4

93 6 18
                                    

Typo dan kesalahan penulisan

Perang: perak --> warna motor Vega
Nenimbulkan: menimbulkan
Azan: adzan
Astagfirullah: astaghfirullah
Subuh: shubuh
Emank: emang
Perduli: peduli
Salat: shalat
Aktifitas: aktivitas
Seksama: saksama
Berdekut? Berkedut

Mejerit: Menjerit
Megepal: mengepal
Bagimana: bagaimana
Magrib: maghrib
Fuschia? Fuchsia? --> warna rambut Cala
Manancapkan: menancapkan
Bergadang: begadang
Mereguk: meneguk

Yahhh.. Sebenernya mungkin ada beberapa typo dan kesalahan kata selain ini.. Tapi, yang aku dapetin cuma ini doang.. Tolong di check lagi yaa Shou-chan.. Semoga setelah di check and re-check, typo-typo dan kesalahan dalam penulisan itu bisa di revisi..

Kejanggalan

1. Ryan ngomong 'aku-kamu' di Chapter 9 - Truth. Sebelumnya aku udah bahas masalah ini dibagian gaya bahasa. Mungkin bisa dicheck lagi nanti. Karena itu mengganggu banget kalo menurut aku.. Orang yang sok dan belagu, yang biasanya ngomong 'gue-elo'.. Tiba-tiba ngomong pake 'aku-kamu' pas lagi cerita tentang Nenek lampir alias Mirena. Disitu, imajinasiku langsung buyar. Sosok Ryan yang dalam bayanganku lagi emosi dan berapi-api, langsung berubah jadi sosok lemah lembut dengan ngomong 'aku-kamu'. Itu bener-bener aneh dan mengganggu.. Tolong di revisi yaa Shou-chan..

2. Adzan maghrib nya ada 2 kali pas Chapter 13 - Story. Ada kejanggalan di Chap 13, yaitu ketika Vega ngantar Cala pulang ke rumah sehabis makan, Adzan Maghrib sudah berkumandang.. Tapi, pas Vega dan Batara ketemu dan akhirnya ribut dan pengen berantem, tiba-tiba adzan maghrib berkumandang lagi.. Makanya Vega ngga jadi berantem dan akhirnya malah pulang ke rumah..

Itu kesalahan yang tadinya aku sendiri ngga 'ngeh.. Tapi aku ngerasa ada sesuatu yang aneh, pas aku baca ulang.. Ternyata emang bener ada yang aneh. Adzan dua kali?? Itu cukup mengganggu dan cukup fatal.. Makanya aku harap Shou-chan bisa nge-check ulang dan revisi bagian yang janggal ini..

3. Kesalahan di Chapter 14 - Memory. Kesalahan ini termasuk kesalahan yang lumayan sering dilakukan oleh para penulis. Yaaa.. Aku sih bukannya sok bener atau sok menggurui, tapi, aku cuma pengen meluruskan kesalahan ini aja.

Jadi, di chap ini.. Ada bagian pas Vega lagi minum teh hangat. Nah, disitu ditulislah narasi seperti ini 'Aroma mint tea yang menyegarkan -- serta aliran hangat yang mengalir melalui tenggorokan -- '

Sebenernya, makanan dan minuman itu mengalir/ masuk ke lambung melalui kerongkongan. Karena, tenggorokan itu lebih spesifik ke dalam sistem pernapasan, dan bukan termasuk sistem pencernaan. Posisi mereka emang berdampingan, tapi fungsinya berbeda lho! Bisa aja air teh itu ngalirnya lewat tenggorokan.. Tapi kalo kaya gitu, Vega bisa langsung kesedak..

Shou-chan bisa baca lebih lanjut disini -->
http://menulis-fiksi.blogspot.co.id/2015/05/tenggorokan-dan-kerongkongan.html?m=1

Cuma itu sih kesalahan nya. Tapi bisa jadi fatal kalo yang baca nya kritis banget. Jadi.. Ku harap Shou-chan bisa revisi bagian itu secepatnya. Mohon maaf yaa.. Kalo kesannya aku sok menggurui Shou-chan atau apa.. Aku cuma mau ngasih tau kesalahan dari Chapter ini aja.. Supaya, untuk kedepannya, Shou-chan bisa lebih teliti dengan kesalahan-kesalahan kaya gini..

Sekali lagi maaaaaaffffff banget dehhh..

***

Yak! Disini aku mau cerita dikit. Dari pas pertama kali aku baca cerita One Step, sampe sekarang aku baca ulang, aku bener-bener suka dan masih tetep suka sama cerita nya. Aku suka penulisan dan penggambaran Shou-chan. Semuanya terasa hidup dan begitu nyata. Semuanya ngalir dan terasa perfect. Yaa, walaupun ada beberapa kesalahan kecil, aku masih bisa maklumi. Karena yang namanya manusia ngga mungkin lepas dari kesalahan kan? Lagipula kesalahan itu masih bisa diperbaiki lagi nantinya. Jadi, aku sama sekali ngga musingin masalah itu.

Aku merasa terhibur dengan cerita ini. Aku ngerasa wawasan ku jadi bertambah. Terbukti dengan bertambahnya kosakata ku, dan juga bertambahnya wawasan ku mengenai kepenulisan dan saudaranya. Aku juga dapet banyak pelajaran hidup dari cerita ini. Aku belajar gimana caranya menahan amarah, gimana kita harus membela yang benar dan tertindas, gimana kita ngga boleh lemah dan pasrah terhadap orang yang semena mena sama kita. Dan masih banyak lagi pelajaran yang aku dapetin.

Aku juga ngerasa kalo cerita ini berpengaruh banget, sampe-sampe kebawa mimpi. Sampe-sampe aku kepikiran sama sosok orangtua Vega yang tak acuh sama anak mereka sendiri. Aku sampe kepikiran, aku ngga boleh otoriter dan pemaksa kalo udah jadi orangtua, karena pasti anak aku yang akan tersiksa dan kena imbasnya.

Aku ngerasa, saking jagonya penulisan dan penggambaran yang Shou-chan bikin, aku sampe ngerasa kalo aku hidup diantara tokoh-tokoh itu. Banyak yang aku rasain setelah baca ini. Banyak perasaan yang membuncah setelah aku baca cerita ini. Dari mulai rasa sakit, senang, sedih, marah, bahagia, terluka. Pokoknya semua aku rasain.

Aku berterimakasih banget karena udah dikasih bacaan kaya gini. Karena itu, untuk menghargai tulisan ini, aku bikinlah review sesuai dengan yang pingin aku bahas. Aku harap, review ini bisa berguna dan bisa memacu Shou-chan untuk bikin karya-karya lain yang ngga kalah keren dan ngga kalah bagus dari cerita One Step.

Mohon maaf kalo review ini sedikit menyinggung Shou-chan. Atau mungkin ada bahasa yang kurang sopan. Aku mohon maaafff banget deh.. Sekian review dari aku, terimakasih.

For My sister, @Shireishou




One Step ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang