Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini diterjemahkan dengan beberapa penyesuaian dari petunjuk resmi WrittenInAction. Diperbarui 08/09/2016.
>>U M U M<<
T: Apa kampanye ini berafiliasi dengan Wattpad?
J: Tidak. Kampanye ini dimulai oleh tinyboats, dan kini memiliki beberapa cabang kampanye internasional dari Bulgaria, Italia, Indonesia, serta cabang Portugis yang berstatus coming soon.
T: Apa cerpen boleh ikut kampanye? / Apa ada batas jumlah bab untuk cerita yang ikut kampanye?
J: Cerpen boleh ikut kampanye, dan tidak ada batas jumlah bab. Meskipun demikian, direkomendasikan untuk memiliki minimal tiga bab untuk cerita yang ingin dimasukkan ke daftar bacaan WIA Indonesia (dengan ketentuan dari pihak admin). Tapi untuk mengikuti kampanye Written In Action sendiri, tidak ada batas minimal/maksimal untuk jumlah bab.
T: Apa stiker wajib dicantumkan?
J: Enggak juga. Stiker lebih seperti aksesoris yang boleh kamu tambahkan ke sampul cerita kamu kalau kamu berminat.
T: Apa tagar #WIAIndonesia dan #WrittenInAction wajib dicantumkan?
J: Ya, karena itu bukti bahwa kalian berpartisipasi di kampanye ini..
T: Aku sudah pasang tagar kampanye dan stiker di sampul ceritaku, nih min. Sekarang aku harus ngapain?
J: Setelah kamu pasang tagar #WIAIndonesia dan #WrittenInAction, kamu sudah resmi ikut berpartisipasi dalam kampanye ini, dan tidak ada lagi yang perlu kamu lakukan. Kamu boleh membaca karya partisipan lain untuk menunjukkan support, tapi ini terserah kamu.
T: Boleh gak aku bikin kampanye sendiri?
J: Boleh banget! Silakan buat profil untuk kampanyemu sendiri. Tapi jangan mengopi kampanye Written In Action, ya. :-)
>>G E N R E<<
T: Ceritaku genrenya Action/Sci-fi/Fantasi/Petualangan bercampur Romance gitu. Masih boleh ikut kampanye Written In Action gak?
J: Written In Action adalah kampanye berbasis Aksi/Fantasi/Sci-fi/Petualangan, jadi kami mencari cerita-cerita yang memang mengedepankan salah satu atau gabungan dari keempat genre tersebut. Jika ceritamu memiliki unsur romance, selama masih seimbang dan romance tidak menjadi fokus utama, ceritamu masih masuk kualifikasi kampanye WIA.
T: Di Wattpad genre Werewolf/Vampir dianggap genre tersendiri. Apa ketentuannya juga begitu di WIA?
J: Pada umumnya kami menerima submisi cerita Werewolf/Vampir, karena mereka termasuk cerita Fantasi.
T: Apa WIA bakal nambah genre lagi untuk kampanyenya?
J: Tidak. Phoebe (penggagas kampanye ini) menganggap cerita-cerita dari keempat genre itu saja sudah cukup banyak untuk dikumpulkan dalam satu kampanye, dan Phoebe tidak melihat genre lain yang mungkin bisa dimasukkan ke dalam kampanye ini.
>>B A H A S A<<
T: Gimana caraku bisa me-manage cabang kampanye bahasa lain dari WIA?
J: Silakan cek website Written In Action (ada di profil WrittenInAction juga profil kami) dan isi form Foreign Language. Kamu akan dihubungi pihak Written In Action langsung mengenai partisipasimu.
Punya pertanyaan lain? Silakan cek bab selanjutnya terlebih dahulu, siapa tahu pertanyaanmu sudah terjawab.
KAMU SEDANG MEMBACA
Apa Itu #WrittenInAction?
Non-FictionPenjelasan lebih lanjut mengenai kampanye #WrittenInAction dan bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam kampanye ini.