★ Alur Cerita
Alur cerita nya udah pasti maju mundur. Karena alurnya menceritakan masa lalu dan juga masa sekarang. Sebenernya alurnya udah keren, tapi terkadang aku bingung. Karena alurnya berubah ubah tanpa ada pemberitahuan *yailahh ngapain juga ngasih pemberitahuan yaa??
Maksudku gini lho.. Alur Shou-chan kadang bikin aku bingung.. Soalnya Shou-chan ngga ngasih tanda pada saat ganti alur.. Kaya misalnya pas alurnya lagi mundur atau si tokoh nya lagi flashback.. Dari beberapa cerita yang aku baca, kebanyakan penulis wattpad itu bikin italic pada saat lagi flashback.. Atau ada juga yang nulis pemberitahuan gitu sebelum ada flashback dan sesudah flashback..
Yaa.. Cuma itu aja sih yang bikin aku kadang jadi rada bingung.. Kalo dari jalan cerita dari awal sampe akhir sih aku udah suka banget. Soalnya ceritanya ngalir gitu aja dan bener-bener surprise dan ngga kebaca banget endingnya bakal jadi kaya gimana..
★ Penokohan
Dari segi penokohan.. Aku merasa Shou-chan udah berhasil menggambarkan setiap tokoh yang ada di cerita One Step secara detail.. Shou-chan udah berhasil bikin aku speechles dengan watak dan sikap tokoh yang bener-bener ngga terduga..
Dan yang bikin aku jadi sedikit merasa unik adalah.. Rambut dan netra yang warna-warni.. Kalo biasanya di Indonesia rambutnya warna hitam.. Tapi Shou-chan dengan berani bikin karakter yang rambutnya warna-warni.. Menurutku sihh unik banget yaa..
Dari semua tokoh yang ada.. Yang paling, paling aku suka itu Vega.. Kenapa? Soalnya, dalam imajinasiku, Vega itu cowok berambut ungu yang keren, jago bela diri, cool, baik, sabar dannnn.. Gakuna (Ga kukuh ga nahannn euyyy..) Dia itu kayak karakter cowok yang ada di anime-anime gitu lho.. Kalo aja ada manusia asli yang kaya Vega gitu.. Uhhhh.. Aku pasti bakalan heboh banget dehhh.. *lebayyy..
Pertama kali aku kenal Vega *asik, kapan kenalan nya yaa?? Aku kira dia itu, anak kutu buku letoy yang tertindas banget gitu.. Abisnya dia diem dan pasrah gitu pas ditendang sama Ryan.. Tapi, setelah aku baca bagian yang bentuk tubuh nya keren banget dan sempurna itu.. Uhhh.. Aku langsung nelen ludah.. Aku langsung merasakan debar-debar cinta sama Vega *lohh ini apa toh? Apalagi dia jago bela diri kann?? Makin suka lahh aku..
Dari chapter ke chapter aku jadi makin suka sama Vega.. Karena makin keliatan kalo Vega itu keren banget.. Dia itu cool banget.. Daaaannnn.. Perfectlah menurutku.. Udah bingunglah gimana mau ngedeskripsi in rasa suka aku sama Vega..
Nahh, kalo ada yang paling aku suka.. Ada juga tokoh yang paling paling aku sebel dan benci seumur hidup.. Yaitu Papa Vega dan juga Mirena.. Mereka berdua itu bener-bener tokoh yang bikin aku geleng-geleng kepala sambil bilang 'kok ada yaa orang kaya gitu?? Ckkckck..'
Papa Vega.. Dia itu orangtua yang pengen banget aku enyahkan dari muka bumi *aisshhh.. Boong deng, aku ngga sesadis itu.. Dia itu ngeselin, ngga peka, otoriter, ngga bertanggung jawab, ngga patut ditiru, black heart, ngga punya hati nurani.. Pokonya yang jelek-jelek itu adanya di papa Vega..
Aku bener-bener ngga habis pikir sama orangtua macam Papa Vega itu.. Di saat anaknya dalam keadaan yang parah dan tak berdaya.. Dia sama sekali ngga tergerak buat jengukin anak lelaki nya itu.. Bagaimana bisa ada orangtua yang ngga sedih mendengar anaknya dalam keadaan yang seperti itu? Malah pas ngejenguk, dia dengan enaknya ngomong.. 'Saya rasa peran sebagai orang cacat, sungguh pantas ia mainkan.' Ya ampun.. Orangtua macam apa sih dia??
Mirena.. Hhmmm.. Gimana yaa ngomongnya.. Dia itu jadi cewek kok gitu banget yaa?? Licik. Demi harta dia sampe tega ngebunuh mamanya Ryan.. Ngga punya perasaan banget kan? Udah gitu pake ngegodain Ryan sama temen nya lagi.. Kaya ngga punya harga diri gitu lho.. Bener-bener bikin kesel dan sebel deh.. Hhh.. Sudahlah, males aku ngebahas dia.. Jadi ngebatin sendiri -_-
Yayaya.. Cukup deh komen buat penokohan.. Udah bagus pake banget lahh pokoknya..
★ Gaya Bahasa
Kalo dari segi bahasa.. Aku juga suka bahasa yang Shou-chan pake buat narasi.. Bahasanya itu baku tapi ngga terlalu baku banget.. Mudah dipahami juga.. Yaa, walaupun sebenernya ada beberapa gaya bahasa yang menurutku kurang sreg gitu sama tokohnya..
Kaya misalnya gaya bahasa yang dipake sama Ryan.. Dia itu kan perannya jadi anak yang sok dan belagu gitu yaa.. Tapi kok, gaya bahasanya agak formal yaa.. Aku jadi aneh dan kurang sreg gitu pas bacanya.. Terus, tokoh Ryan ini bahasanya juga ngga konsisten.. Contoh, pas dia cerita masalah Mirena sama kedua sohibnya.. Awalnya dia ngomong pake 'gue-lo'.. Tapi tiba-tiba dia berubah pake 'aku-kamu'.. Terus balik lagi pake 'gue-elo' .. Itu bener-bener bikin aku jadi aneh sendiri pas baca bagian yang dia ngomong 'aku-kamu'. Kaya speechless gimana gitu..
Vega juga.. Aku kadang bingung sama gaya bahasanya yang kadang berubah.. Kadang formal banget, bahkan ngomong sama diri sendiri aja dia kaku banget.. Kan kalo kaya gitu bacanya jadi mikir sendiri 'yakali, ngomong sama diri sendiri seformal itu?'
Tapi kadang bahasanya terkesan santai banget.. Kaya pas waktu dia lagi ngomong sendiri sambil ngebayangin kakaknya.. Itu sih sebenernya lebih enak dibaca, dibanding sama gaya bahasanya yang terkesan terlalu formal itu..
Selain dua hal itu, gaya bahasanya udah cukup enak untuk dibaca kok..
★ Amanat
Nahh, ini dia nih.. Unsur yang sebenernya jadi PR banget buat para penulis apalagi penulis yang masih amatir kaya aku..
Menurutku, amanat itu perlu dan penting banget. Soalnya, kalo cerita tanpa amanat itu ngga ada artinya dan ngga ada nilainya. Makanya itu, amanat perlu dipikirin banget banget.. Soalnya nih, kadang kita (penulis) tuh mikirnya kalo amanat kita udah nyampe nih ke pembaca.. Padahal mah amanatnya sama sekali ngga bisa ditangkep sama para pembacanya..
Nahh, kalo menurutku, Shou-chan itu salah satu penulis yang amanat ceritanya berhasil nyampe ke pembacanya.. Shou-chan berhasil menyelipkan nilai-nilai moral itu secara halus.. Karena diselipkan nya secara halus, maka nya lebih mudah ditangkep dan diresapi.. Jadi pembaca tuh juga yang mikir 'oh iyaya.. Kita tuh harusnya kaya gini gini.. Ngga boleh gitu gitu..'
Dibandingkan kalo Shou-chan nyelipin pesan nya secara paksa dan frontal.. Pasti orang bakal mikir 'apaan sih, biasa aja kali.. Ngga usah maksain banget gitu dehh..'
Menurutku sih penyampaian pesannya udah bagus banget.. Karena, jujur aja.. Selama ini, aku bikin cerita tapi sama sekali bingung dan ngga nangkep amanat ceritanya. Ini cerita bikinan aku sendiri lho!! Parah banget kannn??
Dann.. banyak juga cerita yang aku sama sekali ngga bisa nangkep amanat dan pesan dari si penulisnya itu..
Congrats dehh buat Shou-chan yang udah berhasil bikin aku mikir dan merenung karena pesan-pesan nya itu.. :)
***
Dedicate to @Shireishou
KAMU SEDANG MEMBACA
One Step Review
RandomSpecial review for One Step. Special review buat Shou-chan yang udah baik banget sama aku. Spesial buat Vega dan Cala juga.. Hope you enjoy my review..;)