Hala adalah makhluk mitologi yang berasal dari cerita rakyat Bulgaria dan beberapa wilayah Balkan lainnya. Hala digambarkan sebagai roh atau monster besar yang hidup di langit atau gua-gua gelap di pegunungan. Dalam kepercayaan tradisional, Hala berwujud makhluk raksasa yang menyerupai naga atau ular bersayap, dengan tubuh bersisik dan mulut yang mampu menelan apa saja. Sosoknya juga digambarkan kadang mirip burung raksasa dengan paruh tajam dan cakar yang kuat.
Hala dikenal sebagai penguasa badai, hujan deras, dan angin topan. Ia dipercaya sebagai penyebab cuaca buruk, khususnya badai petir dan angin kencang yang bisa menghancurkan ladang-ladang dan desa-desa. Orang-orang Bulgaria mempercayai bahwa Hala muncul dari langit untuk melahap awan-awan hujan, sehingga mengganggu pola cuaca dan menyebabkan bencana alam, termasuk kekeringan atau gagal panen. Jika Hala marah, ia akan menurunkan hujan es, menghancurkan tanaman, dan menyapu habis segala sesuatu di hadapannya dengan angin kuat.
Dalam cerita rakyat, terdapat tokoh pahlawan yang disebut "Zmey" atau "Zmaj," sejenis naga yang dianggap baik dan sering melindungi desa dari Hala. Zmey biasanya bertarung dengan Hala di langit saat badai besar terjadi, demi menjaga keseimbangan alam dan melindungi manusia. Pertempuran mereka, yang konon terlihat seperti petir dan guntur di langit, menjadi simbol perjuangan antara kekuatan baik dan jahat.
Penduduk desa juga melakukan ritual atau persembahan khusus untuk menenangkan Hala. Mereka akan mempersembahkan makanan atau minuman tertentu, sambil memohon agar Hala tidak menghancurkan hasil panen mereka. Dalam beberapa legenda, para petani bahkan meminta bantuan imam atau dukun untuk mengusir Hala, agar ladang dan desa mereka aman dari kerusakan akibat amarahnya.
Kepercayaan terhadap Hala mencerminkan hubungan masyarakat tradisional dengan alam serta usaha mereka untuk memahami dan mengendalikan kekuatan alam yang tidak terduga. Bagi masyarakat Bulgaria, Hala adalah pengingat akan kedahsyatan alam dan pentingnya keharmonisan antara manusia dan alam.
Di desa kecil yang terletak di lereng Pegunungan Balkan, para petani sedang sibuk memanen hasil ladang mereka. Musim panas tahun itu sangat baik—tanaman gandum tumbuh tinggi, buah-buahan berlimpah, dan ternak mereka sehat. Namun, di tengah kegembiraan, ada bisikan halus yang menyusup di antara warga desa, memperingatkan mereka tentang sesuatu yang bisa saja datang.
“Ia mungkin akan terbangun tahun ini,” bisik seorang lelaki tua dengan nada gentar.
“Ia,” yang dimaksud adalah Hala, roh badai yang berwujud monster bersayap yang sangat ditakuti. Orang-orang percaya bahwa Hala bersembunyi di dalam gua-gua hitam di pegunungan, menunggu saat yang tepat untuk bangkit dan menghancurkan hasil panen dengan angin topan dan hujan es yang menakutkan. Tahun lalu, Hala terlelap dan desa itu selamat dari amukannya. Namun, tak ada yang bisa memastikan bahwa makhluk itu tidak akan datang lagi.
Malam itu, langit terlihat lebih gelap dari biasanya. Kilat sesekali memotong langit, dan angin mulai bertiup kencang. Dari rumah-rumah kecil mereka, penduduk desa memandangi gunung dengan rasa takut yang sulit disembunyikan. Di antara mereka adalah Stefan, seorang pemuda berani yang tidak percaya pada legenda Hala. Baginya, badai hanyalah badai, dan Hala hanyalah kisah lama untuk menakuti anak-anak.
Namun, ketika suara gemuruh datang bukan dari langit, melainkan dari dalam perut bumi, keyakinan Stefan mulai goyah. Ia mendengar suara derak seperti tulang yang patah, diikuti oleh lolongan yang terdengar seperti tangisan bercampur amarah.
Di puncak gunung, kilat memperlihatkan sesosok makhluk besar berbentuk naga bersayap, dengan sisik hitam yang berkilauan di bawah sinar petir. Hala telah terbangun. Ia membuka mulutnya yang besar, menghirup awan-awan gelap di sekelilingnya, lalu menyemburkan angin topan yang mengguncang seluruh desa. Pohon-pohon bergoyang seperti ranting kecil, sementara atap-atap rumah berderak dan mulai beterbangan.
Stefan, yang sejak tadi mengamati dari balik jendela, melihat Hala dengan mata kepalanya sendiri. Tubuhnya bergidik, tapi keberanian di hatinya tak sepenuhnya sirna. Ia ingat sebuah kisah lama yang diceritakan neneknya—tentang seorang pahlawan bernama Zmey yang mampu mengusir Hala dengan berani dan kepandaian.
Dalam keputusasaan, Stefan mengambil obor dan mendaki menuju gua suci di bukit desa, tempat di mana penduduk biasa melakukan persembahan untuk memohon berkah. Ia berlutut, menggenggam erat obornya, dan dengan suara bergetar, ia berdoa, “Zmey, jika engkau mendengar, bantulah kami. Lindungi desa ini dari Hala.”
Saat Stefan menutup matanya, angin tiba-tiba berhenti. Ketika ia membuka matanya, di hadapannya berdiri sosok berkilauan dengan tubuh bersisik hijau dan emas, serta sayap yang membentang indah. Zmey, pahlawan pelindung yang hanya ada dalam legenda, ternyata nyata.
Tanpa kata-kata, Zmey melesat menuju puncak gunung, di mana Hala masih mengamuk. Pertarungan mereka sangat dahsyat. Petir menyambar di langit, dan suara raungan mereka menggetarkan tanah. Hala mencoba menelan Zmey dengan mulut lebarnya, tetapi Zmey melesat cepat, menghindari serangan demi serangan. Mereka saling mencakar dan menyemburkan api serta angin, hingga langit seolah berubah menjadi medan perang.
Pertarungan itu berlangsung hingga matahari hampir terbit. Di detik terakhir, Zmey mengumpulkan semua kekuatannya, menubruk Hala dengan serangan dahsyat, menendang makhluk itu hingga jatuh ke dasar lembah yang gelap. Hala mengeluarkan raungan terakhirnya sebelum tubuhnya menghilang dalam kegelapan.
Pagi itu, langit kembali cerah. Penduduk desa keluar dari rumah mereka dan melihat ladang-ladang mereka tetap utuh, tidak ada pohon yang tercabut, tidak ada atap yang hancur. Mereka berterima kasih kepada Zmey, pahlawan mereka, yang telah melindungi desa dari amukan Hala. Dan Stefan, pemuda pemberani yang memanggil sang naga pelindung, kini dikenal sebagai penjaga desa, sosok yang dipercaya akan selalu mengingatkan mereka tentang keberanian dan keajaiban yang datang di saat yang paling gelap.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mahluk Mitologi Dari Seluruh Dunia [⏯]
HorrorSelamat datang di petualangan mendalam melintasi benua dan zaman, di mana mahluk mitologi dari seluruh dunia menghidupkan cerita-cerita kuno dan misterius. Dalam buku ini, kamu akan memasuki dunia yang penuh dengan makhluk aneh dan menakutkan, tetap...