Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering kami terima, diatur berdasarkan kategori untuk memudahkan pembaca. Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, silakan kirim melalui PM atau tanyakan di kolom komentar. Diperbarui 09/12/2016.
>>K A M P A N Y E<<
T: Min, cerita yang boleh ikut cuma cerita yang udah tamat/completed ya?
J: Tidak. Semua cerita yang ditulis dalam genre Aksi/Fantasi/Sci-fi/Petualangan boleh mengikuti kampanye WIA. Bahkan cerita yang berstatus hiatus sekalipun.
T: Kampanye ini dipungut biaya?
J: Kampanye ini gratis, tis, tis, tis, tis! Tidak ada pungutan biaya apa pun.
T: Kampanye ini ada batas waktunya?
J: Tidak ada.
>>S T I K E R dan S A S H<<
T: Min, download stiker/sash-nya dari mana?
J: Link menuju stiker dan sash WIA Indonesia ada di bio kami. Tinggal buka link-nya, klik kanan (jika di PC) atau tekan yang lama (jika di smartphone) kemudian save picture.
T: Min, kok link-nya gak bisa dibuka?
J: Ada tiga kemungkinan:
Pertama, kamu berusaha buka link-nya dari aplikasi Wattpad yang tidak mendukung membuka link dari biografi profil. Solusinya, kamu coba buka website Wattpad dari browser.
Kedua, kamu buka link dari imgur, yang rupanya di beberapa provider Internet diblokir. Solusinya, kamu coba link yang di bawahnya yang bertuliskan STIKER II atau SASH II.
Ketiga, memang server atau browser yang kamu gunakan sedang eror. Kalau sudah begini, silakan tunggu beberapa saat dan coba lagi. Kalau masih tidak bisa, silakan kontak admin melalui PM soal stiker/sash.T: Min, beda stiker dengan sash apa?
J: Stiker: bentuknya bulat, bisa dipasang di mana saja di sampul bukumu. Sash: bentuknya diagonal memanjang, biasanya dipasang di sudut-sudut sampul, seperti selempang.
T: Kalau mau pasang stiker, harus minta persetujuan admin dulu gak?
J: Enggak perlu! Asal ceritamu sesuai dengan genre yang diminta (Action, Fantasy, Sci-fi, atau Adventure), kamu bisa langsung pasang stiker ataupun sash di sampul ceritamu.
>>S U B M I S I C E R I T A<<
T: Min, kalau aku mau kirim cerita lewat PM tinggal kasih link-nya aja, kan?
J: Sayang sekali, tapi kalau kamu kirim PM hanya dengan link cerita maka PM-mu tidak akan kami tanggapi apalagi ceritamu dibaca. Untuk mengirim cerita via PM ada formatnya sendiri, seperti ini:
JUDUL:
NAMA PENULIS/AKUN PENULIS:
GENRE: [genre utama ditulis pertama; genre tambahan ditulis kedua, ketiga, dan seterusnya. Contoh: Fantasi, Action, Misteri → Cerita fantasi dengan bumbu action dan misteri. Jika cerita merupakan fanfiksi, maka fanfiksi dicantumkan sebelum genre utama. Contoh: Fanfiksi, Sci-Fi, Action → Cerita fanfiksi bergenre sci-fi dengan bumbu action]
SINOPSIS/BLURB:
LINK CERITA: [opsional]Adanya format submisi bertujuan untuk memastikan tidak ada cerita yang saling tercampur. Selain itu, mengingat kami juga memberi review terhadap semua cerita yang dikirim, adanya catatan mengenai genre cerita mempermudah masing-masing admin dalam membaca: admin yang lebih sering menulis/membaca cerita sci-fi akan mengecek cerita bergenre sci-fi, admin penyuka genre fantasi akan mengecek cerita bergenre fantasi, dan seterusnya.
T: Beda blurb dengan sinopsis apa?
J: Blurb adalah cuplikan atau ringkasan cerita yang sering kalian lihat di bagian belakang buku. Tujuannya adalah membuat pembaca penasaran dan ingin membaca cerita lebih jauh, makanya seringkali blurb berakhir menggantung atau dengan kalimat tanya. Sedangkan sinopsis adalah ringkasan cerita dari awal sampai akhir.
T: Mana yang harus kukirim di PM? Blurb atau sinopsis?
J: Itu terserah kamu. Kalau kamu mau menyembunyikan twist atau ending ceritamu, kirim saja blurb. Atau, kalau kamu ingin ikut kampanye WIA tapi bingung kira-kira ceritamu masuknya genre apa, kamu bisa juga minta opini kami dengan mengirimkan sinopsis.
T: Kenapa harus mengirim sinopsis atau blurb?
J: Ini untuk menghindari salah genre, salah satu fenomena yang umum terjadi di Wattpad: genre yang dicantumkan enggak nyambung dengan genre yang ada di cerita. Apalagi kami pernah menemukan cerita Fiksi Remaja yang mencantumkan tagar WIA padahal ceritanya tidak mengandung unsur aksi, fantasi, petualangan, ataupun fiksi ilmiah sama sekali. Kejadian itu memang karena salah paham, tapi kami berusaha menghindari hal tersebut terjadi lagi.
T: Boleh minta contoh sinopsis sama blurb gak min, biar bisa membedakan?
J: Boleh, kok!
SINOPSIS:
Kiki Strike adalah gadis berusia 12 tahun yang misterius dengan cita-cita ingin menjadi berbahaya. Dia merekrut Ananka Fishbein dan beberapa gadis lainnya untuk bergabung dalam kelompok Irregular. Misi mereka adalah menjelajahi lika-liku lorong di bawah kota Manhattan mencari emas. Tetapi ketika jalur mereka semakin mendekati rumah keluarga bangsawan dari luar Amerika, anggota Irregular lainnya mulai curiga pada niat Kiki yang sesungguhnya. Kiki menghilang selama dua tahun, meninggalkan salah satu anggota Irregular terluka. Ketika akhirnya kembali, Kiki menjelaskan pada para anggota Irregular bahwa dia sesungguhnya adalah seorang putri mahkota kerajaan yang kini berada di ambang kehancuran, dan keluarga bangsawan yang dia targetkan adalah sepupunya yang membunuh kedua orang tua Kiki dan berusaha meracuni gadis itu saat dia masih bayi. Bersama-sama, mereka menyelinap masuk rumah sepupu Kiki dan menyudutkan sepupunya. Setelah pertarungan yang sengit, sepupu Kiki berhasil melarikan diri tetapi Kiki memutuskan untuk membiarkannya pergi.BLURB: [Diterjemahkan langsung dari laman Goodreads Kiki Strike]
Hidup Ananka Fishbein tidak akan pernah sama lagi sejak ia meluncur turun ke dalam sebuah lubang raksasa dekat apartemennya di New York. Jutaan tikus, seorang gadis pramuka yang ingin membalas dendam, dan sebuah kota rahasia di bawah Manhattan tergabung dalam novel yang akan mengenalkanmu pada sisi gelap New York.Sudah tahu bedanya?
>>G E N R E<<
T: Min, ceritaku bergenre X tapi ada unsur Romance-nya. Boleh ikutan?
J: Selama unsur Romance hanya bersifat sebagai bumbu tambahan dan tidak mendominasi, bukan masalah.
T: Harus banget ada unsur Action-nya ya?
J: Sebenarnya bukan harus banget, tetapi memang kebanyakan cerita fantasi, fiksi ilmiah, maupun adventure/petualangan tidak lepas dari unsur aksi. The Mortal Instruments, contohnya, adalah sebuah cerita bergenre fantasi tetapi lumayan kental pula unsur aksinya.
***
Itulah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada para admin WIA Indonesia. Tidak melihat pertanyaanmu terjawab? Silakan kirim pertanyaanmu pada kami melalui PM atau tuliskan di kolom komen di bawah, nanti akan kami jawab dan kami masukkan ke bab Tanya Jawab ini.
Semangat berkarya dan Salam Aksi!
KAMU SEDANG MEMBACA
Apa Itu #WrittenInAction?
Non-FictionPenjelasan lebih lanjut mengenai kampanye #WrittenInAction dan bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam kampanye ini.