Kematian dalam sudut anak kecil

5 0 0
                                    

" Apa mereka akan kembali ? Kemana mereka akan pergi ? Apa mereka akan ingat kita ? Kenapa mereka harus pergi ? "

     Itulah yang pertanyaan yang mungkin dirasakan beberapa anak kecil ketika dihadapkan pada situasi " kematian orang yang paling mereka sayangi"  . Dalam kejadian ini , kita bisa mendapati 3

1. Apa mereka sebenarnya paham tentang apa yang mereka hadapi , sehingga mereka mencoba mencerna kejadian tersebut dengan mata kepalanya sendiri . Dan dihantui oleh pertanyaan " mengapa "

2. Justru orang sekitar mencuci otak mereka agar berpikir bahwa orang yang ia sayangi itu hanyalah " pergi " , sehingga mereka berpikir bahwa orang itu akan kembali lagi , tetapi orang yang mencuci otak itu akan kebingungan jika dihadapkan dengan pertanyaan " kapan ? ".

3. Bisa saja mereka mengalami kedua itu . Bisa saja seperti ini , mereka paham bahwa orang itu telah meninggal . Hanya saja dengan polosnya mereka berpikir bahwa orang itu akan kembali lagi suatu hari nanti . Hanya saja mereka akan bertanya " dimana ? "

Dan dari ketiga itu , kita sendiri tahu bahwa itu akan mempengaruhi bagaimana sikap mereka kedepannya setelah orang itu meninggal . Hanya saja satu yang jelas yang mereka rasakan adalah " kehilangan " .

Kehilangan adalah hal yang mutlak , bahkan menjadi realisme kehidupan yang sudah menjadi alur cerita . Mau diubah pun tak akan bisa . Karena sang pencipta sudah mematenkan bahwa kematian itu harus ada di dunia .

Jadi , ajarkan lah mereka . Bahwa mereka akan mengalami yang namanya kematian . Entah kapan itu terjadi , dengan cara mengingatkan mereka agar selalu beramal baik . Kita tahu , bahwa anak kecil sepatutnya adalah makhluk yang masih suci bahkan tak ada dosa sekalipun

Tetapi , apa salahnya jika kita mengajarkan sesuatu yang akan menjadi kewajiban saat baligh kelak

Semoga para pembaca diberikan kesempatan hidup oleh yang mahakuasa . Agar kita bisa lebih banyak mencari bekal untuk kita ke akhirat nanti , amin .

Hal Kecil Yang Bisa Membuat Kita Terpikirkan Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang