Bab 7

142 2 0
                                    

“maaf ya.” Ammar tanpa melepas tangannya dari tubuh Ranty
“iya.” Ranty gugup
“lepas kak Ammar tangannya.” Juan meledek Ammar yang tidak melepaskan tangan Ammar, dengan cepat Ammar melepaskan tangannya, dan saat menoleh kearah Juan
“hahhahhhaaaa.” Ammar tiba-tiba tertawa melihat Juan yang duduk dengan bertumpu dengan kakinya serta kedua tangannya diletakkan dibawah dagunya, melihat Ammar tertawa saat melihat Juan kini Ranty pun juga ikut tersenyum.
“kenapa coba ketawa kayak githu.” Juan menggembungkan pipinya
“loe yang kenapa, loe kecapean apa kenapa.” Ammar menarik tangan Juan agar berdiri
“gue, gue kenapa ya, gue barusan liat pangeran dan bidadarinya yang sedang jatuh cinta.” Juan menggoda keduanya
“mak......sud nya.” Ammar terbata
“ya itu.” Juan membuat penasaran. Ranty juga bingung entah apa yang sedang dibicarakan kakaknya itu.
“ya kalian berdua kenapa bingung.” Juan menjelaskan melepaskan tangannya dari Ammar. Ammar yang mengerti langsung tersenyum dan melihat Ranty yang tiba-tiba wajahnya memerah
“kakak ne, sudah ayo yang lain sudah jauh tu.” Ranty dengan berjalan meninggalkan Juan dan Ammar. Juan dan Ammar mengikutinya dibelakang, sambil berjalan Juan menyenggolkan pundaknya ke pundak Ammar dan tersenyum pada Ammar dan Ammar pun juga ikut tersenyum dan mengangkat sedikit alisnya.
“loe suka kan sama adik gue.” Tanya Juan disela senyumnya
“emmm.” Ammar menahan bicara “gak tau.” Lanjut Ammar yang membuat Juan langsung menarik pundaknya -untuk berlari kearah Ranty yang ada didepannya. Dan saat dekat dengan Ranty tiba-tiba Juan melepaskan tangannya, dan berlari kedepan mengahadap Ammar yang sudah berjalan sejajar dengan Ranty karena tarikannya.
“nah kan.” Juan mengacungkan kedua jempolnya dan tersenyum. Ranty yang kaget dengan kedatangannya dan Ammar hanya mengerutkan keningnya tanpa berbicara dia makin bingung dengan kelakuan kakaknya yang aneh dari tadi.
“kak Juan tu kenapa sih, bukannya tadi sudah sarapan.” Ranty masih bingung
“gapapa gue kan Cuma mau ngasih jempol aja, emang gak boleh.” Juan sambil berjalan mundur dan Ranty lagi-lagi hanya mengerutkan keningnya tanda dia masih merasa aneh dengan Juan kakaknya itu. lain dengan Ammar dia langsung berlari kearah Juan melingkarkan tangannya keleher Juan dan memaksa Juan untuk menghadap kedepan dan berjalan bersamanya.
“udah loe diem.” Ammar sambil menarik Juan
“kenapa, loe takut bidadari tau ya, ya kan ya kan hahhaaaa.” Juan dengan puas. Tanpa menjawab Ammar menutup mulut Juan dan Juan pun melawan dan mereka pun ketawa bersama sambil saling menarik tangan satu sama lain, lucu melihat mereka Ranty yang ada dibelakangnya tersenyum sambil terus berjalan dibelakang Juan dan Ammar. Sesampainya dilokasi yang ditentukan pak Sam, OSIS langsung menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh tiap-tiap kelompok dipimpin oleh Juan. Ammar yang berdiri disamping Juan hanya tersenyum, ternyata dia memperhatikan Ranty yang sedang menulis sambil berdiri ya menulis apa saja yang harus dicari sesuai dengan arahan Juan. Setelah semua paham perlahan tiap-tiap kelompok bergegas meninggalkan tempat itu.
“loe mau ikut gue gak, senyum-senyum disitu aja.” Juan memanggil Ammar
‘hahh.” Ammar kaget “apa.’ Masih bingung “oo.... ikut lah.” Kemudian berlari menghampiri Juan
“dasar.” Juan berjalan duluan
“tunggu.” Ammar berjalan cepat mengahmpiri Juan “napa buru-buru sih.” Tanya Ammar sambil merangkul Juan
“menurut loe kenapa.” Juan balik bertanya
“aishhhh loe tu.” Ammar tersenyum “gue tadi gak denger loe ngomong apa, makanya gue tanya.” Masih tersenyum bodoh
“makanya kalau nyawanya belum dibawa dikantongin biar gak kabur-kabur.” Juan menutup cepat muka Ammar dengan tangan kanannya. Ammar tersenyum bodoh lagi dan Juan pun ikut tersenyum.
Ditempat lain Ranty, Ochi dan Ichal sedang mengamati satu tumbuhan dan terlihat mereka serius mengamati. Saat Juan dan Ammar sampai ditempat itu tiba-tiba
“kak Ammar boleh bantuin kita gak.” Syahnas menghampiri Ammar
“iya boleh, kenapa.” Ammar menjawab
“ini kak.” Kali ini Syahnas berani menarik tangan Ammar. Ranty yang mendengar itu langsung memperhatikannya. Raut wajahnya berubah yang tadi segar menjadi murung. Ranty bingung dengan perasaannya sendiri.
“Ran loe kenapa.” Ochi menghampiri Ranty, saat Ranty belum menjawab Ochi melihat kearah depan dimana arah yang dilihat Ranty. Disana terlihat Syahmas memegang tangan Ammar dan Ammar sedang menjelaskan tumbuhan yang ada didepan mereka. Kemudian Ochi melihat Ranty lagi
“loe cemburu ya.” Menyenggol pundak Ranty
“hahh gak kok, udah ayo kita lanjutin tu liat kak Ichal sibuk, ayo.” Ranty gugup sambil mencari alasan
“alasan saja.” Berlalu menghampiri Ranty yang sudah berjalan kearah Ichal
“kalian tu ngapain darimana.” Tanya Ichal
“gak kok kak.” Ranty mencari alasan. Dan mereka pun melanjutkan tugas mereka. Sesekali Ranty melihat Ammar yang sedang mengawasi anak-anak yang lain. Saat Ochi dan Ichal perlahan berjalan untuk mengamati tumbuhan lain Ranty masih saja diam memperhatikan Ammar.
“temen loe kemana kok sndirian.” Tanya Juan
“hahh apa Chi.” Ranty kaget
“kok Chi, ini kakak.” Juan menarik tangan Ranty yang masih saja memperhatikan Ammar “loe tu liatin apa.” Juan melihat kearah dimana Ranty melihat sesuatu disana “Ammar loe lagi ngapain sih.” Juan menggoda Ranty
“hahhh kak Ammar.” Ranty bingung dan kaget
‘nah loh hahaaaaa.” Juan tertawa meledek
“kok ketawa sih kak, emang ada yang lucu ya.” Ranty penasaran
“kak Ammar mana kak Ammar, hahhhaaaa.” Juan masih saja tertawa
“kakak udah ketawanya, tadi tu Ranty pikir beneran ada kak Ammar tapi kan kak Ammar ada di......” belum sempat Ranty melanjutkan bicaranya dan saat dia menoleh ternyata Ammar sudah ada didepannya dan lagi-lagi Ranty menabrak Ammar. Juan hanya tersenyum. Ammar hanya mengerutkan alisnya dan menggembungkan pipinya (hayooo siapa yang menirukan gaya Ammar ngaku, hayoo senyum-senyum kan ngaku dech ya kan ya kan).
“kak Ammar.” Muka Ranty memerah
“iya.” Ammar dengan santai
“kok kak Ammar ada disini.” Lanjut Juan sambil merangkul keduanya dan tersenyum, Ammar juga tersenyum tapi Ranty tersenyum dengan wajah polosnya. Mereka bertiga saling melihat satu sama lain. Ammar tersenyum pada Ranty saat Ranty melihatnya. Mereka saling melempar senyum dan Juan pun beraksi.
“terus gue jadi apa disini, jadi juri aja ya, komentnya kalian cocok.” Juan mengacungkan kedua jempolnya. Ammar tersenyum dengan menggigit kecil bibirnya (jangan dipraktekin ya hheeeeehheee)
“kakak.” Ranty menarik tangan Juan yang sedang mengacungkan jempolnya itu
Malamnya semua berkumpul melingkari api unggun untuk acara penutupan. Setelah acara selesai semua kembali ketempat masing-masing untuk melepas penat setelah seharian mengerjakan tugas. Ammar memilih duduk dikursi lipatnya kemarin dan membawa gitarnya, Juan datang.
“sempurna bro.” Juan menepuk pundak Ammar (maksud Juan lagu sempurna). Dan Ammar pun memulai memetik gitarnya dan bernyanyi bersama Juan
“kau begitu sempurna dimata ku kau begitu indah”. Saat Ammar bernyanyi Ranty datang dan duduk disamping kakaknya tersenyum saat melihat Ammar yang sedang bernyanyi. Juan ikut bernyanyi tapi Ranty hanya tersenyum.
“kau adalah darah ku kau adalah jantung ku kau adalah hidupku lengkapi diri ku oh sayang ku kau begitu sempurna.” Ammar menatap Ranty begitu dalam saat bernyanyi seolah-olah lagu itu dia tujukan untuk Ranty. Ranty juga menatap Ammar seolah-olah dia tau kalau lagu itu buatnya (cieee cieeee). Juan tersenyum dengan terus bernyanyi.
Paginya semua berkumpul untuk kembali pulang dan mengakhiri petualangan mereka. Saat sampai didalam bus Ammar langsung duduk tanpa melihat siapa yang ada dibangku itu.
“kak Ammar.”....................................................
Mata Ammar terbuka lebar-lebar padahal Ammar merasa lelah dan dilanda rasa ngantuk yang sangat menurutnya, karena 2 malam ini dia dan Juan tidak tidur. Mata itu membuat hati Ammar bergetar seperti melayang diawan sungguh membuat rasa ngantuknya hilang seketika.
“loe.” Ammar masih tidak percaya
“loe disini, gue nyari loe dari tadi, napa gak bilang bego loe.” Juan menepuk pundak Ammar
“hahhh, emmm iya sory tadi gue ngantuk banget jadi buru-buru masuk mau merem gue beneran pusing banget.” Ammar menjawab sambil menguap dan menutup mulutnya dengan tangannya
“jangan lebar-lebar.” Juan sambil menepuk tangan Ammar yang masih ada dimulutnya. Ammar nyengir tanda kurang suka dengan perlakuan Juan dan menampik tangan Juan
“dia aja diem, napa loe repot sih.” Ammar menjulurkan lidahnya meledek Juan kemudian menoleh kesamping kearah seseorang yang membuat berdebar.
“dex napa loe diem aja ngomong sayang.” Juan bertanya pada Ranty adiknya (alhamdulilah ternyata Ranty, yessssss)
“iya.” Ranty sambil membenarkan duduknya. Ammar menatap Ranty tersenyum tipis
“senyum-senyum aja loe.” Juan menepuk pundak Ammar lagi membuat Ammar salting didepan Ranty “ya udah gue juga ngantuk gue duduk dulu mau merem juga.” Juan sambil menguap menutup mulutnya dengan ujung gitar yang dibawanya
“bagus itu buruan sana.” Ammar tanpa melihat Juan dan ternyata Juan tidak memperdulikan Ammar dia langsung duduk dikursi paling depan tepatnya didepan Ranty dan Ammar bersama salah satu temannya
“kenapa kak Ammar liatnya githu, emang ada yang aneh dari Ranty ya.” Tanya Ranty dengan menarik kepalanya karena Ammar semakin dekat dengannya
“gak ada.” Ammar menggelengkan kepalanya dan sedikit manarik kepalanya juga menjauh dari Ranty “hahhhhh gue ngantuk banget, loe ngantuk gak.” Menoleh kepalanya yang sedang dia sandarkan dikursi ke arah Ranty yang terlihat masih menjauh dari Ammar (Ammar sih maunya deket-deket aja). Ranty tak menjawab dan hanya menggeleng. Perlahan Ranty membenarkan duduknya menghadap kedepan menyandarkan badanya dikursi dan serius melihat kedepan. Bus pun berjalan pasti.
“gak usah ngebut ya pak santai aja hari ini kita gak sekolah.” Ammar memberitahu (terus yang mau memberi tempe siapa, ada yang mau ngasih tempe gak hehhhh apa ini sudah #peace heeehheeee) pak sopir dan pak sopir hanya menagcungkan jempolnya tanda setuju.
“loe liat apa sih serius Amat.” Ammar menarik tubuhnya dengan tetap duduk tepat didepan Ranty sejajar dengan Ranty dan membelakangi Ranty melihat kedepan seperti apa yang dilakukan Ranty. Ranty mengerutkan keningnya lagi dan lagi karena merasa kalau Ammar tu aneh saat didepannya. Karena Ranty tidak menjawab Ammar menoleh kebelakang dengan sedikit menarik tubuhnya. Tak disadarinya ternyata tangan nya mendarat tepat dipaha Ranty (jangan ngeres jangan ngeres). Ammar tersenyum
“aduh kak.” Ranty mengangkat sedikit pahanya, Ammar yang yang sadar karena tangannya bergerak langsung membenarkan duduknya dan kaget karena dia baru sadar juga kalau tangannya ada dipaha Ranty (hihhhh Ammar kaget apa seneng ya, hmmmmm)
“maaf maaf.” Ammar mengangkat kedua tangannya “sory gak sengaja.” Gugup sambil melihat Ranty. Ranty hanya tersenyum dan mengangguk. Perlahan Ammar menurunkan tangannya. Mereka diam tanpa kata (kayak lagu itu ya siapa ya emmmm pokoknya yang itu). Ammar duduk dengan santainya bersandar sesekali dia menutup matanya mencoba menghilangkan rasa kantuknya begitu juga dengan Ranty. Bus sangat tenang karena semua tidur tinggal Ranty yang tidak tidur enath apa yang sedang iya pikirkan sesekali dia menoleh kebelakang melihat Ichal dan Ochi yang tidur dengan saling bersandar dibahu masing-masing tak disangka saat Ranty menoleh Ammar melihat Ranty kemudian melihat juga kearah Ichal dan Ochi dan saat Ammar tau Ranty mau berbalik menghadap kedepan buru-buru dia duduk seperti tadi dan pura-pura memejamkan matanya. Saat  Ranty melihat Ammar yang berbohong dengan pura-pura merem,  Tiba-tiba ditengah perjalanan itu
“kenapa kak Ammar aneh sih kalau kak Ammar lagi sama Ranty.” Ranty bertanya dengan serius dan tanpa melihat Ammar
“hahhh.” Ammar pura-pura kaget “apa sayang.” Menutup mulutnya sendiri “ehh kok sayang sih.” Salting “ehh maksud gue ada apa, sory keceplosan ehh kok keceplosan sih.” Menggaruk kepala “maaf.” Tersenyum bodoh
“iya, terus jawab tadi Ranty tanya apa.” Balas Ranty serius lagi
“ohhh gue aneh githu ya, emmm karena sayang mungkin, emmm.” Ammar kembali salting “maksud gue karena  loe cantik sih.” Ammar tanpa melihat Ranty
‘bukannya disini banyak cewek cantik.” Balas Ranty lagi melihat Ammar yang tetap menyandarkan tubuhnya
“mana.” Tanya Ammar sambil melihat Ranty yang saat itu masih menatapnya
“Syahnas.” Ranty menjawab dengan cepat
“hahhhh Syahnas, emm hmmemmm.” Ammar menahan tawanya karena geli mendengar jawaban  Ranty “jadi karena kemarin gue nolongin Syahnas ya terus loe bilang Syahnas cantik iya, jadi loe liat gue sama Syahnas ya kemarin, hmmm.” Ammar tersenyum pada Ranty “yes berarti dia cemburu.” Ammar kegirangan  dalam hati
“yee gak kok.” Wajah Ranty memerah “ya kan syahnas cantik napa kak Ammar biasa aja, terus walau kak Ammar lagi sama kakak juga githu sering aneh kalau ada Ranty, kenapa sih kak emangnya ada yang aneh ya sama Ranty terus.” Ranty terus berbicara dan belum dia meneruskan tiba-tiba Ammar memotong pembicaraan Ranty yang membuatnya bingung harus jawab apa
“ada orang makan gajah.” Ammar dengan cepat sambil menjulurkan tangannya kearah luar, Ranty kaget langsung menoleh keluar kaca dia tidak menemukan apa-apa disana dan tiba-tiba Ammar menyandarkan kepalanya dibahu Ranty, Ranty yang kaget langsung terdiam tanpa melihat Ammar yang sudah menyandarkan kepalanya kebahunya (cieee cieee aku ngefly, pengen liat ekspresi Ranty, kalau kamu gimana hheeee)
“gue mau tidur dulu, jangan pindahin kepala gue ya.” Ammar memeluk tasnya dan tidak membuka matanya, Ranty hanya diam tanpa menjawab saat dia melihat Ammar penasaran apa benar itu kepala Ammar, ternyata Ammar juga membuka matanya dan mereka saling bertatapan. Ammar memainkan alisnya kemudian menutup matanya lagi. Sebenarnya Ranty ingin memindahkan kepala Ammar tapi dia tak tega sepertinya Ammar benar-benar kelelahan, sesekali dia menghela napas “kenapa kak Ammar kenapa bukan, ahh sudah Ran.” Ranty menggerutu dalam hati, dan sesekali juga dia melihat Ammar yang sedang menutup matanya itu “ternyata kalau tidur dan diem gini ganteng juga, hahhh Ranty loe kenapa.” Kembali Ranty berbicara dengan hatinya sendiri (baru sadar ya Ran). Tak lama kemudian Ranty juga tertidur dan kepalanya bersandar dikepala Ammar.

Hallo, CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang