"Bentar, Jun!" ucap Sekar sambil nahan tangan Juna waktu penjual dari makanan yang mereka beli taruh mangkoknya di depan Juna.
Iya, selesai dari belanja mereka pulang. Dan karena inget Sekar belum makan gara-gara sebelumnya nggak jadi makan di resto yang ada di mall tadi, Juna ngide buat ajak Sekar makan pas di perjalanan pulang.
Alesannya, sih, laper.
Padahal enggak.
Dia bilang begitu biar Sekar mau turutin dia buat makan.
Mereka berhenti di salah satu warung tenda di pinggir jalan. Pesen menu simple yang cepet dibuat biar bisa langsung dimakan tanpa nunggu lama, tapi tetep enak rasanya.
Dan pilihan mereka jatuh ke menu mie goreng nyemek pakai sayur ditambah keju sama kornet. Nggak lupa telurnya juga biar kandungan proteinnya makin banyak.
Udah jadi kebiasaan mereka, seenggaknya Sekar, buat cek makanan yang dipesen Juna. Terlalu pedes atau enggak. Tadi, sih, Juna udah bilang gak terlalu pedes cuma takutnya penjualnya lupa dan malah kasih saus kebanyakan.
Makanya, Sekar langsung tarik mangkok Juna, ambil satu garpu bersih dan coba icip makanan Juna. Juna itu nggak terlalu bisa makan makanan yang pedesnya over. Salah satu alat ukur versi bergeraknya ya.... Sekar. Sekar yang udah lama bareng Juna agaknya tahu sampai batas mana toleransi Juna sa makanan pedes.
Sekar sendiri doyan pedes. Banget. Kalau biasanya orang yang suka pedes tuh nggak bisa bedain rasa pedes (yang bagi mereka belum pedes tapi bagi orang udah), beda sama Sekar yang masih tetep bisa bedain makanan dengan berbagai level pedes. Mulai dari yang nggak pedes, pedes biasa, lumayan pedes sama pedes banget.
Sekar mulai sensitif sama level pedes semenjak dia kenal Juna. Dulu, awalnya Juna sama sekali nggak bisa makan pedes malah. Cabe rawit satu biji aja bisa bikin keringet segede jagung muncul di jidat sama pelipisnya. Cuma, karena keseringan bergaul sama Sekar dan coba-coba ikutin apa yang Sekar suka, toleransi Juna sama rasa pedes akhirnya agak naik. Dikit tapi.
Waktu Sekar belum tahu sama bates toleransi Juna, Juna tuh suka maksain diri sendiri buat coba makan makanan yang level pedesnya standar buat Sekar.
Alhasil?
Ya keringet segede bulir jagung muncul, kulit sama kepalanya kerasa gatel, perutnya mendadak panas, dan lain-lain.
Paling parah yang Juna langsung pegangin perut pas mereka masih SMA dulu. Sekar tentu aja panik, dia langsung bawa Juna ke klinik sekolahnya buat diperiksa sama dokter di sana.
Harusnya Juna kapok dan nggak makan pedes lagi. Tapi, namanya juga Juna. Kalau nggak ikut-ikutan apa yang Sekar suka, rasanya kayak ada yang kurang.
Sekar juga capek bilanginnya. Susah buat dilarang. Mana suka diem-diem latihan makan pedes sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
serasa serasi ; yang jungwon
Romancebuat Juna, Sekar itu segalanya. buat Juna, Sekar itu dunianya. buat Juna, nggak boleh ada yang bikin Sekar luka buat Juna, "nggak ada kata gue atau lo, adanya kata kita."