One

274 14 5
                                    

Sudut pandang Minji

Sudah seminggu sejak ibu saya meninggal dan tidak ada seorang pun yang mulai memeriksa lemarinya untuk membersihkannya. Ayah saya berpikir bahwa kita tidak boleh menyentuhnya, itu bukan barang kita untuk disentuh. Bibi saya, saudara perempuannya, berpikir bahwa kita harus melanjutkan hidup dan tidak menimbun barang-barangnya. Saya tidak peduli tentang hal itu. Itu hanya barang, bukan ibu saya yang sebenarnya jadi saya tidak peduli apa yang mereka lakukan dengannya.

"Apakah kamu akan kembali ke sekolah minggu depan?" Aku membalikkan badanku di tempat tidur menghadap gadis Vietnam itu. Di sana, dia tersenyum kecil sambil menarik sehelai rambutku ke belakang telingaku yang jatuh di wajahku.

"Ya, kurasa begitu." Senyumnya yang manis semakin lebar, membentuk senyum kecil di wajahku. Hanni dan aku telah menjalani hubungan yang aneh di mana kami lebih dari sekadar teman, tetapi tidak sedang menjalin hubungan. Ini telah berlangsung selama hampir setahun. Kurasa kami berdua takut merusak apa yang sedang kami jalani saat ini.

"Bagus, aku merindukanmu." Aku membalikkan tubuhku agar tidak melihat tatapan sedih di matanya. Aku menghindarinya sepanjang minggu, kecuali hari ini saat dia datang ke rumahku. Aku juga merindukannya, tetapi aku benar-benar bingung sekarang.

"Aku agak lelah... Sampai jumpa hari Senin?" Aku masih tidak melihat gadis kecil di sebelahku karena aku tahu dia terluka. Aku tahu mungkin kejam mengusirnya begitu saja. Dia hanya bermaksud baik, tapi aku ingin sendiri.

"Ya tentu saja. Kirimi aku pesan jika kau butuh sesuatu." Aku merasakan ranjang itu turun saat dia turun. Dari sudut mataku, aku bisa melihatnya berdiri di dekat pintu menatapku sebentar sebelum dia keluar tanpa sepatah kata pun.

Beberapa saat kemudian, aku mendengar pintu depan dibanting, membuatku tersentak. Ya, dia pasti kesal. Aku bangkit dan berjalan menyusuri lorong ketika melihat lemari ibuku di kamar orang tuaku sedikit terbuka. Aneh, ayahku bahkan menolak untuk membuka dan melihat ke dalamnya. Seperti ada gaya magnet yang menarik ku, aku masuk ke kamar mereka dan membuka lemari lebih lebar lagi. Tidak ada yang tampak aneh, hanya pakaian, sepatu, dan beberapa kotak. Saat aku hendak menutup pintu, sebuah buku menarik perhatianku.

"Oh? Buku harian?" Buku itu terlihat cukup tua karena agak lusuh. Bagian depannya dihiasi dengan banyak stiker dan gambar-gambar kecil... ah jadi aku mendapat stiker dari ibuku. Ketika aku membuka halaman pertama aku menyadari bahwa itu dari masa SMA ibuku.

1 Januari 1998

Hari ini adalah hari pertama tahun baru. Semua orang di sekitarku senang, tetapi aku tidak merasa demikian. Jungwon mengaku kepada orang lain tadi malam. Gadis-gadis itu mencoba untuk menghadapi ku, tetapi aku tidak tahu. Aku hanya berpikir ada sesuatu yang terjadi. Jelas aku salah. Semoga tahun baru ini akan membawaku kebahagiaan, bukan kesedihan.

Heesoo

Jungwon? Aku belum pernah dengar Jungwon sebelumnya. Aku tidak tahu ibuku menyukai seseorang sebelum ayahku. Kupikir mereka bertemu dan jatuh cinta di sekolah menengah. Mungkin aku bisa melihat beberapa entri lainnya nanti. Saat aku meraihnya untuk pergi, sebuah foto terjatuh dari buku harian. Saat aku membungkuk untuk melihatnya, itu adalah foto lima gadis dan seorang anak laki-laki. Salah satunya adalah ibuku, aku tahu dan yang lainnya adalah ibu Hanni. Keempat lainnya tidak kukenal, tetapi gadis dengan mata kucing itu jelas berkerabat dengan anak laki-laki dengan mata kucing di foto itu.

"Cantik." Aku mencoba menyentuh foto yang memperlihatkan gadis bermata kucing itu dan tiba-tiba pandanganku menjadi gelap dan aku merasa seperti sedang bergerak dengan kecepatan cahaya.

.....

"Apa kau baik-baik saja?" Aku membuka mataku, menyipitkan mata ke arah orang di atasku. Aku tidak dapat melihat dengan jelas karena sinar matahari yang menyinari mataku dan kepalaku yang berdenyut-denyut. Ketika mataku akhirnya fokus, aku menyadari bahwa itu adalah seorang gadis yang mengulurkan tangannya kepadaku. Aku dapat melihatnya dari siluetnya. Aku meraih tangannya dan membiarkannya membantuku berdiri. Aku membersihkan debu dari seragamku. Tunggu, mengapa aku mengenakan seragam? Apa yang sebenarnya terjadi?

Mother's diary (Catnipz)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang