Bab 1

9 0 0
                                    

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur, berada di Samudra Pasifik di lepas pantai timur benua Asia. Negara ini memiliki empat pulau utama, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta ribuan pulau kecil lainnya. Dengan sejarahnya yang kaya, Jepang memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia, yang tumbuh pesat pada paruh kedua abad ke-20 setelah kehancuran Perang Dunia II.

Macam-Macam Musim di Jepang

Musim Semi (Haru)

Berlangsung dari bulan Maret hingga Mei. Waktu bunga sakura mekar. Suhu berkisar antara 2° hingga 24° C.

Musim Panas (Natsu)

Berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus. Musim panas yang hangat dengan suhu antara 16° hingga 30° C.

Musim Gugur (Aki)

Berlangsung dari bulan September hingga November. Musim yang sejuk dengan suhu antara 7° hingga 27° C.

Musim Dingin (Fuyu)

Berlangsung dari bulan Desember hingga Februari. Suhu terendah dan salju turun di beberapa wilayah.

Budaya Terkenal di Jepang

Upacara Minum Teh (Way of Tea)

Jepang terkenal dengan upacara minum teh yang disebut "Chado" atau "Sado", di mana minum teh dipandang sebagai seni.
Kimono:

Pakaian tradisional Jepang yang indah dan sarat dengan makna simbolis.
Hanami:

Tradisi menikmati keindahan bunga sakura pada musim semi.
Matsuri:

Festival tradisional Jepang yang dirayakan di berbagai musim dengan kembang api, karnaval, dan pertunjukan tradisional.
Manga & Anime:

Jepang terkenal dengan industri manga dan anime yang mendunia, dimana karya-karya ini menjadi ikon budaya populer Jepang.

Jepang memiliki budaya yang kaya dengan tradisi, seni, dan festival yang unik. Dari upacara adat hingga pakaian tradisional, Jepang memiliki warisan budaya yang mengagumkan dan menarik perhatian dari seluruh dunia.

Sumber: Detik, Kompas

Hiragana

Huruf Hiragana adalah salah satu aksara Jepang yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang. Hiragana terdiri dari 46 karakter dasar yang mewakili suku kata, baik vokal maupun konsonan. Hiragana sering digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang, partikel, kata kerja, dan kata-kata yang tidak bisa ditulis dengan kanji. Misalnya, kata "taberu" (makan) ditulis dengan kanji 食べる, di mana べる adalah okurigana.

Katakana

Huruf Katakana juga merupakan aksara Jepang, tetapi digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing atau nama produk luar. Katakana terdiri dari 46 karakter, mirip dengan Hiragana, tetapi memiliki bentuk yang lebih tegak dan tajam. Contoh penggunaannya adalah dalam menulis kata-kata asing seperti "コーヒー" (kōhī) untuk kopi.

Tanda Baca

Dakuten (Tenten) Dakuten adalah simbol yang digunakan untuk mengubah suara konsonan dalam aksara Hiragana dan Katakana. Dakuten ditandai dengan tanda kutip ( ゛) dan digunakan untuk menambahkan bunyi "voiced" pada konsonan. Contohnya, か (ka) dengan dakuten menjadi が (ga).

BAHASA JEPANGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang