PART 02

26 3 2
                                    

Kini waktu telah berganti menjadi siang,sinar Matahari tepat di atas ubun ubun kepala.

Sinarnya terik menembus jendela jendela rumah. Hawa panas menyelimuti tubuh. Angin sepoi sepoi menggerakkan dedaunan di depan rumah. Sungguh terik matahari di siang ini, namun itu tidak berpengaruh bagi charumati yang tengah serius membaca kelanjutan dari buku yang ia baca hari ini.

Dan cerita yang baca hari ini adalah mengenai sejarah  Kekaisaran ketiga Dinasti maurya sekaligus raja terbesar di India yaitu Ashoka yang merupakan  putra maharaja Maurya, maharaja Bindusara dari seorang selir yang pangkatnya agak rendah dan bernama subhadrangi yang akhir nya disebut Dharma karena ia mengikuti jalan kebenaran dan juga merupakan cucu dari raja Chandra gupta maurya dan putri durdara.

Dibuku itu dikisahkan bahwa Asoka berkuasa sejak 269-232 SM. Pada awal kepemimpinannya, ia dikenal sebagai raja yang kejam. Menurut sejarah, Raja Asoka pernah menusukkan pedang dan memotong kepala 500 menterinya.

Namun, pada akhirnya, ia berubah menjadi pribadi yang bijaksana dan membangun dinastinya menjadi pemerintahan yang penuh tolerasi dan tanpa kekerasan, dengan ajaran Buddha.

Dari cerita yang barusan dibaca oleh charumati, membuat gadis itu semakin penasaran dengan kisah kehidupan raja Ashoka yang sebelumnya.

"Aku jadi penasaran dengan kisah kehidupan nya? " kata charumati sembari membenarkan sedikit kacamata yang ia gunakan tersebut .

Kemudian ia pun sampai di sebuah cerita dengan judul "awal kehidupan .

" ha!! Ini dia!! "

Tak lama setelah itu ia pun langsung membaca nya.

"Karena latar belakang ibunya, sejak usia muda, ia memang tidak dijagokan untuk meneruskan takhta kekaisaran dibanding dengan kakak-kakaknya. Kendati demikian, Asoka telah terlihat berpotensi untuk menjadi jenderal yang sukses dan pandai sejak usianya masih sangat muda. Asoka sempat menjadi seorang prajurit yang memimpin beberapa resimen tentara Maurya" bacanya .

Kemudian setelah membaca beberapa dari cerita nya terlihat charumati sangat penasaran untuk mengetahui kelanjutan kisah kehidupan awal raja Ashoka di buku itu.

"Hmm.... Menarik juga ternyata ya!! " celetuk nya

Kemudian ia pun melanjutkan membaca kisah tersebut, buku itu memang sudah lama ada di rumah nya ia tidak mengetahui siapa pemilik dari buku yang ia baca tadi, ia baru mengetahui buku tersebut saat ikut ayahnya yang tengah membersihkan gudang yang ada di belakang rumah nya dulu, namun saat itu charumati masih sangat kecil dan juga kurang lancar membaca  , alhasil ia pun menyimpan nya dan menyembunyikan dari sang ayah.

Barulah saat usia menginjak 10 tahun dan mulai sedikit mengerti tentang sejarah dari sekolah nya ia pun tertarik dengan buku tersebut untuk ia baca dan hingga sekarang usianya sudah menginjak 18 tahun, cerita pertama yang ia baca adalah kisah kerajaan Magadha, sejarah tentang dinasti Nanda dan sekarang yang ia baca adalah tentang sejarah Kekaisaran maurya yang dipimpin oleh Chandra gupta maurya yang dibantu oleh Chanakya. Chandragupta dibawa ke Taxila oleh Chanakya dan diajari tentang tata negara dan pemerintahan.

Dan setelah selesai dengan kisah Chandra gupta maurya saat ini charumati membaca kisah tentang Ashoka yang merupakan cucu dari Chandra gupta maurya.

Buku tersebut sangat lengkap dan rinci tentang penjelasan sejarahnya, bahkan charumati yang seorang gadis biasa mampu membaca nya secara bertahap dan tetap mempertahankan buku tersebut bahkan ia selalu merawat buku tersebut dengan baik.

Bahkan buku tersebut ia simpan di tempat yang aman agar semua orang tidak ada tahu keberadaan buku tersebut lantaran buku tersebut sangatlah langka dan  juga tulisan yang ada di buku tersebut menggunakan bahasa hindi kuno dan entah mengapa hanya charumati yang bisa membaca tulisan di buku tersebut.

TRANSMIGRASI CHARUMATITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang