sebuah identitas atau karakter yang sengaja dibentuk oleh seseorang. Nah karakter ini sering kali merupakan gambaran ideal tentang diri seseorang yang tidak bisa direalisasikan.
Jika alter ego sengaja dibuat dan memiliki manfaat untuk seseorang, maka berbeda dengan kepribadian ganda.

Dissociative identity disorder (DID) atau multiple personality disorder (MPD) ini merupakan kelainan saat seseorang memiliki lebih dari satu identitas dalam satu tubuh mereka.

Mereka yang memiliki banyak identitas ini lebih cenderung menyebut dirinya sendiri sebagai “kami” dan biasanya ia mengenal kondisi ini dengan kepribadian ganda.

Tanda seseorang memiliki kepribadian ganda ini adalah memiliki lebih dari dua karakter dalam satu tubuhnya. Karakter atau identitas lain tersebut terpisah satu dengan yang lainnya. Saat satu identitas alternatif tengah akan menguasai tubuhnya, sementara identitas alternatif ini yang memegang kendali penuh terhadap tubuh seutuhnya dalam beberapa waktu.

Oleh sebab itu, pengidap kepribadian ganda kerap mengalami perubahan karakter yang terjadi secara total. Ini bisa dari cara bicara, ingatan atau memori, nama, usia, bahkan gender dari kepribadian tersebut bisa saja berubah dan berbeda. Nah, saat identitas kembali pada identitas utama, maka ia tak lagi mampu mengingat apa yang terjadi saat kepribadian yang lain sedang mengambil alih.

Ketidaksadaran yang dialami saat identitas tubuh berubah juga akan diikuti dengan segala perubahan dalam diri. Bila pun seseorang memiliki lebih dari dua kepribadian dalam diri, maka tiap kepribadian itu masing-masing akan tetap berfungsi secara terpisah-pisah.

Tentu sangat berbeda dari alter ego, sebab perubahan identitas pada orang yang memiliki alter ego terjadi dalam keadaan sadar dan masih dalam kendali dirinya sendiri.  Dengan kata lain, pemilik alter ego ini tidak lupa ingatan pada proses perubahan karakter. Tak hanya itu saja, identitas asli juga masih memiliki wewenang penuh dalam tukar-menukar identitas serta dalam kesadaran yang utuh. " papar Olla. Dia menjelaskan begitu cepat untuk dimengerti. Hal itu membuat Feni dan Shani mengangguk pelan.

" berarti Grelia yang tadi itu.. " Shani tak melanjutkan nya tapi Olla sudah tau, " iya, tadi itu bukan Grelia melainkan kepribadian lainnya, "

***

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: 2 days ago ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Take The Picture, then make it a memoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang